10 Universitas Terbaik di Dunia yang Perlu Diketahui

Apakah kamu sedang mencari informasi seputar universitas terbaik di dunia? Untuk sebagian orang bisa kuliah di universitas tebaik adalah impian banyak orang. maka tidak herja jika ada beberapa orang yang sangat ambisius dalam belajar agar bisa bersaing untuk masuk universitas impiannya.

universitas terbaik di dunia 2

Bahkan ada sebagian orang yang mempunyai mimpi untuk kuliah di universitas terbaik di dunia. Hal itulah yang sangat membanggakan jika berhasil lulus masuk di universitas impian dan diharapkan menjadi lulusan terbaik dari universitas tersebut.

Salah satu lembaga pemeringkatan universitas, Times Higher Education (THE) merilis daftar universitas terbaik di dunia dalam World University Rankings. Dari hasil penilaian yang dilakukan THE ternyata masih di dominasi oleh universitas dari negera Amerika Serikat dan Inggris.

Dalam proses penilaian THE menggunakan beberapa indikator untuk mengukur universitas terbaik di dunia tersbut. Berikut indikator yang digunakan:

  • pengajaran
  • penelitian
  • transfer pengetahuan
  • pandangan internasional

Dari 4 indikator tersebut lahirlah beberapa universitas terbaik di dunia berikut daftarnya.

Universitas Terbaik di Dunia

1. University of Oxford, Inggris

University of Oxford merupakan universitas terbaik yang berasal dari Inggris dengan total perolehan skor 95,7 poin. Dalam indikator pengajaran mendapat skor 91.0 poin, indikator penelitian 99.6 poin, indikator kutipan 98.0 poin, dan untuk indikator pandangan internasional mendapat 96.3 poin.

universitas ini berdiri sejak tahun 1096 dan telah membagi keilmuan yang diajarkan ke dalam empat divisi yaitu Humanities, Mathematical, Physical and Life Sciences, Medical Sciences, dan Social Sciences. Terdapat sekitar 100 jurusan yang membuat universitas ini menjadi universitas terbaik di dunia saat ini.

2. California Institute of Technology (Caltech), Amerika Serikat

California Institute of Technology (Caltech) merupakan universitas terbaik yang berasal dari Amerika Serikat dengan total perolehan skor 95 poin. Dalam indikator pengajaran mendapat skor 93.6 poin, indikator penelitian 96.9 poin, indikator kutipan 97.8 poin, dan untuk indikator, untuk pendapatan industri 90.4 poin, dan pandangan internasional mendapat 83.8 poin.

California Institute of Technology (Caltech) merupakan universitas teknologi yang lebih kuat di bidang sains dan teknologi. Beberapa jurusan unggul yang dimiliki universitas ini adalah Biologi, Kimia dan Teknik Kimia, Teknik dan Sains Terapan, Ilmu Geologi dan ilmu Planet, Humaniora dan Ilmu Sosial, Fisika Matematika dan Astronomi.

3. Harvard University, Amerika Serikat

Harvard University merupakan universitas terbaik yang berasal dari Amerika Serikat dengan total perolehan skor 95 poin. Dalam indikator pengajaran mendapat skor 94.5 poin, indikator penelitian 98.9 poin, indikator kutipan 99.2 poin, dan untuk indikator pendapatan industri 48.9 poin, dan pandangan internasional mendapat 79,8 poin.

4. Stanford University, Amerika Serikat

Stanford University, merupakan universitas terbaik yang berasal dari Amerika Serikat dengan total perolehan skor 94.9 poin. Dalam indikator pengajaran mendapat skor 92.3 poin, indikator penelitian 96.8 poin, indikator kutipan 99.9 poin, dan untuk indikator pendapatan industri 91.0 poin, dan pandangan internasional mendapat 79.7 poin.

5. University of Cambridge, Inggris

University of Cambridge merupakan universitas terbaik yang berasal dari Inggris dengan total perolehan skor 94.6 poin. Dalam indikator pengajaran mendapat skor 90.9 poin, indikator penelitian 99.5 poin, indikator kutipan 96.2 poin, dan pandangan internasional mendapat 95.8 poin.

6. Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat

Massachusetts Institute of Technology, merupakan universitas terbaik yang berasal dari Amerika Serikat dengan total perolehan skor 94.6 poin. Dalam indikator pengajaran mendapat skor 90.9 poin, indikator penelitian 94.4 poin, indikator kutipan 99.7 poin, dan untuk indikator pendapatan industri 93.7 poin, dan pandangan internasional mendapat 89.9 poin.

Massachusetts Institute of Technology memiliki 5 departemen utama, yaitu The Department of Architecture, The Department of Urban Studies + Planning, The Media Laboratory, The Center for Real Estate dan The Program in Art, Culture and Technology.

7. Princeton University, Amerika Serikat

Princeton University, merupakan universitas terbaik yang berasal dari Amerika Serikat dengan total perolehan skor 93.6 poin. Dalam indikator pengajaran mendapat skor 89.5 poin, indikator penelitian 96.0 poin, indikator kutipan 99.0 poin, dan untuk indikator pendapatan industri 88.8 poin, dan pandangan internasional mendapat 80.7 poin.

Universitas ini merupakan universitas paling tua keempat di Amerika Serikat yang berada di kota bersejarah dan memiliki dua program sarjana, yakni Bachelor of Science in Engineering (B.S.E.) dan Bachelor of Arts (A.B.)

8. University of California, Amerika Serikat

University of California, merupakan universitas terbaik yang berasal dari Amerika Serikat dengan total perolehan skor 92.2 poin. Dalam indikator pengajaran mendapat skor 85.7 poin, indikator penelitian 96.0 poin, indikator kutipan 99.1 poin, dan untuk indikator pendapatan industri 84.7 poin, dan pandangan internasional mendapat 77.6 poin.

universitas terbaik di dunia 3

Beberapa jurusan yang terkenal di University of California yakni Biology, Business Economics, Film & Televisions, Political Science, dan Psychology.

9. Yale University, Amerika Serikat

Yale University, merupakan universitas terbaik yang berasal dari Amerika Serikat dengan total perolehan skor 90.8 poin. Dalam indikator pengajaran mendapat skor 90.7 poin, indikator penelitian 93.0 poin, indikator kutipan 97.0 poin, dan untuk indikator pendapatan industri 56.2 poin, dan pandangan internasional mendapat 69.9 poin.

Universitas yang termasuk dalam Ivy League atau kampus bergengsi di Amerika Serikat ini memiliki lebih dari 100 departments.

10. University of Chicago, Amerika Serikat

University of Chicago, merupakan universitas terbaik yang berasal dari Amerika Serikat dengan total perolehan skor 89.8 poin. Dalam indikator pengajaran mendapat skor 87.2 poin, indikator penelitian 90.6 poin, indikator kutipan 98.3 poin, dan untuk indikator pendapatan industri 56.3 poin, dan pandangan internasional mendapat 74.4 poin.

Itulah 10 universitas terbaik di dunia yang bisa kamu pilih. dari universitas tersebut apakah ada kampus favorit kamu? dan pastikan kamu menggunakan tips untuk memilih seperti Memilih jurusan, Memeriksa peringkat kampus, Aktivitas organisasi dan komunitas, Akomodasi, Perpustakaan, dan Biaya Kuliah. Dengan mengikuti tips tersebut maka kamu sudah bisa menentukan universitas mana yang akan kamu pilih.

Leave a Comment