10 Universitas Terbaik di Medan Terbaru 2024 Versi EduRank

Memilih universitas yang tepat untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah adalah sebuah keharusan, dan oleh karena itu kali ini kami akan membagikan daftar universitas terbaik di Medan terbaru 2024 bagi anda warga Medan dan sekitarnya maupun dari luar kota atau luar provinsi.

Medan adalah ibukota Provinsi Sumatera Utara yang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Selain itu kota Medan juga memiliki sederet kampus ternama dan terbaik yang bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Berbicara kualitas, bahkan kampus-kampus di Medan bisa setara dengan berbagai kampus ternama di Pulau Jawa. Dengan begitu, bagi anda warga Medan dan sekitarnya pun tidak akan kehabisan pilihan terbaik untuk melanjutkan pendidikan untuk mengejar cita-cita anda.

Sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan daftar universitas terbaik di Medan terbaru 2024 bagi anda warga Medan dan sekitarnya berdasarkan peringkat Edurank yang merupakan lembaga pemeringkatan internasional independen yang berpusat di Amerika Serikat. Kinerja perguruan tinggi secara global diukur melalui kualitas pengajaran, riset, dan citra universitas.

Dalam melakukan pemeringkatan, 100 perguruan tinggi di Indonesia baik itu perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) berhasil masuk dalam daftar EduRank 2023 dan masih relevan untuk 2024 ini. Dan khusus di Kota Medan, terdapat 24 kampus yang masuk dalam daftar yang akan kami bagikan dibawah ini.

Universitas Terbaik di Medan Terbaru 2024

Universitas Terbaik di Medan

Universitas Sumatera Utara

Peringkat di Indonesia: 15
Peringkat di Asia: 506

Universitas Negeri Medan

Peringkat di Indonesia: 52
Peringkat di Asia: 1.043

Universitas HKBP Nonmensen

Peringkat di Indonesia: 117
Peringkat di Asia: 2.547

Universitas Sari Mutiara Indonesia

Peringkat di Indonesia: 130
Peringkat di Asia: 2.769

Universitas Darma Agung

Peringkat di Indonesia: 137
Peringkat di Asia: 2.837

Universitas Medan Area

Peringkat di Indonesia: 158
Peringkat di Asia: 3.048

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Peringkat di Indonesia: 170
Peringkat di Asia: 3.228

Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

Peringkat di Indonesia: 171
Peringkat di Asia: 3.265

Universitas Islam Sumatera Utara

Peringkat di Indonesia: 208
Peringkat di Asia: 3.587

Universitas Potensi Utama

Peringkat di Indonesia: 225
Peringkat di Asia: 3.777

Tips dalam Memilih Kampus yang Tepat untuk Kuliah

Agar anda tidak salah memilih kampus untuk berkuliah, maka berikut kami bagikan beberapa tipsnya yang bisa menjadi masukan anda.

Kenali Minat dan Bakat

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika ingin melanjutkan studi untuk anda adalah mengenali minat dan bakat yang anda miliki. Kenalilah diri sendiri dalam passion yang anda miliki.

Tentukan Jurusan atau Program Studi

Setelah anda mengenali diri anda dalam minat dan bakat, langkah selanjutnya adalah menentukan jurusan atau program studi. Banyak jurusan atau program studi yang ada di kampus Indonesia, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.

Tetapkan kampus yang akan dituju

Setelah anda mengetahui jurusan atau program studi yang akan anda pilih, selanjutnya adalah menentukan kampus. Pilihlah kampus yang menurut anda cocok dengan kriteria yang diinginkan. Anda bisa memilih kampus negeri atau swasta.

Lokasi kampus

Tahapan selanjutnya untuk anda pertimbangkan dalam memilih kampus adalah lokasi kampus. Anda harus mengetahui lokasi kampus tersebut terletak di daerah mana. Tujuannya adalah pengenalan pada kampus yang akan dituju.

Anda bisa mempertimbangkan jauh atau dekat, mudah diakses atau tidaknya kampus tersebut. Hal ini juga menentukan anda ke depannya apakah akan tinggal tetap di rumah atau menyewa kos.

Kenali Fasilitas Kampus

Kemudian, setelah mendapatkan beberapa pilihan kampus dan jurusan. Anda bisa melakukan observasi tentang fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh kampus-kampus tersebut. Tentunya, setiap kampus memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Anda bisa melihat kampus mana saja yang menawarkan fasilitas terbaik atau cocok dengan anda. Fasilitas ini tentunya akan menunjang kegiatan baik akademik dan non-akademik ketika anda berkuliah di kampus tersebut.

Biaya kuliah

Hal yang juga penting ketika berkeinginan untuk kuliah adalah mempertimbangkan biaya kuliah. Jangan sampai ketika berkuliah akan terkendala masalah biaya yang nantinya akan mengganggu kalian ketika berkuliah.

Konsultasi dengan orang tua

Setelah melakukan pertimbangan akan semua langkah di atas, anda bisa mengkonsultasikan kepada orang tua.

Demikian 10 universitas terbaik di Medan yang kami bagikan diatas berdasarkan pemeringkatan oleh EduRank 2023 yang bisa menjadi referensi dan pertimbangan bagi anda dalam memiliki kampus terbaik untuk menjadi pilihan anda. Dengan begitu, anda pun tidak akan menyesali keputusan anda nantinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment