Pengertian Apache (Server HTTP Apache)

Apache adalah sebuah nama web server yang bertanggung jawab pada request-response HTTP dan logging informasi secara detail(kegunaan basicnya). Selain itu, Apache juga diartikan sebagai suatu web server yang kompak, modular, mengikuti standar protokol HTTP, dan tentu saja sangat digemari.



Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.

Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation. Secara ringkas, Apache adalah komponen server web dari paket perangkat lunak LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP/Perl/bahasa pemrograman Python).

Apache dianggap sebagai salah satu web server terbaik didunia dan banyak digunakan oleh para penggiat dunia pengembangan website (web developer). Menurut statistik dari Netcraft, Apache merupakan server web yang paling banyak digunakan di dunia per 2005. Microsoft Internet Information Services (IIS) merupakan kompetitor utama Apache, diikuti oleh Sun Java Web Server dari Sun Microsystem.

Istilah Apache tidak akan pernah lepas dari istilah lain yang biasanya akreb dengan Web Developer yaitu Xammp, PHP, MySQL, dan lain sebagainya.

Xampp adalah perangkat yang menggabungkan tiga aplikasi kedalam satu paket, yaitu Apache, MySQL,dan PHPMyAdmin,Dengan Xampp pekerjaan anda sangat dimudahkan karena dapat menginstalasi dan mengkonfigurasi ketiga aplikasi tersebut dengan sekaligus dan otomatis.

Sementara PHP adalah bahasa pemograman untuk membuat web.dengan PHP anda dapat membuat halaman web yang dinamis.selain mendukung di sistem operasi Windows,PHP juga dapat di gunakan pada mac OS,Linux,dan sistem operasi yang lainnya.

MySQL adalah sistem manajemen database yang sering digunakan bersama PHP.PHP juga mendukung pada Microsoft Access,Database Oracle,d-Base,dan sistem manajemen database lainnya. SQL {Structured Query Language} adalah bahasa terstruktur yang digunakan secara khusus untuk mengolah database.dan MySQL merupakan sebuah sistem manajemen database. Dengan MySQL yang juga open source ini, anda dapat membuat dan mengolah database beserta isinya, menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.

referensi : duniakamu.wordpress.com, khaerulaffandi.weebly.com, dan https://id.wikipedia.org/wiki/Apache_HTTP_Server

keyword: pengertian apache menurut para ahli, fungsi apache pada xampp, apache server adalah, kegunaan mysql, pengertian apache menurut para ahli, fungsi mysql di php, definisi mysql, fungsi fungsi mysql, fungsi dbquick, definisi apache adalah.


Terima kasih untuk membaca artikel kami, silahkan bagikan informasi yang ada disitus DATAPENDIDIKAN.COM kepada rekan-rekan anda disosial media seperti facebook, twitter, whatsapp, telegram dan lainnya. DATAPENDIDIKAN.COM adalah situs yang menyediakan informasi dan kebutuhan seputar dunia pendidikan. Saran dan dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk lebih melengkapi informasi yang ada pada situs kami.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply