Cara Mengatasi Lupa Password Login Joomla dan Mendeskripsi Kode Md5

Lupa Password Joomla dan Mendeskripsi Kode MD5 . Pernahkah anda lupa password joomla, atau website yang kita kelola di localhost ?. Cara mengatasinya cukup kita masuk ke PHPMyAdmin, lalu buka database dan cari tabel admin atau user yang berisi ada username dan password.

Dalam tabel tersebut, username nampak jelas, tetapi password masih berupa kode yang cukup panjang.

Kode tersebut adalah enkripsi password MD5, kepanjangan dari Message-Digest algortihm 5.  MD5 (Message Digest Algorithm version 5) adalah salah satu algoritma hash yang paling populer. Sedangkan Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.

MD5 adalah salah satu dari serangkaian algortima message digest yang didesain oleh Profesor Ronald Rivest dari MIT (Rivest, 1994). Saat kerja analitik menunjukkan bahwa pendahulu MD5 — MD4 — mulai tidak aman, MD5 kemudian didesain pada tahun 1991 sebagai pengganti dari MD4 (kelemahan MD4 ditemukan oleh Hans Dobbertin).

Kebalikan enkripsi adalah deskripsi. Cara melakukan Deskripsi terhadap kode tersebut banyak disediakan di internet. Cracker biasanya banyak memanfaatkan hal ini untuk menjebol sistem keamanan data.

Misalnya password dalam tabel database terdiri dari rentetan angka dan huruf berikut : “0192023a7bbd73250516f069df18b500“, setelah kita deskripsi, ternyata password tersebut adalah “admin123”.

Deskripsi bisa dilakukan di situs www.md5crack.com, md5decryption.com, www.milw0rm.com/cracker, www.securitystats.com/tools/hashcrack.php, www.passcrack.spb.ru, www.md5-brute.com, md5.benramsey.com, dan masih banyak lagi di internet.

 

iddatapendidikan.blogspot.co.id


Terima kasih untuk membaca artikel kami, silahkan bagikan informasi yang ada disitus DATAPENDIDIKAN.COM kepada rekan-rekan anda disosial media seperti facebook, twitter, whatsapp, telegram dan lainnya. DATAPENDIDIKAN.COM adalah situs yang menyediakan informasi dan kebutuhan seputar dunia pendidikan. Saran dan dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk lebih melengkapi informasi yang ada pada situs kami.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply