Daftar Kuliah Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Terbaru dan Biayanya

Apakah anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan dengan mendaftar kuliah di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)? maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak informasi lengkap beserta dengan biayanya.

Universitas Katolik Parahyangan atau populer disingkat UNPAR merupakan Universitas Katolik pertama di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1955 dan telah menjadi salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan paling prestisius di Indonesia.

Berdirinya kampus UNPAR bertujuan memenuhi kebutuhan SDM berpendidikan tinggi di Republik Indonesia ketika pada periode sulit dan bangkit dari awal kemerdekaan dimana semuanya belum memiliki kestabilan seperti saat ini.

UNPAR sendiri tidak langsung berdiri sebagai universitas, namun berawal dari Akademi Perniagaan yang kini menjadi Fakultas Ekonomi. Perguruan tinggi ini berganti nama menjadi UNPAR pada tahun 1961 dan resmi menyandang status disamakan dengan perguruan tinggi negeri pada tahun 1962 lewat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 50 tahun 1962. Hingga saat ini, UNPAR sudah melahirkan banyak alumni hebat dan berkarakter yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga keluar negeri.

UNPAR menaungi tujuh fakultas dan dua Sekolah Pascasarjana, di antaranya Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Filsafat, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Teknologi informasi & Sains. Di samping itu, perguruan tinggi ini juga mengelola Program D3 Manajemen Perusahaan.

Adapun kegiatan belajar dan mengajar UNPAR terletak di empat lokasi di Bandung dimana kampus utama berada di Jl. Ciumbuleuit No. 49, sedangkan Sekolah pascasarjana berada di Jl. Merdeka No. 30. Sementara, untuk Fakultas Filsafat, terpusat di Jalan Nias No. 2, dan Program Diploma terletak di Jl. Aceh No. 53.

Biaya Kuliah Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Kuliah Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Seperti halnya dengan kampus atau universitas lainnya, maka untuk menjadi mahasiswa di kampus ini maka terdapat sejumlah biaya yang harus anda ketahui. Lalu berapa biaya kuliah di UNPAR? untuk lebih jelasnya anda bisa melihat tabel biaya dibawah ini.

Selain tabel diatas, anda juga langsung bisa mengunjungi situs resmi UNPAR di https://pmb.unpar.ac.id/menu/biaya_studi untuk melihat biaya kuliah berdasarkan fakultas yang anda minati.

Syarat Pendaftaran UNPAR (Jalur USM)

Untuk mendaftar dan menjadi mahasiswa dikampus ini, maka terdapat sejumlah syarat yang harus anda penuhi terlebih dahulu. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

  • Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNPAR apabila nanti dinyatakan lulus seleksi program USM dan lulus jenjang SMA.
  • Dapat memilih sampai 3 pilihan program studi. Program Studi Manajemen, Ilmu Hukum, Ilmu Hubungan Internasional, dan Arsitektur tidak dapat dijadikan pilihan ke-3.
  • Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro: tidak buta warna, dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan tidak buta warna dari dokter spesialis mata
  • Photocopy akte kelahiran.
  • Untuk siswa yang bersekolah di sekolah internasional, apabila anda dinyatakan lulus, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan ijazah (setara SMA).
  • Untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lulus, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan legalisir ijazah beserta fotokopi rapor kelas 1 s/d kelas 3.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp250.000 untuk Program S1 atau Rp150.000 untuk Program D3.

Jadwal Pendaftaran UNPAR TA 2023/2024

Apabila anda mencari informasi mengenai jadwal pendaftar, maka anda bisa langsung datang mengunjungi salah satu kampus UNPAR di Kota Bandung. Anda juga bisa mengunjungi situs resmi https://pmb.unpar.ac.id untuk memperoleh informasi secara online. Selain itu, anda pun bisa menghubungi panitia di nomor telepon (022) 2032655 ext. 100114/100115 dan berkirim email di alamat admisi@unpar.ac.id.

Demikian informasi mengenai informasi daftar kuliah di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) lengkap dengan biayanya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment