Membuat Mail Merge dengan Foto di Ms Word 2007

Bila sebelumnya membahas tentang Membuat Mail Merge di Ms. Word data dari Excel 2007, sekarang kita akan membahas mengenai cara memasukkan gambar atau foto menggunakan Mail Merge. Hal ini bisa digunakan untuk pembuatan id card (kartu pelajar, kartu nama yang ada fotonya, sertifikat, biodata dan lain sebagainya).



Mail merge sendiri adalah fasilitas yang ada di Microsoft Word yang digunakan untuk menulis surat untuk ke beberapa tujuan atau nama tanpa mengubah isi surat tersebut. Cara ini mempermudah kita membuat undangan, id card, surat dan lain sebagainya yang memerlukan nama berbeda-beda pada masing-masing dokumen tersebut.

Disini saya akan mencontohkan membuat biodata singkat yang hanya berisi beberapa field tetapi disertai dengan foto. Penting ! data excel dan word nantinya disimpan dalam format word 97-2003 (.doc bukan .docx)  karena fitur IncludePicture yang nanti akan kita gunakan pada Mail Merge gambar ini tidak bisa digunakan di format Ms. Word 2007 atau 2010.

PERSIAPAN
1. Siapkan data excel (.xls). Contoh data excel berikut ini, perhatikan kolom FOTO. nama sesuai dengan foto.

dt_excel

2. Data gambar.foto yang akan dimasukkan.

3. Siapkan file word (.doc).

dt_word

Letakkan semuanya didalam 1 folder.

LANGKAH-LANGKAH

1. Langkah-langkah melalukan Mail Merge sama seperti biasanya hingga semua field dimasukkan didalam dokumen word.. Baca: Membuat Mail Merge di Ms. Word data dari Excel 2007.

semua-filed-masuk-kecuali-foto

2. Sekarang untuk gambar/ photo nya. Klik pada kolom Text Box / kotak yang sudah disediakan untuk foto. Lalu dari tab Insert >  Picture. Pilih foto/gambar yang mana saja. Kemudian klik anak panah kecil pada tombol Insert dan pilih Link to File hingga gambar muncul di dokumen.

dt_word3

gambar-muncul

3. Klik pada gambar/photo yang ada didokumen, kemudian tekan tombol keyboard ALT + F9 untuk menampilkan Kode Field nya.

field

Lalu Hapus nama file Foto “abdurrozaq.jpg“, dan pastikan posisi kursor tetap berada pada nama file gambar/foto yang sudah dihapus tadi.

kursor

4. Kemudian pada Menu tab Mailings, klik Insert Merge Field dan pilih FOTO (sesuai dengan tabel di excel) dimana kolom foto berisi foto-foto.

foto-mergefield

5. Blok Teks “{MERGE FIELD FOTO}”  dan kemudian tekan kembali tombol CTRL + F9 untuk membuat kurung kurawal yang mengapit text tersebut. Kemudian arahkan cursor pada posisi setelah kurung kurawal pembuka, dan ketikkan  IF TRUE  seperti gambar berikut:

iftrue6. Selanjutnya,  tekan kembali tombol ALT + F9  untuk menyembunyikan kode field nya.

jadi-oke7. Dan klik Preview Results pada tab Mailings  untuk menampilkan data hasil merge nya.

8. Untuk nge-print, caranya sama seperti memprint Mail Merge tetapi perlu dilakukan pengaturan pada ukuran gambar.

Referensi : adituek.net

Keyword: mail merge dengan excel, membuat mail merge dengan excel, mail merge dengan excel 2007, cara menggunakan mail merge dengan excel, membuat mail merge dengan database excel, membuat sertifikat dengan mail merge, membuat undangan dengan mail merge, cara membuat mail merge foto di word 2013


Terima kasih untuk membaca artikel kami, silahkan bagikan informasi yang ada disitus DATAPENDIDIKAN.COM kepada rekan-rekan anda disosial media seperti facebook, twitter, whatsapp, telegram dan lainnya. DATAPENDIDIKAN.COM adalah situs yang menyediakan informasi dan kebutuhan seputar dunia pendidikan. Saran dan dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk lebih melengkapi informasi yang ada pada situs kami.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply