Rekomendasi Jurusan S2 yang Lulusannya Banyak Dicari oleh Perusahaan

Jika anda mencari informasi dan penasaran akan jurusan S2 yang lulusannya paling banyak di cari oleh perusahaan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak informasinya dibawah ini yang bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan setelah S1.

Studi S2 atau studi jenjang magister merupakan tahapan pendidikan selanjutnya setelah menyelesaikan Srata 1 atau S1. Walaupun bukan kewajiban, tetapi dengan melanjutkan S2, para mahasiswa akan mendapatkan lebih banyak ilmu, dan juga mendapatkan gelar pendidikan yang cukup terpandang sekaligus membuka potensi karier yang lebih cemerlang dengan bekal ilmu pengetahuan yang titidaki dan menjadi incaran banyak perusahaan.

Namun memilih melanjutkan pendidikan S2 pun tidak seperti memilih jurusan S1 pada awalnya, dimana anda direkomendasikan untuk memilih program kelanjutan dari program S1 yang sudah anda selesaikan. Sebut saja contohnya seperti apabila anda dulu kuliah S1 di jurusan Sastra Itidakris, maka anda bisa mengambil jurusan Ilmu Linguistik di jenjang S2.

Cara memilih program S2 selanjutnya adalah memilih prodi yang jauh berbeda dari apa yang dipelajari sebelumnya atau akrab juga disebut melakukan lintas jurusan. Contohnya, dulu anda kuliah S1 di prodi Teknik Informatika, dan sekarang anda akan memilih jurusan Manajemen di jenjang S2.

Jika anda masih bingung memilih program S2 yang cocok untuk anda, maka sesuai dengan judul diatas maka kali ini kami akan membagikan jurusan S2 yang lulusannya paling banyak di cari oleh perusahaan untuk mendukung karier kerja anda yang cemerlang nantinya.

Jurusan S2 yang Lulusannya Banyak Dicari oleh Perusahaan

Jurusan S2 yang Lulusannya Banyak Dicari oleh Perusahaan

Manajemen

Manajemen merupakan prodi yang hampir tidak pernah sepi peminat, baik pada jenjang sarjana, magister, maupun doktor. Tidak sedikit orang yang mengambil jurusan manajemen di jenjang S2 karena mengejar posisi-posisi kunci di perusahaan. Selain itu, buat anda yang ingin berwirausaha, prodi S2 manajemen dapat memperkaya wawasan yang dibutuhkan ketika hendak merintis sebuah bisnis.

Ilmu Komputer

Ilmu komputer merupakan sebuah bidang keilmuan yang mempelajari komputasi, perangkat keras (hardware), maupun perangkat lunak (software). Prodi magister ilmu komputer dirancang untuk melatih kemampuan riset mahasiswa dalam bidang teknologi informasi. Bidang tersebut meliputi ilmu komputer, sistem informasi, rekayasa perangkat lunak, dan sebagainya.

Di era digital ini, lulusan bidang keilmuan IT memiliki prospek karir yang sangat cerah. Sebab, kebutuhan terhadap talenta digital akan terus mengalami peningkatan. Maka dari itu, kuliah S2 di jurusan ilmu komputer adalah pilihan yang tepat.

Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi adalah ilmu yang dibutuhkan oleh setiap orang. Karenanya, lulusan dari prodi ini memiliki kesempatan kerja yang sangat luas di berbagai sektor. Dan karena itu pula, tidak sedikit orang yang kuliah S2 lintas jurusan dengan mengambil prodi ilmu komunikasi. Hal ini guna mengasah keterampilan komunikasi, sehingga dapat meningkatkan performa mereka dalam berkarir.

Desain

Apabila dulu jurusan desain dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Jurusan ini dianggap tidak punya prospek kerja yang menjanjikan nantinya. Seiring berjalannya waktu, profesi desainer justru mengalami peningkatan demand. Karenanya, jurusan desain justru kini menjadi salah satu prodi yang banyak peminatnya. Maka dari itu, prodi S2 desain merupakan jurusan yang tepat untuk anda yang passionate dan ingin berkecimpung di dunia desain. Ada banyak bidang desain yang bisa anda pilih, seperti desain grafis, fashion (tata busana), hitidaka desain interior.

Teknik Industri

Jurusan S2 yang tidakak kalah populer adalah teknik industri. Jurusan ini mempelajari optimalisasi produksi dan pengelolaan barang/jasa. Karenanya, prodi ini tidak cuma mempelajari ilmu teknik saja, tetapi juga manajemen. Lulusan prodi S2 teknik industri sangat dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai sektor. Nantinya, anda bisa masuk ke bidang operasional dan logistik, quality assurance and control, manajemen produk, maupun pemasaran.

Bioteknologi

Bioteknologi mempelajari pemanfaatan makhluk hidup maupun produk dari makhluk hidup dalam proses produksi barang/jasa bagi manusia. Jurusan ini juga mencakup ilmu murni maupun terapan lainnya, seperti biologi, mikrobiologi, biokimia, matematika, komputer, dan sebagainya.

Ilmu bioteknologi dapat diaplikasikan ke berbagai bidang, mulai dari kesehatan, pertanian, lingkungan, hitidaka industri. Karena itu, tidak heran kalau lulusan prodi ini sangat diminati di dunia kerja.

Kesehatan Masyarakat

Pandemi COVID-19 yang melanda sejak tahun 2020 telah menjadi wake-up call bagi banyak orang, terutama di sektor kesehatan. Momen ini menjadikan peningkatan kualitas layanan kesehatan semakin gencar dilakukan. Salah satu targetnya, yaitu pemerataan layanan kesehatan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Karena itu prodi kesehatan masyarakat memiliki masa depan yang sangat cerah. Magister kesehatan masyarakat diharapkan dapat menghasilkan penelitian atau penemuan inovatif. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan layanan kesehatan.

Demikian informasi mengenai jurusan S2 yang lulusannya paling banyak di cari oleh perusahaan yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment