Berapa Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah?

APa itu Pesantren Sulaimaniyah dan berapa biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Pondok Pesantren Sulaimaniyah. Pondok pesantren ini merupakan hasil kerjasama antara Kementrian Agama dan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia (United Islamic Cultural Centre of Indonesia-Turkey/UICCI).

biaya masuk pesantren sulaimaniyah 2

Saat ini, Pondok Pesantren Sulaimaniyah telah memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal yang menarik dari pesantren ini adalah setiap santri yang mendaftar berhak untuk memilih cabang pesantren yang sesuai dengan minatnya.

Dalam menjalankan konsep cabang ini, Pondok Pesantren Sulaimaniyah memberikan kebebasan bagi santri untuk memilih tempat belajar sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

Pondok Pesantren Sulaimaniyah memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh para santri baru yang ingin bergabung.

Salah satunya adalah biaya administrasi yang harus dibayarkan oleh santri baru pada saat mendaftar. Besar biaya pendidikan para santri ditentukan berdasarkan jenjang pendidikan yang diambil di pesantren.

Jika Anda berminat untuk mendaftar di Pondok Pesantren Sulaimaniyah, penting untuk mengetahui besaran biaya yang harus dibayarkan. Berikut ini adalah rincian biaya masuk untuk semua cabang Pondok Pesantren Sulaimaniyah beserta syarat dan cara pendaftarannya.

Jenjang Pendidikan Pesantren Sulaimaniyah

Sebelum membahas lebih jauh tentang biaya masuk Pondok Pesantren Sulaimaniyah, penting untuk memahami jenjang pendidikan yang ditawarkan oleh pesantren ini. Saat ini, pesantren tersebut menyediakan beberapa jenjang pendidikan, yaitu SMP, SMA, dan tahfiz Al-Quran.

Jenjang pendidikan SMP dan SMA tersedia bagi santri putra dan putri. Sedangkan untuk jenjang tahfiz Al-Quran (lulusan SMA/sederajat), hanya tersedia untuk santri putra. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon santri untuk bisa diterima di pesantren ini.

Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah

Bagi yang tertarik untuk mendaftar ke Pondok Pesantren Sulaimaniyah, penting untuk memahami besaran biaya administrasi yang harus dikeluarkan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biaya daftar ulang sebelum masuk ke pesantren ini diperlukan untuk melengkapi proses pendaftaran santri baru.

Untuk jalur beasiswa, besaran biaya daftar ulang yang harus dikeluarkan sekitar Rp 9.000.000 dengan biaya bulanan sekitar Rp 900.000. Namun, jika pendaftaran dilakukan bukan melalui jalur beasiswa, maka total biaya daftar ulang bisa mencapai Rp 25.000.000 dengan biaya bulanan sebesar Rp 2.000.000.

Namun, perlu diingat bahwa besaran biaya daftar ulang tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Sebelum memutuskan untuk mendaftar, sebaiknya calon santri memahami dengan jelas mengenai rincian biaya yang harus dikeluarkan untuk masing-masing jenjang pendidikan di Pondok Pesantren Sulaimaniyah.

Syarat Masuk Pesantren Sulaimaniyah

Pondok Pesantren Sulaimaniyah memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon santri saat mendaftar. Syarat-syarat tersebut terbagi menjadi syarat umum dan syarat khusus, dan berbeda-beda sesuai dengan jenjang pendidikan yang dipilih.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai syarat masuk pesantren Sulaimaniyah untuk semua jenjang pendidikan, baik untuk santri putra maupun putri:

Syarat Utama

  • Mahir membaca Al-Quran dengan tajwidnya.
  • Memiliki akhlak yang terpuji, tertib dan tidak merokok.
  • Siap mengikuti proses pendidikan di Indonesia maupun Turki sampai selesai jika mendapat beasiswa.
  • Siap ditempatkan di cabang Pesantren Sulaimaniyah mana saja sesuai hasil tes.
  • Dalam keadaan sehat secara jasmani dan rohani.

Syarat Khusus

  • Persyaratan spesifik untuk SMP atau setara.
  • Telah menyelesaikan pendidikan SD atau setara.
  • Berusia tidak lebih dari 13 tahun pada saat mendaftar.
  • Telah menghafal Al-Quran mulai dari Surat Ad-Duha hingga Surat An-Nas.
  • Persyaratan khusus untuk SMA atau setara.

Telah menyelesaikan pendidikan SMP atau setara.

  • Berusia tidak lebih dari 16 tahun pada saat mendaftar.
  • Telah menghafal Al-Quran mulai dari surat An-Naba ‘hingga surat An-Nas.

Lulusan SMA atau setara diizinkan mendaftar jika telah menghafal 30 juz Al-Quran dengan baik (khusus untuk santri putra).

Cara Daftar Pesantren Sulaimaniyah

Pesantren Sulaimaniyah, seperti pondok pesantren pada umumnya, kini telah memungkinkan calon santri baru untuk mendaftar secara online melalui situs resminya. Namun, sebelum melakukan pendaftaran, pastikan bahwa Anda telah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

biaya masuk pesantren sulaimaniyah 3

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa prosedur pendaftaran santri baru di Pesantren Sulaimaniyah juga mencakup informasi penting mengenai biaya administrasi.

Berikut adalah tata cara pendaftaran santri baru di Pesantren Sulaimaniyah, baik untuk putra maupun putri:

1. Calon santri melakukan pendaftaran melalui situs resmi Pesantren Sulaimaniyah di https://tahfidzsulaimaniyah.org/.

2. Petugas di Pesantren Sulaimaniyah akan mengontak calon santri melalui nomor telepon yang telah tercatat sebelumnya..

3. Calon santri diminta untuk mengikuti ujian-1 secara online sesuai petunjuk yang diberikan oleh petugas.

4. Calon santri menunggu pengumuman hasil ujian pertama di situs resmi Pesantren Sulaimaniyah.

5. Calon santri yang dinyatakan lulus ujian-1 akan diundang untuk mengikuti ujian-2 di asrama.

6. Hasil ujian-2 akan diumumkan melalui situs resmi Pesantren Sulaimaniyah.

7. Calon santri yang dinyatakan lulus ujian-2 dapat melakukan daftar ulang dengan membayar biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Dengan adanya proses pendaftaran santri baru secara online, diharapkan dapat memudahkan calon santri untuk mendaftar ke Pesantren Sulaimaniyah tanpa harus datang langsung ke asrama.

Call Center Pesantren Sulaimaniyah

Pada pembahasan di atas telah dijelaskan secara rinci mengenai biaya pendaftaran santri baru di Pesantren Sulaimaniyah untuk seluruh jenjang pendidikan yang didukung dengan persyaratan, tata cara mendaftar, dan metode pembayaran yang lengkap.

Apabila masih terdapat kebingungan, calon santri dapat langsung menghubungi pihak pesantren melalui beberapa contact center berikut ini:

Nomor telepon: +6221 – 4710751

Alamat email: info@tahfidzsulaimaniyah.org

Akun Instagram: @tahfidzsulaimaniyah

Akun Facebook: @tahfidzsulaimaniyah

Dengan adanya prosedur pendaftaran santri baru yang dapat dilakukan secara online dan informasi mengenai biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah yang jelas, diharapkan calon santri dapat mempersiapkan diri dengan baik dan lebih mudah untuk bergabung dengan pesantren ini.

Leave a Comment