Website Tidak Bisa Diakses, Mengetahui Server Hosting Down atau Tidak

Sering kali website tidak bisa diakses, sementara kita tidak mengetahui apa penyebabnya. Biasanya kita menduga bahwa server sedang down. Kajian server hosting down merupakan kekecewaan tersendiri bagi pengguna hosting. Oleh karena itu perlu untuk mengetahui apakah server host benar-benar down atau tidak.

Berikut ini adalah tip mengetahui atau melakukan pengecekan status server hosting atau tidak. Tip ini saya temukan di situs atau blog dapurhosting.com, saya saya pikir ini sangat bermanfaat. 

Apakah tidak bisa diakses, apakah server hosting Down? Belum tentu hal ini yang terjadi, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan anda tidak dapat mengakses server hosting / website anda. diantaranya :

  • IP Addres Anda diblokir Server Hosting – hal yang paling sering terjadi. IP Anda bisa masuk kedalam jeratan daftar black list server hosting dan bukan karena kebetulan, tapi karena kemungkinan IP anda telah melanggar beberapa aturan yang tercatat pada server hosting, misalnya :
    • Akses konkurensi terlalu tinggi sehingga server hosting menganggapnya sebagai salah satu bentuk ddos
    • Login ke FTP/Email dengan menggunakan username dan pasword salah lebih dari 5 kali, maka tentu saja IP address anda akan otomatis diblokir oleh server hosting
    • Anda melakukan Ping/Port scanning berlebihan sehingga tentu saja ip anda diblokir
  • IP Address Anda diblokir salah satu HOP,  Perjalanan akses dari PC Anda menuju server hosting kami tentunya melalui beberapa lintasan router yang seringkali disebut sebagai HOP. Jika IP Address anda ternyata diblokir oleh salah satu HOP/Router tersebut maka secara otomatis anda tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju server hosting kami. Atau mungkin HOP Internet Service Provider anda yang lagi bermasalah.
  • Propagasi DNS belum selesai – ketika anda barusaja melakukan perubahan DNS website anda tidak akan bisa langsung diakses dan biasanya menunggu minimal 1×24 jam sampai database DNS menyebar keseluruh penjuru dunia.




Diatas adalah 3 hal yang bisa jadi menyebabkan anda tidak bisa mengakses website tersebut. Kalau begitu, Bagaimana Cara Ceking Status Server Hosting Down atau Tidak? Berikut ini adalah beberapa tools penting dan cukup populer yang akan memberikan anda informasi mengenai status server hosting anda.

1. JUST-PING.COM – Adalah salah satu layanan yang akan memberikan informasi status server hosting Aktif ataukah Down dari banyak negara. Jadi jika anda tidak bisa meng-akses server hosting kami, maka coba cek menggunakan tools ini.

2. TRACE ROUTE – Adalah perintah yang bisa anda gunakan untuk memberikan informasi mengenai rute menuju server hosting kami, bisa jadi IP Address anda diblokir ditengah jalan atau mungkin ISP anda yang bermasalah sehingga tidak bisa mencapai server kami.

Caranya :

  1. Pengguna windows :
    Start -> Run -> ketik “CMD” tanpa tanda petik -> Enter ( kalau tidak ada menu Run tekan tombol bendera windows di keyboard bersamaan dengan huruf R)
  2. ketik “tracert domainkamu.com”  tanpa tanda petik – perhatikan informasi tersebut dan anda akan mengetahui sampai dimana koneksi anda terputus

Pengguna Linux
1. Buka Shell
2. ketik “traceroute domainkamu.com” tanpa tanda petik

4. JUST-DNSLOOKUP.COM – Adalah salah satu layanan yang akan memberikan anda informasi status DNS IP anda dari berbagai lokasi

5. HIDEMYASS.COM – Adalah  salah satu layanan akses website anonymous melalui proxy, cobalah akses website anda melalui tools ini.
sumber; dapurhosting.com .


Terima kasih untuk membaca artikel kami, silahkan bagikan informasi yang ada disitus DATAPENDIDIKAN.COM kepada rekan-rekan anda disosial media seperti facebook, twitter, whatsapp, telegram dan lainnya. DATAPENDIDIKAN.COM adalah situs yang menyediakan informasi dan kebutuhan seputar dunia pendidikan. Saran dan dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk lebih melengkapi informasi yang ada pada situs kami.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply