Bagaimana Cara Cek Data Mahasiswa di Forlap Dikti?

Apa itu Folap Dikti dan cara cek data mahasiswa di Forlap Dikti bagaimana? Lembaga Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, atau yang lebih dikenal sebagai Dikti, memiliki peran yang penting dalam dunia pendidikan Indonesia.

Sebagai unsur pelaksana di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Dikti bertanggung jawab kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Menurut Permendikbud nomor 45 tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tugas dan fungsi Dikti adalah menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan tinggi akademik. Dalam hal ini, Dikti memiliki peran strategis dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

cara cek data mahasiswa di forlap dikti 2

Sumber Gambar Youtube

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) merupakan lembaga yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan Indonesia. Dikti berada di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri.

Dikti memiliki berbagai fungsi penting dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Fungsi-fungsinya meliputi perumusan kebijakan di bidang pendidikan tinggi akademik, pelaksanaan kebijakan di bidang pembelajaran, kemahasiswaan, kelembagaan, dan sumber daya pendidikan tinggi akademik.

Selain itu, Dikti juga bertanggung jawab dalam perumusan pemberian izin penyelenggaraan perguruan tinggi swasta yang diselenggarakan oleh masyarakat. Hal ini menjadi penting karena dengan adanya izin tersebut, perguruan tinggi swasta dapat beroperasi secara sah dan memenuhi standar kualitas pendidikan yang ditetapkan.

Dengan banyaknya fungsi yang dimilikinya, Dikti memiliki peran yang sangat penting terutama dalam hal administrasi data-data mahasiswa, dosen, dan perguruan tinggi.

Salah satu hal yang menjadi perhatian Dikti adalah data administratif mahasiswa, dosen, dan perguruan tinggi. Untuk mempermudah akses informasi ini, Dikti telah menyiapkan website resmi yang dikenal sebagai Forlap Dikti.

Di website ini, siapapun dapat mengecek data mahasiswa secara lengkap, termasuk status mahasiswa aktif. Hal ini tentu akan memudahkan mahasiswa, dosen, atau pihak perguruan tinggi dalam mengakses dan mengelola data administratif mereka.

Apa itu Forlap Dikti?

Forlap Dikti adalah sebuah platform informasi yang dikelola oleh Pusat Data dan Informasi Iptek Dikti. Platform ini berasal dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) yang berfungsi sebagai database utama informasi mengenai perguruan tinggi di Indonesia.

Fasilitas ini disediakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk memungkinkan masyarakat dapat memeriksa dan mengamati informasi data tentang perguruan tinggi, mahasiswa, dan dosen secara nasional.

Saat ini, masyarakat seringkali mendengar kasus perguruan tinggi yang tiba-tiba ditutup dan tidak menerima mahasiswa lagi, sementara masih ada mahasiswa yang belum menyelesaikan studi di kampus tersebut.

Oleh sebab itu, Forlap Dikti dapat menjadi sebuah panduan dan pengingat bagi masyarakat dan para calon mahasiswa untuk lebih jeli teliti dalam memilih perguruan tinggi.

Dalam Forlap Dikti, terdapat informasi administratif tentang perguruan tinggi, termasuk data mahasiswa, dosen, dan juga data akreditasi.

Sehingga, masyarakat dapat mengecek dan memeriksa status keaktifan mahasiswa, akreditasi perguruan tinggi, serta data lain yang relevan.

Dengan begitu, masyarakat dapat memilih perguruan tinggi yang tepat dan memastikan bahwa mereka memperoleh pendidikan yang berkualitas.

Cara Cek Data Mahasiswa di Forlap Dikti

Berikut adalah panduan lengkap cara menggunakan Forlap Dikti untuk memeriksa data mahasiswa:

  • Kunjungi laman PDDIKTI di pddikti.kemdikbud.go.id
  • Setelah masuk ke PDPT Dikti, masuk ke Menu dan pilih sub menu Pencarian Data, lalu pilih Profil Mhs.
  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman Pencarian data mahasiswa.
  • Masukkan kode perguruan tinggi atau nama perguruan tinggi Anda dengan perlahan lahan, dan sistem akan menampilkan daftar perguruan tinggi sesuai dengan kata kunci Anda.
  • Pilih program studi Anda dan masukkan kata kunci NIM atau nama Anda (NIM lebih disarankan).
  • Masukkan kode captcha dengan benar, lalu klik “Cari Mahasiswa”. Jika captcha masih dianggap salah oleh sistem meskipun sudah benar, ganti atau klik gambar captcha.
  • Anda akan diarahkan ke halaman hasil pencarian data mahasiswa. Selamat, Anda berhasil!
  • Untuk bisa melihat detail mahasiswa yang terdaftar, klik Nama Mahasiswa Anda, dan Anda akan diarahkan ke laman detail profil mahasiswa.
  • Untuk melihat riwayat studi, klik tulisan “Riwayat Study”.

Dengan menggunakan Forlap Dikti, masyarakat dan calon mahasiswa dapat memeriksa informasi mengenai perguruan tinggi, mahasiswa, dan dosen secara mudah dan akurat. Panduan lengkap di atas dapat membantu Anda dalam memeriksa data mahasiswa dengan lebih efisien.

Cara Mengecek Status Perguruan Tinggi di Forlap Dikti

Sebelum memilih perguruan tinggi untuk menempuh studi, sangat penting bagi calon mahasiswa untuk mengecek status perguruan tinggi tersebut.

cara cek data mahasiswa di forlap dikti 3

Sumber Gambar Youtube

Salah satu cara untuk melakukan pengecekan adalah dengan mengakses situs pddikti.kemdikbud.go.id yang menyediakan informasi mengenai status aktif atau nonaktif perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Hal ini dapat menghindarkan calon mahasiswa dari memilih perguruan tinggi yang sedang bermasalah, yang dapat berdampak pada masalah di kemudian hari seperti ditahannya ijazah oleh pemerintah.

Perguruan tinggi yang memiliki label nonaktif di situs Forlap Dikti menunjukkan bahwa mereka sedang mengalami masalah, sehingga calon mahasiswa disarankan untuk memilih perguruan tinggi yang berstatus aktif.

Label nonaktif ini dapat dikeluarkan oleh Kemenristekdikti karena berbagai alasan seperti rasio antara dosen dan mahasiswa yang tidak seimbang atau proses pembelajaran yang tidak sesuai.

Selama berstatus nonaktif, perguruan tinggi tidak dapat menerima mahasiswa baru, tetapi mereka dapat kembali aktif jika berhasil menyelesaikan masalah dan memenuhi rekomendasi dari Kemenristek Dikti.

Oleh karena itu, sangat penting bagi calon mahasiswa untuk melakukan pengecekan sebelum memilih perguruan tinggi agar tidak terjebak dalam masalah di kemudian hari.

Dengan adanya kemudahan akses informasi melalui Forlap Dikti, maka proses pengecekan data mahasiswa menjadi lebih mudah dan cepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan.

Leave a Comment