7 Aplikasi Belajar Online Untuk Pelajaran Sekolah

Apakah anda kesulitan memahami pelajaran di sekolah, atau kewalahan dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian? maka simak 7 aplikasi belajar online untuk pelajaran sekolah yang bisa membantu anda belajar dirumah dan dimana saja.

Di era kemajuan teknologi seperti saat ini pastinya segala hal yang berbau online sudah tidak asing ditelinga anda bukan? dimana dengan teknologi digital online membantu beragam hal dan kebutuhan pengguna perangkat pintar untuk dilakukan secara online tanpa harus keluar rumah.

Hal tersebut mencakup dalam dunia pendidikan dimana saat ini telah hadir beragam aplikasi belajar online yang bisa membantu anda mempelajari pelajaran sekolah tanpa harus mengukuti kursus atau bimbingan belajar diluar sekolah. Aplikasi-aplikasi tersebut ada yang bisa digunakan secara gratis dan juga berbayar. Anda cukup menyediakan sinyal internet yang lancar dan stabil agar proses belajar online bisa berjalan lancar.

Belajar online sendiri dianggap sebagai solusi efektif dan efisien sebagai alternatif belajar dirumah dimana pengguna dapat memilih materi pelajaran yang mereka inginkan, memilih mata pelajaran dan kursus yang diminati. Sehingga tidak heran apabila aplikasi belajar online menjadi salah satu aplikasi yang banyak didownload pengguna saat ini.

Untuk itu kali ini kami akan membagikan 7 aplikasi belajar online untuk pelajaran sekolah yang bisa membantu anda belajar dirumah dan dimana saja untuk anda simak sebagai berikut.

Aplikasi Belajar Online Untuk Pelajaran Sekolah

Aplikasi Belajar Online Untuk Pelajaran Sekolah

Brainly

Aplikasi belajar online yang pertama adalah aplikasi bernama Brainly yang tersedia secara gratis di Android dan iOS, dan anda juga bisa mengaksesnya via situs/web. Di Brainly anda bisa menemukan ragam pilihan mata pelajaran cukup banyak mulai dari SD hingga SMA dan SMK. Menggunakan metode one on one, para pengguna akan saling membantu menjawab pertanyaan yang diajukan siswa lainnya.

Brainly dirancang menguji seberapa jauh pengetahuan siswa akan pertanyaan yang diajukan. Karena tutor profesional hanya tersedia untuk mata pelajaran matematika dan fisika, maka pelajar yang bertanya juga perlu tetap hati-hati ketika menerima jawaban dari pertanyaannya.

Ruang Guru

Selanjutnya adalah aplikasi bernama Ruang Guru yang pastinya bukan nama asing lagi dalam dunia belajar online dimana Ruangguru menyediakan sistem manajemen pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa dan guru untuk mengelola kegiatan pembelajaran kelas virtual melalui Kelas Saya.

Dilayani oleh kehadiran guru online yang tersedia setiap hari selama 16 jam sehari, pembelajaran privat kini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Cara yang cukup sederhana yaitu memotret soal-soal yang sulit, mengunggahnya dan chatting/panggilan suara dengan guru secara online, memungkinkan siswa lebih banyak menggunakan smartphone-nya.

Namun untuk dapat menggunakan ftur lengkap dari aplikasi RuangGuru, maka anda harus membayar biaya berlangganan sesuai dengan paket yang anda inginkan.

Zenius

Zenius merupakan aplikasi Platform pendidikan gratis hingga dengan materi pembelajaran yang lengkap mulai dari SD hingga SMA. Aplikasi ini juga dirancang dengan baik dan memiliki design UI yang bagus.

Aplikasi belajar Zenius menunjang tingkat pendidikan dari SD, SMP, SMA/K bahkan hingga persiapan Perguruan Tinggi ini tentunya berisi banyak mata pelajaran. Dengan menggunakan medium audio-visual, belajar dengan aplikasi ini pun tidak akan membosankan.

Rumah Belajar

Sekedar informasi, Rumah Belajar adalah portal pembelajaran online yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konten pembelajaran disampaikan berdasarkan audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif.

Di Rumah Belajar ini terdapat fitur-fitur seperti sumber belajar, lab virtual, ruang kelas maya, peta budaya, dan lainnya yang dapat diakses untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa. Namun banyak pengguna yang masih mengeluhkan kesulitan dalam membuat akun belajar.

Sekolah.mu

Aplikasi ini menghadirkan berbagai jenjang pendidikan dari TK/PAUD, SD, SMP, SMA/K, hingga persiapan UTBK. Sekolah.mu bahkan hadir bagi anda yang ingin kursus Bahasa Inggris dan belajar Al-Qur’an sehingga bisa dikatakan aplikasi ini pun hadir sebagai “guru” online yang bisa anda akses kapan saja dimana terdapat dua jenis akun yakni berbayar dan gratis.

KelasKita

Selanjutnya adalah kelaskita yang merupakan platform edukasi kreatif berbasis digital yang menghadirkan metode pembelajaran yang unik, praktis, fleksibel, serta menyenangkan, yang bisa diakses oleh siapapun dan dari manapun di seluruh penjuru negeri.

Seluruh kelas tersedia dalam format video yang materinya disampaikan oleh pengajar profesional yang ahli di bidangnya masing-masing. Selain video kelas, tersedia juga artikel-artikel edukatif yang bisa dibaca secara gratis. Menarik bukan? Namun untuk dapat menikmati keseluruhan fitur dari aplikasi ini, maka anda harus membayarkan sejumlah biaya berlangganan.

Quipper

Dan aplikasi belajar online yang terakhir adalah aplikasi bernama Quipper yang merupakan startup pembelajaran online yang dapat anda gunakan untuk kegiatan belajar, di rumah dan di sekolah. Di sekolah, Quipper sering digunakan sebagai pendamping dalam kegiatan pembelajaran formal, seperti wahana untuk mengerjakan PR siswa, kegiatan penilaian atau ulangan harian dan ujian semester.

Quipper sendiri hadir dari London, Inggris dan sudah mengisi berbagai negara lainnya termasuk Jepang, Meksiko, Filipina, dan berbagai negara lainnya.

Sekian informasi mengenai aplikasi belajar online untuk anda pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan belajar anda dimana masing-masing aplikasi diatas memiliki kelebihan dan keistimewaannya masing-masing. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment