Tip Memilih dan Membeli Domain TDL untuk Blogger dan WordPress

Apa itu Domain ? Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama unik tersebut bisa berupa huruf abjad (a,b,c,d,e,dan seterusnya) dan angka (1,2,3,dan seterusnya) serta simbol (-).

Alamat IP server tempat file web sebenarnya berupa deretan angka, misal : almat IP server tempat file web kita disimpan adalah 88.165.99.77 sebenarnya kita bisa saja mengetikkan 88.165.99.77 langsung di browser untuk mengakses website kita, namun ini tentu sangat sulit untuk diingat atau dihafal oleh kita dan oleh pengunjung yang berselancar di website kita. Tentu saja lebih mudah membaca sebuah kata daripada deretan angka yang jumlahnya cukup banyak.

Ada terdiri dari beberapa jenis, berikut pembagian daripada domain:

1. TDL (Top Level Domain), berupa deretan kata dibelakang nama domain, seperti .com, .net, .org, .info, .gov, .edu, .tv, .asia, .biz, .name, dan lain-lain. Semua ini disebut Global Top Level Domain (gTLD). Sedangkan domain yang memakai kode negara (Indonesia, .id; Malaysia, .my; Singapura, .sg) disebut Country Code Top Level Domain (ccTLD) seperti web.id, co.id, .sch.id, .go.id, .my.id, or.id dan lain-lain.

2. SLD (Second Level Domain) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah balikpapan.com, maka ‘balikpapan’ adalah SLD, sedangkan .com nya adalah TLD.

3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain. Misalnya nama domain adalah datapendidikan.com, maka bila ditambahkan nama lain sebelumnya yaitu mail.datapendidikan.com atau blog.datapendidikan.com. Adapun situs yang menjual Third Level Domain, salah satunya adalah eNom seperti .us.com, .br.com, .cn.com, dan seterusnya. Sedangkan yang gratis co.cc, cz.cc dan seterusnya.


Mengapa Memilih TDL untuk Blogger?
Ada banyak alasan mengapa orang lebih suka memilih domain TDL untuk website mereka dan untuk blog mereka di blogger atau blog ditempat lainnya. Berikut beberapa yang biasa menjadi alasan para pengguna Blogger :

  • Mudah ditemukan Search Engine Google karena blogger juga milik Google.
  • Mudah pemeliharaannya (maintenance) dan banyak sumber referensi yang membahas blogger.
  • Hemat biaya hosting karena cukup mengeluarkan biaya pembelian domain TDL saja.
  • Blogger juga teringerasi dengan Google sehingga cukup punya satu akun Google untuk bisa membuka blog, email dan layanan lainnya.

Kekurangannya, kita tidak bisa leluasa memindahkan file yang ada di hosting Blogger dan beresiko kena ban bila melanggar peraturan Blogger, tetapi selama kita patuh pada aturan Blogger maka aman.

Mengapa memilih domain ID atau web.id ?

Dalam memilih domain TDL, tidak jarang orang-orang juga memilih domain TDL Indonesia seperti .or.id, my.id, web.id dan lain sebagainya. Beberapa alasannya, antara lain :

  • Menunjukkan Indonesia banget
  • Domain ID lebih aman dan lebih terpercaya karena untuk mendapatkan domain ID diperlukan identitas yang jelas berupa KTP atau sejenisnya.
  • Harga lebih terjangkau, lebih-lebih domain web.id paling murah.

Dimana Tempat Membeli Domain ?
Tempat untuk membeli domain dan hosting sangat banyak, baik di Indonesia maupun luar negeri. Diluar Indonesia misalnya www.godaddy.com,www.namecheap.com, www.register.com, dreamhost.com, www.name.com, dan sebagainya.

Sedangkan di Indonesia, misalnya indowebsite.net, dapurhosting.com, idwebhost.com, jagoanhosting.com, rumahweb.com, masterweb.net, indowebsite.net dan sebagainya.

Beberapa yang pernah penulis gunakan adalah jagoanhosting, idwebsho dan masterweb. Kedua yang terakhir, penulis melakukan pembayaran dengan menggunakan Paypal. Sementara  penyedian domain yang pernah penulis gunakan ada GoDaddy.


Terima kasih untuk membaca artikel kami, silahkan bagikan informasi yang ada disitus DATAPENDIDIKAN.COM kepada rekan-rekan anda disosial media seperti facebook, twitter, whatsapp, telegram dan lainnya. DATAPENDIDIKAN.COM adalah situs yang menyediakan informasi dan kebutuhan seputar dunia pendidikan. Saran dan dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk lebih melengkapi informasi yang ada pada situs kami.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply