7 Kampus Swasta Terbaik di Jakarta Lengkap Dengan Jurusan dan Biaya Kuliah

Apakah anda bingung memiliki kampus di Jakarta untuk melanjutkan ke bangku kuliah? Maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan rekomendasi kampus swasta terbaik di Jakarta lengkap dengan jurusan dan biaya kuliahnya.

Sebagai ibu kota negara dan sebagai kota dengan penduduk terbanyak, kota Jakarta pun menyediakan banyak pilihan pendidikan bagi warganya maupun pendatang yang ingin menuntut ilmu di Jakarta yang terkenal dengan fasilitasnya yang lengkap.

Salah satunya adalah banyaknya pilihan kampus terbaik dan terkenal di Jakarta bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Mulai dari kampus atau perguruan tinggi negeri dan juga kampus swasta yang dikelola lembaga pendidikan non pemerintah.

Dan sesuai dengan judul diatas, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi kampus swasta terbaik di Jakarta lengkap dengan jurusan dan biaya kuliahnya bagi anda yang bingung mencari kampus di Jakarta. Tanpa basa-basi lagi, simak daftarnya sebagai berikut.

Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Universitas Mercubuana

Universitas Mercubuana diresmikan pada tahun 1985, saat ini Universitas Mercubuana sudah terakreditasi “A” oleh BAN-PT dan memiliki 6 fakultas yang terdiri dari Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Desain & Seni Kreatif.

Universitas Mercubuana memiliki 3 kampus yang berlokasi di tiga area, yaitu: Kampus Meruya (JL Meruya Selatan No 1 Kembangan, Jakarta Barat), Kampus Menteng (JL Menteng Raya No 29, Jakarta Pusat) dan Kampus Warung Buncit (JL Warung Buncit Raya No 98, Jakarta Selatan).

Jurusan Kuliah di Universitas Mercubuana

Fakultas Teknik

(Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Industri)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

(Manajemen, Akuntansi, D3 Manajemen Perusahaan dan D3 Akuntansi)

Fakultas Ilmu Komunikasi

(Ilmu Komunikasi)

Fakultas Ilmu Komputer

(Teknik Informatika, Sistem Informasi)

Fakultas Psikologi

(Psikologi)

Fakultas Desain dan Seni Kreatif

(Desain Produk, Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual)

Biaya Kuliah di Universitas Mercubuana

Biaya kuliah per semester di Universitas Mercubuana berbeda-beda, tergantung fakultas dan jurusan yang kamu pilih. Pada semester awal, kisaran pembayarannya mulai dari 10 sampai 23 juta rupiah. Hal ini sudah termasuk uang pendaftaran dan biaya gedung. Nah, semester 2 sampai lulus nanti, kamu akan dikenakan BPP Pokok sebesar 1,9 sampai 8 juta rupiah.

Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Universitas BINUS resmi berdiri pada tahun 1996, saat itu BINUS sudah memiliki beberapa fakultas, seperti Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan fakultas lainnya. BINUS sendiri termasuk ke dalam urutan 5 besar universitas terbaik di Indonesia, lho.

Sekarang, BINUS memiliki 7 kampus yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Bandung, Semarang dan Malang dengan berbagai macam pilihan fakultas dan program studi. Untuk di Jakarta sendiri BINUS mempunyai 3 kampus yang berlokasi di Alam Sutera (JL Jalur Sutera Barat Kav. 21, Alam Sutera, Tangerang), Kemanggisan (JL K H. Syahdan No. 9 Kemanggisan – Palmerah Jakarta Barat) dan Senayan (FX Sudirman Lt 6).

Jurusan Kuliah di BINUS

Sekolah Akuntansi
Fakultas Teknik
Sekolah Desain
Fakultas Ilmu Komputer
Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas Sistem Informasi
Fakultas Humaniora
Fakultas Komunikasi Digital, Hotel dan Tourism

Biaya Kuliah di BINUS

Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayarkan oleh mahasiswa Universitas BINUS mulai dari 20 sampai 26,5 juta rupiah per semester. Sedangkan untuk biaya sumbangan (DP3) berkisar dari 35 sampai 47 juta rupiah. Selain UKT dan biaya sumbangan, BINUS juga menerapkan uang laboratorium mulai dari 1,75 sampai 4,25 juta rupiah dan uang peralatan sebesar 9,5 juta rupiah yang dibayarkan 1 kali.

Universitas Trisakti

Diresmikan pada tanggal 29 November 1965, Universitas Trisakti merupakan satu-satunya PTS yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui surat keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP). Hingga saat ini Trisakti sudah memiliki 9 fakultas dengan jumlah 23 Program Sarjana dan 5 Program Diploma III. Kampus A Trisakti berlokasi di JL Kyai Tapa No 1, Grogol, Jakarta Barat.

Jurusan Kuliah di Universitas Trisakti

Fakultas Hukum

(Ilmu Hukum)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

(S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, D3 Akuntansi Sektor Publik, D3 Perpajakan, D3 MICE)

Fakultas Kedokteran

(Pendidikan dan Profesi Dokter)

Fakultas Kedokteran Gigi

(Pendidikan dan Profesi Dokter Gigi)

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

(Arsitektur, Teknik Sipil)

Fakultas Teknologi Industri

(Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi)

Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknik Lingkungan

(Arsitektur Lanskap, Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota)

Fakultas Seni Rupa dan Desain

(Desain Interior, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, Fotografi)

Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi

(Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan)

Biaya Kuliah di Universitas Trisakti

Terdapat 3 kategori uang kuliah di Universitas Trisakti, yaitu Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) yang dibayarkan satu kali sebesar 11 sampai 550 juta tergantung dari program studi yang dipilih, biaya praktikum satu kali sebesar 500 ribu sampai 50 juta rupiah, dan BPP Pokok sebesar 4,5 sampai 32 juta rupiah setiap semester.

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma (Gundar) hadir melalui penggabungan antara Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) dan Sekolah Tinggi Manajemen dan Komputer (STMIK) yang sebelumnya sudah lebih dulu didirikan pada tahun 1981 (PPIK) dan 1990 (STMIK). Universitas Gunadarma diresmikan pada tahun 1996 bersamaan dengan 4 fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra.

Universitas Gunadarma memiliki 8 kampus yang tersebar di wilayah Jakarta, Depok dan Bekasi. Kampus Gunadarma yang ada di Jakarta berlokasi di JL Kenari No 13, Jakarta Pusat (Kampus A), JL Salemba Bluntas, Jakarta Pusat (Kampus B) dan JL Salemba Raya No 53, Jakarta Pusat (Kampus C).

Jurusan Kuliah di Universitas Gunadarma

D3 Akuntansi
D3 Kebidanan
D3 Manajemen Informatika
D3 Manajemen Keuangan
D3 Manajemen Pemasaran
D3 Teknik Komputer
S1 Agroteknologi,
S1 Arsitektur
S1 Akuntansi
S1 Design Interior
S1 Ekonomi Syariah
S1 Ilmu Komunikasi
S1 Farmasi
S1 Informatika
S1 Kedokteran
S1 Manajemen
S1 Pariwisata
S1 Psikologi
S1 Sastra Inggris
S1 Sastra Tiongkok
S1 Sistem Informasi
S1 Sistem Komputer
S1 Teknik Elektro
S1 Teknik Industri
S1 Teknik Sipil
S1 Teknik Mesin

Biaya kuliah di Universitas Gunadarma

Biaya kuliah di Gunadarma terdiri dari Biaya Penyelenggara Pendidikan (BPP), Uang Sumbangan Pendidikan (USP), dan biaya Satuan Kredit Semester (SKS). BPP harus dibayarkan per semester mulai dari 1,5 sampai 7,5 juta rupiah tergantung dari program studi yang dipilih.

Adapun USP atau uang pangkal hanya dibayarkan 1 kali selama perkuliahan. Jumlah USP digolongkan menjadi 3 grade, yaitu A, B, dan C. Grade ini ditentukan dari prestasi atau nilai tes masuk siswa.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) merupakan salah satu PTS terbaik di Indonesia, khususnya di Jakarta. Unika Atma Jaya sudah mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pada tahun 2020, Unika Atma Jaya berhasil meraih bintang lima untuk kategori Online Learning Pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga peringkat dunia berbasis di London, Quacquarelli Symonds (QS) Stars.

Saat ini, Unika Atma Jaya sudah memiliki 3 kampus yang berlokasi di Semanggi (Jl. Jend. Sudirman No.51, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan), Pluit (Jl. Pluit Raya No.2, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara) dan BSD (Jl. Raya Cisauk Lapan, Sampora, Kec. Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten 15345).

Jurusan di Unika Atma Jaya

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

(Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan)

Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi

(Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Pariwisata)

Fakultas Pendidikan dan Bahasa

(Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Keagamaan Katolik, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru SD)

Fakultas Teknik

(Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri)

Fakultas Hukum

(Hukum)

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

(Kedokteran, Farmasi)

Fakultas Psikologi

(Psikologi)

Fakultas Teknobiologi

(Bioteknologi, Teknologi Pangan)

Biaya Kuliah di Unika Atma Jaya

Biaya UKT di Unika Atma Jaya berkisar mulai dari 3 sampai 50 juta rupiah per semester, nantinya besaran biaya UKT akan disesuaikan dengan jurusan yang kamu pilih.

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta milik perserikatan Muhammadiyah yang berlokasi di Jakarta, tepatnya di Jl. Limau 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berdiri sejak tahun 1965 dengan nama IKIP Muhammadiyah Jakarta lalu berubah nama menjadi UHAMKA pada tahun 1997, hingga sekarang UHAMKA sudah memiliki 9 fakultas yang bisa dijadikan pilihan bagi para calon mahasiswanya.

Jurusan Kuliah di UHAMKA

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Teknik Industri dan Informatika
Fakultas Ilmu Kesehatan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Farmasi dan Sains
Fakultas Agama Islam
Fakultas Psikologi
Fakultas Kedokteran

Biaya Kuliah di UHAMKA

Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaba) mendatang, UHAMKA menerapkan sistem UKT tiap semester mulai dari 3 juta sampai 40 juta rupiah. Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya per-SKS.

Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara (UNTAR) adalah salah satu universitas swasta tertua yang ada di Indonesia. Sekelompok sosiawan di lingkungan Perhimpunan Sosial Candra Naya mencetuskan ide awal untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi pada tahun 1957. Kemudian disepakati pendirian sebuah yayasan yang diberi nama Yayasan Tarumanagara pada tahun 1959.

Hingga saat ini, Kampus yang berlokasi di JL Letjen S. Parman St, RT.6/RW.16, Tomang, Grogol petamburan, Jakarta itu sudah menjalankan delapan fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Jurusan Kuliah di Universitas Tarumanagara

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

(Manajemen Bisnis, Akuntansi Bisnis)

Fakultas Hukum

(Hukum)

Fakultas Teknik

(Arsitektur, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri)

Fakultas Kedokteran

(Kedokteran)

Fakultas Psikologi

(Psikologi)

Fakultas Teknologi Informasi

(Teknik Informatika, Sistem Informasi)

Fakultas Seni Rupa dan Desain

(Desain Interior, Desain Komunikasi Visual)

Fakultas Ilmu Komunikasi

(Ilmu Komunikasi)

Biaya Kuliah di Universitas Tarumanegara

Biaya kuliah di UNTAR terdiri dari SPP atau yang kita kenal sebagai uang pangkal. Jumlahnya bervariasi mulai dari 17 sampai 45 juta rupiah. Nah, untuk UKT setiap semesternya, kamu akan membayar sekitar 15 sampai 21 juta rupiah tergantung dari jurusan.

Demikian informasi mengenai rekomendasi kampus swasta terbaik di Jakarta lengkap dengan jurusan dan biaya kuliahnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment