Cara Daftar KIP Kuliah Online Gratis

Cara daftar KIP kulliah online gratis biaya perkuliahan sangat mudah untuk dilakukan bagi calon mahasiswa dan mahasiswi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Di mana program KIP online di peruntukan bagi calon mahasiswa yang memang berasal dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi pada bisang akademik yang baik. Untuk program KIP kuliah berlaku untuk lulusan SMA / SMK / MA dan sederajat yang di setarakan.

Pendaftaran KIP kuliah ini merupakan bagian dari Bidikmisi yang ditunjuk pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan bantuan biaya pendidikan kuliah PTN di harapkan dapat meringankan beban orang tua dalam membayar biaya kuliah hingga lulus. Sebab bagi calon mahasiswa yang terdaftar di KIP akan mendapatkan bantuan hingga lulus kuliah di PTN dan PTS. Misalnya saja jika kamu ingin daftar di Universitas Indonesia, akan mendapatkan gratis biaya kuliah hingga lulus S1.

Bagi mahasiswa yang memang sebelumnya mendapatkan bantuan Bidikmisi dari pemerintah, masih bisa digunakan hingga lulus perkuliahan. Namun jika ingin cara daftar KIP kuliah bisa dilakukan secara gratis sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Pastikan semua persyaratan yang ada sudah dipenuhi dan dilakukan kewajibannya.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP) bagi yang sudah mendapatkan di SMA / SMK / MA bisa langsung melanjutkan untuk penerimaan bantuan. Dan bisa langsung untuk mendapatkan bantuan dari Kemendikbud untuk mendapatkan bantuan KIP kuliah dengan syarat yang harus dipenuhi.

Berbeda bagi yang belum memiliki KIP dan baru mengajukan saat ingin mendaftar PTN/PTS. Dapat mengikuti prosedur pendaftaran yang sudah ada agar bisa mendapatkan kartu tersebut.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah

Cara daftar KIP kuliah

Sebelum tata cara pendaftaran pastikan untuk mematuhi persyaratan yang wajib untuk dipenuhi. Di mana persyaratan tersebut diantaranya adalah:

Persyaratan pendaftaran KIP kuliah gratis

  1. Memiliki potensi akademik yang baik di sekolah berupa prestasi dengan nilai yang bagus dan di tambah bukti dokumen yang kuat dan sah dari sekolah.
  2. Lulus seleksi dari Penerimaan Mahasiswa baru (PMB) lewat jalur undangan Perguruan Tinggi dan diterima di PTN dan PTS yang sudah terakreditasi.
  3. Yang berhak menerika KIP kuliah adalah SMA / SMK / MA dan sederajat. Dan juga maksimal lulus 2 tahun sebelumnya serta memiliki NIK, NISN dan NPSN yang sesuai.

Selain itu juga diwajibkan untuk melakukan pengajuan dokumen sebagai bukti bahwa calon mahasiswa peserta KIP kuliah memang dari keluarga kurang mampu berupa:

  1. Berasal dari program Keluarga Harapan (PKH).
  2. Merupakan salah satu syarat pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  3. Calon mahasiswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
  4. Yang terdaftar di dalam Kartu Indonesia Pintar (KIP).
  5. Calon mahasiswa yang berasal dari panti asuhan atau sosial.

Waktu lamanya program KIP kuliah berlaku

Bagi yang sudah memiliki KIP harus mengetahui masa program dari Kartu Indonesia Pintar ini. Di mana terdapat beberapa jenjang bantuan yang akan berlaku dengan sistem gratis, pastikan sudah melihatnya terlebih dahulu.

Regular

  • Sarjana maksimal 8 semester
  • D4 maksimal 8 semester
  • D3 maksimal 6 semester
  • D2 maksimal 4 semester

Profesi

  • Dokter maksimal 4 semester
  • Dokter giri maksimal 4 semester
  • Dokter hewan maksimal 4 semester
  • Ners maksimal 2 semester
  • Apoteker maksimal 2 semester
  • Guru maksimal 2 semester

Cara daftar KIP kuliah secara online gratis

Selanjutnya adalah kamu harus memahami untuk alur saat pendaftaran di mana mengikuti tahapan dibawah ini:

  1. Calon mahasiswa atau siswa yang ingin melakukan pendaftaran KIP kuliah bisa dilakukan secara mandiri dimana bisa lewat daftar kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau juga bisa download di Android mobile apps KIP kuliah mobile apps.
  2. Lakukan pendafatran dengan klik menu Daftar/Masuk.
  3. Setelah itu klik pada bagian Belum punya akun? Daftar baru.
  4. Masukan berupa NIK, NISN, NPSN dan juga alamat email yang aktif untuk surat menyurat.
  5. Selanjutnya sistem website akan melakukan validasi berupa NIK, NISN dan NPSN apakah sesuai dan layak untuk mendapatkan bantuan.
  6. Jika berhasil mana terdapat KIP kuliah yang mengirimkan nomor pendaftaran serta akses kode ke alamat email aktif terdaftar.
  7. Melakukan penyelesaian pendaftaran KIP kuliah dan pilih atau ikut proses seleksi seperti (SBMPTN, SNMPN, SBNPN dan Mandiri).
  8. Wajib menyelesaikan tahap-tahap yang ada pada website kuliah.kemdikbud.go.id dan isi hingga proses selesai.
  9. Apabila kamu diterima di perguruan tinggi negeri, dilakukannya verifikasi oleh perguruan tinggi negeri bersangkuran sebelum menjadi calon mahasiswa jalur penerima KIP kuliah.

cara daftar kip online portal

Apa saja yang ada di KIP kuliah

Anda wajib mengetahui beberapa hal yang di lakukan mengenai KIP kuliah agar dapat memahami gambaran sepenuhnya dibawah ini.

  1. KIP kuliah tersedia jalur mandiri seperti online cara di atas yang sudah di terangkan.
  2. KIP kuliah juga terdapat dengan jalur lain yakni pihak PTN yang mendaftarkannya.
  3. Pendaftaran KIP gratis 100%.
  4. Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan pada PTN baik biaya masuk pertama kali hingga semester.
  5. Menerima subsidi hidup sebesar Rp 700.000 per/bulan sesuai dengan wilayah masing-masing.

Untuk informasi selengkapnya bisa langsung bertanya ke bidikmisi@ristekdikti.go.id jika terdapat pertanyaan lanjutan lainnya.

Dan untuk semua jadwal Bidikmisi kapan dibuka untuk tahun 2023? silahkan simak di situs berikut https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Leave a Comment