Pengertian, Tujuan dan Bagian Sistem Operasi (OS)

Sistem : kumpulan elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Operasi (didalam ilmu komputer) disebut instruksi.

Menurut Jerry FitzGerald  :  sistem operasi adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem. Dengan kata lain, OS adalah software pada lapisan pertama yang disimpan pada memori komputer dan merupakan program pertama yang dijalankan pada saat komputer dinyalakan (setelah BIOS)

Software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti  dan umum untuk software-software itu.

Layanan inti dan umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user.  Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Kernel adalah bagian dari sistem operasi yang berinteraksi langsung dengan perangkat keras komputer. Sedangkan bagian dari interface yang menghubungkan antara aplikasi dengan user, disebut dengan shell.

OS :  sebagai perantara antara pengguna (user) komputer dengan hardware (perangkat keras) komputer.

Tujuan Sistem Operasi



  • untuk menyediakan lingkungan di mana user dapat mengeksekusi program yang di inginkan dengan efisien, atau untuk kenyamanan User.
  • memungkinkan sumber daya sistem komputer untuk digunakan dengan cara yang efisiensi
  • melakukan control dan koordinasi pengguna perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user berbeda.

Mode Text dan GUI
User dapat berinteraksi dengan sheel menggunakan

  • mode text, yang sering disebut dengan command line interface (CLI),
  • mode grafis, disebut dengan graphical user interface (GUI).

Bagian Sistem Operasi

  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.
  2. Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain.  Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
  3. Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
  4. Resource Allocator. OS bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  5. Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

Contoh Sistem Operasi

  • Windows / Microsoft Windows
  • UNIX
  • LINUX
  • IMB OS/2
  • MAC OS (Macintosh Operating System)
  • FREE BDS
  • SOLARIS
  • CHROME OS

Terima kasih untuk membaca artikel kami, silahkan bagikan informasi yang ada disitus DATAPENDIDIKAN.COM kepada rekan-rekan anda disosial media seperti facebook, twitter, whatsapp, telegram dan lainnya. DATAPENDIDIKAN.COM adalah situs yang menyediakan informasi dan kebutuhan seputar dunia pendidikan. Saran dan dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk lebih melengkapi informasi yang ada pada situs kami.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply