10+ Rekomendasi Universitas Terbaik di Sulawesi Utara dan Terakreditasi

Apakah anda mencari rekomendasi universitas terbaik di Sulawesi Utara dengan ibu kota provinsi Manado, maka anda tepat berada di artikel ini kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi kampus terbaik yang terakreditasi untuk menjadi pilihan anda.

Sulawesi utara merupakan provinsi paling atas pada kepulauan Sulawesi yang memiliki sederet kampus yang populer dan bisa menjadi tujuan bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Tentunya dalam memilih kampus untuk berkuliah, maka diperlukan pertimbangan yang matang sebelum benar-benar memutuskan akan berkuliah dimana. Hal ini penting agar anda tidak salah memilih kampus dan bisa anda sesali di kemudian hari.

Salah satu hal penting yang harus menjadi pertimbangan anda dalam memilih kampus adalah memperhatikan akreditasi kampus tersebut dimana akreditasi adalah kegiatan penilaian yang menentukan kelayakan dari sebuah perguruan tinggi dan prodi. Jadi bisa dikatakan akreditasi merupakan sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi.

Dan oleh sebab itu kali ini kami akan membagikan rekomendasi universitas terbaik di Sulawesi Utara dengan akreditasi yang baik. Penasaran? langsung saja simak daftarnya sebagai berikut.

Universitas Terbaik di Sulawesi Utara

Universitas Terbaik di Sulawesi Utara

Universitas Sam Ratulangi

Universitas Sam Ratulangi juga populer dengan sebutan Unsrat yang merupakan universitas di Sulawesi Utara yang memiliki 11 fakultas dan 83 program studi. Kampus terakreditas A serta berada di peringkat 55 Indonesia tahun 2019.

Universitas Negeri Manado

Universitas di Sulawesi Utara ini juga biasa disingkat dengan sebutan Unima yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Provinsi Sulawesi Utara, yang beralamat bukit Tonsaru Tataaran Tondano yang berdiri pada 22 September 1955. Saat ini Unima memiliki 7 fakultas dan 86 program studi dengan akreditasi B.

Universitas Nusantara Manado

Universitas Nusantara Manado atau disingkat UN merupakan salah satu universitas di Sulawesi Utara yang berdiri pada tahun 1995. UN memiliki 8 program studi yang dirangkum dalam lima fakultas terdiri atas bahasa asing, ekonomi, ilmu komputer, pertanian dan teknik.

Universitas Pembangunan Indonesia Manado

Didirikan sejak tahun 2000, universitas di Sulawesi Utara yang satu ini memiliki enam fakultas yang terdiri atas keperawatan, hukum, teknik, sospol, pertanian dan sastra.

Universitas Parna Raya

Universitas Parna Raya Manado merupakan penggabungan dari STMIK Parna Raya Manado dan juga AMIK Parna Raya Manado yang berdiri pada tahun 2001. Universitas di Sulawes Utara yang satu ini terdiri dari Jurusan Teknik Informatika, Jurusan Sistem Informasi, Jurusan sistem computer, Bisnis Digital, Kewirausahaan dan Jurusan Manajemen Informatika.

Universitas Prisma

Universitas di Sulawesi Utara yang satu ini merupakan perguruan tinggi yang diselenggarakan Yayasan Prisma Indonesia. Universitas ini memiliki dua fakultas yaitu sains dan teknologi, serta fakultas ilmu sosial dan ilmu hukum.

Kedua fakultas ini menaungi 12 program studi yang terdiri dari teknik sipil, arsitektur, sistem informasi, informatika, agribisnis, teknologi pangan, teknik geologi, farmasi, manajemen, akuntansi, pendidikan bahasa inggris dan ilmu hukum.

Universitas Teknologi Sulawesi Utara

Universitas Teknologi Sulawesi Utara atau UTSU ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Manado yang dulunya lebih dikenal dengan sebutan STEKON Harapan Kasih. Kemudian beralih status menjadi universitas pada tanggal 1 Agustus 2007. Memiliki lima fakultas, universitas di Sulawesi Utara satu ini terdiri atas fakultas teknik, Sosial Politik, Komunikasi, Pertanian dan Ekonomi.

Universitas Klabat

Berdiri tahun 1965 dengan nama awal PTK atau Perguruan Tinggi Klabat yang dibina dan diawasi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Universitas di Sulawesi Utara yang memiliki akreditasi B ini memiliki satu program pascasarjana magister manajemen, tujuh fakultas (ekonomi, filsafat, keguruan dan ilmu pendidikan, ilmu keperawatan, ilmu komputer, pertanian) dan akademi sekretaris Klabat.

Universitas Sariputra Indonesia Tomohon

Universitas Sariputra Indonesia Tomohon atau yang biasa disingkat dengan nama Unsrit merupakan universitas di Sulawesi Utara yang dinaungi Yayasan Dharma Bhakti Indonesia Tomohon. Berdiri sejak tahun 1999, universitas ini memiliki empat fakultas, di antaranya jurusan teknik yang terdiri atas program studi teknik sipil, arsitektur, teknik informatika dan teknik computer. Kemudian fakultas ekonomi yang terdiri atas program studi manajemen dan akuntansi.

Kemudian fakultas pertanian yang terdiri atas program studi agribisnis. Terakhir fakultas perikanan yang terdiri atas program studi budi daya perairan.

Universitas Katolik De La Salle Manado

Pendirian Universitas Katolik De La Salle Manado ini merupakan suatu bukti nyata kepedulian Keuskupan Manado atas krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1997. Salah satu Universitas di Sulawesi Utara yang memiliki akreditasi B ini didirikan pada tanggal 7 Agustus tahun 2000.

Universitas De La Salle Manado memiliki tujuh fakultas yang terdiri atas fakultas teknik, hukum, ekonomi, pertanian, keperawatan, pariwisata hingga ilmu pendidikan.

Demikian informasi mengenai rekomendasi universitas terbaik di Sulawesi Utara dengan akreditasi yang baik untuk menjadi bahan pertimbangan bagi anda warga manado dan sekitarnya yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment