5 Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Saat Mendaftar Berkuliah di Kampus

Banyak calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah yang bingung saat memilih fakultas dan jurusan. Maka dari itu kali ini kami akan membagikan alasan memilih jurusan ekonomi saat mendaftar kuliah di kampus yang bisa menjadi masukan bagi anda dalam menentukan pilihan.

Penting untuk anda ketahui dimana penting memiliki informasi mengenai jurusan kuliah yang akan anda ambil sebelum benar-benar memutuskan untuk memilihnya sebab jangan sampai anda salah memilih dan menyesali di kemudian hari karena ternyata tidak cocok dengan selera anda dan prospek yang anda idam-idamkan.

Jangan sekedar hanya ikut-ikutan teman atau hanya asal memilih, sebab hal ini akan berpengaruh pada masa depan anda dimana dengan memilih jurusan kuliah yang tepat, maka anda pun bisa lebih bersemangat dan fokus untuk mengejar apa yang menjadi cita-cita anda.

Dan sesuai dengan judul diatas, kali ini kami akan membagikan alasan memilih jurusan ekonomi saat mendaftar kuliah di kampus dimana jurusan ini dikenal memiliki banyak peminat dan cocok bagi banyak orang karena prospek kerjanya yang baik. Agar bisa menjadi bahan pertimbangan anda, maka berikut kamu bagikan alasan memilih jurusan ekonomi di kampus yang bisa anda simak dibawah ini.

Alasan Memilih Jurusan Ekonomi

Alasan Memilih Jurusan Ekonomi

Bisa Lebih Memahami Isu-isu Ekonomi yang Sedang Terjadi

Keuntungan pertama dari mempelajari ilmu ekonomi adalah, anda bisa lebih memahami isu-isu ekonomi yang sedang terjadi baik di Indonesia, maupun luar negeri dimana dengan memahami isu-isu ekonomi yang sedang terjadi, anda bisa memiliki solusi yang tepat saat menghadapi masalah ekonomi yang sedang terjadi disekitar anda.

Pengetahuan ini juga akan sangat berguna jika anda memiliki cita-cita untuk menjadi petinggi di bidang ekonomi. Ditambah lagi dengan bekal pemikiran yang kreatif dalam menemukan solusi permasalahan ekonomi, anda bisa membawa perekonomian Indonesia menjadi lebih maju di masa yang akan datang.

Ilmu Ekonomi Memiliki Cakupan yang Luas

Banyak orang yang mengibaratkan dimana jurusan ekonomi ini mirip seperti peribahasa yang berbunyi “sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.” Artinya, dalam satu jurusan ini, anda bisa mempelajari banyak hal sekaligus.

Jurusan ini disebut memiliki cakupan yang luas dikarenakan ilmu ekonomi sendiri memiliki banyak cabang pembelajaran. Terdapat ilmu ekonomi syariah, ekonomi pembangunan, pendidikan ekonomi, kewirausahaan, bisnis digital, manajemen keuangan, aktuaria, perbankan, akuntansi, manajemen dan bisnis, serta masih banyak lagi ilmu ekonomi lainnya yang bisa anda dapatkan dari mengambil jurusan ini.

Peluang Kerjanya yang Sangat Luas

Ilmu ekonomi memiliki banyak topik pembelajaran, maka peluang kerja yang tersedia pun semakin terbuka lebar. Anda bisa menjadi pegawai bank, financial advisor, pengusaha, akuntan, auditor, analis kredit, analis riset pasar, manajer bisnis, dan masih banyak lagi.

Selain itu, jika anda memiliki prestasi yang bagus saat kuliah, anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah lagi, terutama di perusahaan-perusahaan besar. Gaji yang didapatkan pun bervariasi dan dalam jumlah yang terbilang cukup banyak, yaitu berkisar antara 3 – 7 juta rupiah.

Ekonomi Merupakan Ilmu yang Menarik untuk Dikaji

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan, beberapa mahasiswa dari jurusan ekonomi menyampaikan bahwa ilmu ekonomi merupakah salah satu ilmu yang menarik untuk dikaji dimana ilmu yang didapatkan dari hasil pengkajian ekonomi sangat berguna bagi kehidupan anda.

Dengan ilmu ekonomi, selain menjadikan anda lebih bijak dalam mengambil keputusan terhadap masalah ekonomi yang sedang terjadi, dari jurusan ini anda juga bisa mendapatkan ilmu manajemen dan bisnis yang memudahkan bagi anda yang ingin merintis sebuah usaha pribadi. Dari usaha pribadi tersebut, anda juga bisa mendapatkan tambahan uang jajan pribadi, skill baru, dan berbagai keuntungan lainnya.

Pilihan yang Tepat Bagi Anda yang Gemar Berhitung

Apabila di masa sekolah anda adalah orang yang menggemari pelajaran matematika, ekonomi, ataupun pelajaran hitungan lainnya, maka jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat anda dimana anda bisa mengasah kemampuan berhitung anda untuk mendapatkan nilai kuliah yang baik dan diperhitungkan dalam dunia kerja nantinya.

Demikian informasi alasan memilih jurusan ekonomi saat mendaftar kuliah di kampus yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda yang memiliki prospek kerjanya yang luas, gaji yang terbilang cukup layak, serta keuntungan-keuntungan lainnya yang menjadikan jurusan ini sebagai salah satu pilihan yang tepat bagi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment