Fungsi dan Komponen Motherboard atau Mainboard

Berbentuk papan (board) elektronik utama yang mempunyai beberapa slot individual yang bias dipasangkan untuk board lain, mulai dari prosesor, memori, sound card, display adapter, dan sebagainya. Di antara slot pada papan utama, terdapat slot yang khusus digunakan untuk pemasangan prosesor yang dinamakan soket dan slot 1. Motherboard memiliki beberapa jenis soket yang berbeda-beda, sesuai dengan perkembangan jenis prosesor.

A. Fungsi Motherboard atau Mainboard

  • Tempat meletakkan atau memasang berbagai komponen, misalnya   prosesor
  • Media transfer data dari komponen yang bekerja di dalam komputer.

B. Komponen Motherboard atau Mainboard

1. Slot dan Soket Prosesor
Adalah tempat meletakan dan memasang prosesor di motherboard dengan dilengkapi dengan pengunci agar prosesor ini tidak bergerak.

2. Chipset Motherboard
Chipset berfungsi menjembatani aliran data dan mengatur serta mengontrol beberapa komponen utama dan tambahan pada motherboard. Contoh :

Jenis chipset :
a. Chip north bridge ( chipset utama ) berfungsi sebagai pengatur alur data kinerjha   prosesor untuk berhubungan dengan komponen utama, missal slot memory dan AGP.
b. Chip south bridge ( chipset pembantu ) berfungsi sebagai pengatur alur data kinerja prosesor untuk berhubungaan dengan komponen sekunder atau komponen yang sudah diatur chipset utama, missal : IDE /hardsik, USB dll

3. Cache Memory Externel / L2
Memory berkapasitas terbatas tetapi kecepatanya yang lebih cepat dari pada memory utama. Chache memory ini terletak diantara memory utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memory utama agar kinerja dapat ditingkatkan.

Jenis :

  • Cache memory yang terdapat pada internel prosesor atau yang di kenal dengan sebutan first level (L1).
  • Cache memory yang terdapat di luar prosesor atau external cache memory yaitu berada pada motherboard yang dikenal dengan second level (L2).   Contoh jenis  L2 : SDR, DDR, DDR2, DDR3 ukuran 256 Mb, 512 Mb, 1Gb, 2 Gb, 3 Gb.

4. CMOS/BIOS
CMOS/BIOS adalah chip yang berisi software BIOS, dibuat oleh pabrik pembuat motherboard. Berfungsi membaca dan mendata komponen hardware yang terpasang pada mainboard. Dengan BIOS ini kita bias mengaktifkan atau menon aktifkan beberapa komponen yang ada di salam mainboard. Misal : menonaktifkan VGA on board, sound card, dll. Untuk masuk ke BIOS adalah ketika computer pertama hidup lakukan tekan tombol “DEL” atau F1 tergantung jenis mainboard.

5. Batre CIMOS
Batre CIMOS merupakan sumber tegangan bagi CMOS /BIOS yang berfungsi untuk menyimpan konfigurasi setting CMOS / BIOS agar tidak berubah setiap computer dimatikan atau dinyalakan. Contohnya saat computer dimatikan dan dinyalakan kemudian hari computer akan menampilkan tanggal dan jam pada waktu menyalakan computer. Komponen akan tetap mengenal komponen yang ada di dalam mainboard saat computer dimatikan sehingga computer tetap berjalan dengan normal.

6. Slot memori atau SIMM dan DIMM
Slot yang berbentuk persegi panjang tipis dan mempunyai (kaki) yang banyak, berwarna kuning, orange, atau ada yang menggunakan warna biru atau hitam. Slot ini digunakan untuk menyimpan memory card. Slot memory dibedakan berdasarkan memory yang dipakai sebagai berikut :





7. Port pararel IDE
Port pararel IDE mempunyai 40 pin yang berfungsi melakukan atau menancapkan kabel IDE yang terhubung ke hardisk dan CD-ROOM/DVD-ROOM, DVD-RW port ini di bedakan menjadi dua bagian.

Bagian dari port IDE / SATA:
a.  Primary IDE / SATA, digunakan untuk meletakan atau menancapkan kabel IDE / SATA yang terhubung ke Hardisk, dan bias digunakan untuk dua hardisk ( primery master HDD dan primary slave HDD) biasanya berwarna hitam atau biru.

b.  Secondary IDE / SATA, digunakan untuk meletakan atau menancapkan kabel IDE / SATA yang terhubung ke CD-ROOM, DVD-ROOM, DVD-RW bias digunakan untuk dua CD-ROOM atu DVD-ROM/RW secondary master CD – ROOM dan secondary slave DVD-ROOM) biasanya berwarna putih.

8. Port flopy disk (FDD)
port FDD ini mirip dengan port pararel IDE tetapi hanya terdiri dari 34 pin yang berguna sebagai tempat meletakan atau menempelkan kabel FDD yang terhubung dengan flopydisk.

9. Slot PCI ( peripheral component interconnect )
Saluran 32 bit dan 64 bit standar local bus yang mengikuti bus exspansi langsung ke proses sehingga proses kinerja komponen yang terpasang pada slot ini akan lebih cepat karena langsung diakses oleh prosesor, tanpa melalui komponen yang lain. Contoh pemasangan slot PCI adalah untuk VGA, sound card, TV Tuner internal dll.

Slot AGP ( Accelerator Graphics Port )
slot VGA jenis baru yang menggunakan saluran 128 bit dan khusus untuk meninggalkan kinerja video adapter tiga dimensi (3D) yang dinamakan AGP. Slot ini digunakan khusus untuk meletakan atau menancapkan VGA card jenis AGP. Berikut tipe slot AGP dan bandwidth yang dimiliki :

10. Slot AMR ( audio modem riser )
kotak kecil yang berwarna coklat dan berukuran pendek yang didukung audio, bekerja pada bus 128 bit I slot CNR ( connection network rise ). Slot yang lebih sedikit panjang daripada slot AMR dan berwarna coklat yang digunakan untuk jaringan network yang bekerja pada bus 128 bit.

11. PIN group atau front panel
sekumpulan konektor yang berhubungan dengan kabel reset, HDD LED, power LED, speaker casing, dan saklar tombol on/off pada casing.

12. Port power supply motherboard
sebagai tempat meletakan atau menancapkan konektor kabel power supply yang ada pada casing. Port ini berbentuk kotak berwarna putih dan terdiri atas 20 pin. Namun dalam perkembangannya untuk motherboard baru sudah memiliki 24 pin.

13. Port I/O motherboard
Port  I/O merupakan atau gerbang atau tempat dipasangnya konektor peralatan I/O yang terdapat di motherboard dan biasanya terletak di bagian belakang casing. Setiap port I/O berada di bawah control prosesor.

Bagian – bagian I/O port sebagai berikut :
a.  Port pararel ( LPTI atau LPT2 ) pengunaan adalah untuk printer dan scanner
b.   Port serial ( com 1, com 2 ) untuk mouse dan keyboard
c. Port AT/PS2, ini untuk mouse warna hijau dan keyboard berwarna ungu.
d. Port USB ( universal serial bus )
e. Port VGA port ini berfungsi untuk menghubungkan dengan layar monitor.
f. Port audio untuk speaker, mikrofon
g. Port LAN ( Local Area Networking )

Materi diatas bisa didownload berupa file .ppt (slide presentasi)  yang berisi “Modul Merakit Personal Komputer” dan telah dilengkapi dengan gambar. Download disini : modul-merakit-personal-pc-smk-n-1-jatiroto.ppt . Ukuran file : 4 MB


Terima kasih untuk membaca artikel kami, silahkan bagikan informasi yang ada disitus DATAPENDIDIKAN.COM kepada rekan-rekan anda disosial media seperti facebook, twitter, whatsapp, telegram dan lainnya. DATAPENDIDIKAN.COM adalah situs yang menyediakan informasi dan kebutuhan seputar dunia pendidikan. Saran dan dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk lebih melengkapi informasi yang ada pada situs kami.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply