10 Universitas Terbaik di Malaysia

Apa saja universitas terbaik di Malaysia? Kamu ingin kuliah di luar negeri dan tidak jauh dari Indonesia? Tenang! ada sebuah negara yang sistem pendidikannya sangat baik, yaitu Malaysia. Perkembangan pesat negara Malaysia, menjadikan negara ini tujuan studi dengan beberapa universitas terbaik di Malaysia yang mungkin bisa jadi pilihan yang cocok untukmu!

universitas terbaik di Malaysia 2

Universitas di Malaysia memang mengalami peruabahan yang cukup signifikan, hal itu dibuktikan dengan peringkat universitas terbaik di Malaysia yang terus naik secara konsisten di QS World University Rankings dalam beberapa tahun terakhir ini.

Salah satu kelebihan lainnya jika kuliah di universitas Malaysia adalah biaya kuliah yang terjangkau, jika dibandingkan dengan biaya untuk kuliah di Eropa atau AS, biaya di negeri jiran ini bisa sampai sepertiganya saja.

Di samping itu, lembaga pendidikan tinggi di Malaysia juga menawarkan berbagai macam program beasiswa dan peluang pekerjaan/magang bagi mahasiswa internasional yang berada di Malaysia.

Nah, apabila kamu tertarik untuk menuntut ilmu di Malaysia, kamu perlu memperhatikan 10 daftar institusi pendidikan tinggi terbaik di Malaysia versi QS World University Rankings 2022 yang suda Datapendidikan rangkum untuk kamu:

Universitas Terbaik di Malaysia

1. Universitas Malaya (UM)

UM menduduki peringkat 54 di QS World University Rankings 2021 namun sekarang turun menjadi Peringkat 65 untuk program studi Teknik dan Teknologi. Selain itu program studi sekolah Bisnis UM mendapatkan 2 akreditasi internasional dari Eduniversal, Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) dan Association of MBAs (AMBA).

2. Universitas Putra Malaysia (UPM)

Universitas Putra Malaysia (UPM) adalah salah satu universitas terkemuka di Malaysia yang fokus pada penelitian. Universitas Putra Malaysia menduduki peringkat 80 di QS World University Rankings 2021 untuk program studi Pertanian dan Kehutanan.

3. Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM)

Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) menempati posisi 13 di QS Top 50 Under 50 2020 (daftar peringkat 50 universitas terbaik di dunia yang didirikan dalam 5 tahun terakhir). Salah satu alumni terkenal adalah Sheikh Muszaphar Shukor adalah seorang astronot pertama dari Malaysia.

4. Universitas Sains Malaysia (USM)

Universitas Sains Malaysia mendapat penghargaan Most Entrepreneurial University of The Year dari Kementerian Pendidikan Malaysia pada tahun 2018.

Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia memberikan status ‘Universitas APEX’ untuk Universitas Sains Malaysia. Hal ini membuktikan bahwa, pemerintah sangat peduli kepada universitas tersebut dengan memberi pendanaan ekstra untuk membantu USM meningkatkan statusnya menjadi institusi kelas dunia.

5. Universitas Teknologi Malaysia (UTM)

Universitas Teknologi Malaysia merupakan universitas tertua di Malaysia, universitas ini di kenal sebagai universitas teknik dan teknologi. Bahkan sebagian besar lulusan program studi teknik di Malaysia adalah alumni dari Universitas Teknologi Malaysia.

Universitas Teknologi Malaysia hanya berfokus pada pendidikan pascasarjana. Oleh karena itu, ada sekitar 56% pelajar di Universitas Teknologi Malaysia berstatus mahasiswa pascasarjana.

6. Universitas Taylor’s University

Institusi Perguruan Tinggi Taylor’s University berada pada posisi ke-17 dalam QS World University Rankings 2021 untuk program studi Hospitality & Leisure Management.

Taylor’s University adalah satu-satunya lembaga pendidikan tinggi yang terletak di Malaysia yang meraih sertifikasi TedQual dari United Nations World Tourism Organisation (UNWTO).

7. Universitas UCSI University

Universitas Musik UCSI menempati peringkat 45 dalam QS World University Rankings 2021 untuk bidang ilmu Performing Arts atau Seni Pertunjukan.

UCSI University adalah satu-satunya institusi pendidikan tinggi swasta pertama di Malaysia yang diakui sebagai Regional Centre of Expertise (RCE) oleh United Nations University.

8. Universitas Teknologi Petronas (UTP)

Universitas Teknologi Petronas merupakan satu-satunya universitas swasta di Malaysia yang mendapat peringkat bintang 6 (tingkat kinerja tertinggi) oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia.

Sama seperti universitas Pertmina, universitas ini sepenuhnya dimiliki Petronas, sebuah perusahaan gas dan minyak Malaysia yang masuk dalam daftar FORTUNE Global 500.

9. Universitas Utara Malaysia (UUM)

Pada tahun lalu tepatnya tahun 2016, UUM mendapat penghargaan Best Eminent Management University in Malaysia dari Global Brands Magazine.

Universitas Utara Malaysia (UUM) menempati peringkat 77 di UI GreenMetric World University Rankings 2020 sebuah Sistem Ranking dari Universitas Indonesia yang menilai tingkat praktik keberlanjutan sebuah universitas.

10. Universitas Management and Science University (MSU)

Management and Science University (MSU) sudah dua kali berhasil mendapat gelar ‘Excellent Status University’ di sistem penilaian universitas nasional di Malaysia.

universitas terbaik di Malaysia 3

Dari riset yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia, ada 98.6% dari alumni universitas Management and Science University yang mendapatkan pekerjaan hanya dalam waktu 6 bulan setelah kelulusan.

Itulah 10 universitas terbaik di Malaysia yang perlu kamu pertimbangkan. Ada banyak sekali universitas di Malaysia namun 10 daftar di atas merupakan universitas terbaik yang ada di Malaysia dan dunia yang berdasarkan versi QS World University Rankings 2022.

Bagaimana apakah sudah menemukan universitas yang cocok? Sebelum memutuskan kuliah di universitas tersebut ada baiknya untuk mempertimbangkan berbagai aspek seperti akreditasi, biaya studi dan beasiswa, lokasi, dan lingkungan sosial.

Leave a Comment