Cara Mengakses localhost Server dari Browser Komputer Lain

Kita sering mengakses localhost komputer kita sendiri dengan cara mengetikkan http://localhost pada browser. Lalu bagaimana cara agar bisa mengakses localhost maupun aplikasi yang berbasis web yang dijalankan di server local agar bisa diakses melalui komputer lain?.



Disini perlu diketahui bahwa saat kita menuliskan http://localhost pada komputer server yakni pada komputer yang di install xammp, sebenarnya kita sedang memanggil ip localhost komputer kita sendiri yaitu ip 127.0.0.1. Sehingga untuk mengaksesnya dari komputer lain, maka cukup ketikkan ip address komputer tersebut pada browser di komputer lain.

Misalnya komputer A terinstall Xammp (sebagai server) dengan ip address yang sudah ditentukan sendiri, contoh 192.168.1.3 . Komputer B terhubung dengan komputer A melalui jaringan LAN atau WI-FI. Maka untuk mengakses localhost komputer A dengan cara mengertikkan http://192.168.1.3 di browser pada komputer B.

KONFIGURASI XAMMP
Ada beberapa konfigurasi pada Xampp yang dilakukan sebelumnya agar xampp dapat di panggil dari komputer lain, diantara sebagai berikut:

1. Buka file httpd.conf di C:\xampp\apache\conf dengan menggunakan Notepad (Open With Notepad)

mengakses-localhost-httpd

2. Kemudian cari tulisan dibawah ini :

LoadModule vhost_alias_module modules/mod_vhost_alias.so

dan

Include conf/extra/httpd-vhosts.conf

3. hilangkan tanda pagar (#) di depan tulisan kedua tulisan tersebut. Biasanya salah satunya sudah ada yang hilang tanda pagarnya.

4. Klik Save, dan restart xamppnya

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

1. Pastikan kedua komputer benar-benar terhubung, baik melalui LAN atau Wifi. Cara untuk memastikannya adalah dengan melakukan PING ke komputer masing-masing.

2. Untuk melakukan PING perlu mengetahui IP Address komputer masing-masing. Untuk mengetahui dengan cara buka CMD atau Command Prompt dan ketikkan ipconfig.

ipconfig

3. Jika sudah terhubung, pastikan firewall komputer di matikan. Untuk mematikan, masuk ke Control Panel > System and Security > Windows Firewall. Atau langsung ketikkan Firewall pada Search program and files.

firewall

4. Selanjutnya tinggal mengases localhost komputer yang lain, http://192.168.1.123:80/xampp atau http://ip computer:port yang digunakan.

5. Bila tidak berhasil, pastikan antivirus yang digunakan tidak memblok IP komputer lain. Non-aktifkan terlebih dahulu.

referensi sukabangetteknologi.blogspot.co.id
Keyword; 
cara mengakses komputer lain, mengakses xampp dari komputer lain, mengakses mysql dari komputer lain, mengakses database mysql dari komputer lain, cara mengakses komputer orang lain, cara mengakses localhost menggunakan komputer lain, cara memanggil localhost dari komputer lain, setting local server xampp agar bisa dipanggil dari komputer lain dalam jaringan


Terima kasih untuk membaca artikel kami, silahkan bagikan informasi yang ada disitus DATAPENDIDIKAN.COM kepada rekan-rekan anda disosial media seperti facebook, twitter, whatsapp, telegram dan lainnya. DATAPENDIDIKAN.COM adalah situs yang menyediakan informasi dan kebutuhan seputar dunia pendidikan. Saran dan dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk lebih melengkapi informasi yang ada pada situs kami.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply