Harga Masuk Kuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Jika ingin mengetahui harga masuk kuliah di Universitas Jakarta, tentu saja setiap perguruan tinggi memiliki budget yang berbeda, tergantung fakultas dan fasilitas pengajaran yang diterapkan. Meskipun demikian, biaya kuliah harus dibayarkan secara teratur sampai lulus. 

Umumnya biaya kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan berbeda dengan perguruan tinggi swasta, di Universitas PTN biasanya sudah menggunakan UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang dapat meringankan beban mahasiswa atau orang tua untuk bayar kuliah.

Adapun perguruan tinggi di Jakarta yang sudah menerapkan sistem UKT adalah Universitas Negeri Jakarta (UNJ), salah satu universitas favorit yang menjadi tujuan calon mahasiswa untuk  melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

Nah, bagi yang ingin masuk kuliah di UNJ, mari ketahui terlebih dahulu biaya atau harga masuk kuliah di Universitas Jakarta ini. Dimana besaran biaya kuliahnya disesuaikan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dipilih. Berikut ulasannya.

Biaya Kuliah di UNJ dengan Sistem UKT

Mengapa harus memilih kuliah di Universitas Negeri Jakarta? Selain ada banyak fakultas favorit, biaya kuliah di UNJ sudah menggunakan sistem UKT, dimana besaran biaya kuliahnya disesuaikan dengan kelompok penghasilan orang tua mahasiswa.

Jika orang tua mahasiswa memiliki penghasilan rendah, maka biaya kuliah UKT di UNJ yang harus dibayarkan nominalnya kecil, begitu pula sebaliknya. Hal ini karena biaya kuliah UKT menyesuaikan dengan kemampuan ekonomi para orang tua mahasiswa

Untuk mengetahui besaran biaya kuliah UKT di Universitas Negeri Jakarta, berikut ini tabel Uang Kuliah Tunggal di UNJ berdasarkan fakultas dan program studi yang perlu diketahui. 

Image 11
Biaya Kuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) I
Image 11
Biaya Kuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) II

Dari rincian biaya kuliah di atas, bisa diketahui setiap program studi memiliki biaya yang berbeda sesuai dengan kelompok UKT, dimana biaya itu harus dibayar per semester. Adapun kelompok biaya kuliah UNJ dengan UKT berdasarkan kategori berikut ini.

  1. Kelompok I Rp 500.000.
  2. Kelompok II Rp 1.000.000.
  3. Kelompok III Rp 2.700.000 – Rp 4.650.000
  4. Kelompok IV Rp 3.700.000- Rp 6.200.000
  5. Kelompok V Rp 4.000.000 – Rp 7.200.000
  6. Kelompok VI Rp 4.700.000- Rp 8.200.000
  7. Kelompok VII Rp 5.400.000 – Rp 9.300.000.
  8. Kelompok VII Rp 5.700.000- Rp 10.300.000

Untuk mendapatkan biaya atau harga masuk kuliah di Universitas Jakarta terjangkau, maka setiap calon mahasiswa harus masuk melalui jalur seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Nantinya biaya kuliah UKT akan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua.

Biaya Kuliah di UNJ Jalur Mandiri

Berapa biaya kuliah di Universitas Negeri Jakarta melalui Jalur Mandiri? Adapun besaran biaya kuliah jalur mandiri tetap sama seperti melalui SNMPTN dan SBMPTN, namun orang tua mahasiswa dipersilahkan jika ingin membayar UKT kelompok lebih tinggi.

Nantinya para orang tua akan diminta untuk menandatangani kesanggupan membayar UKT sesuai dengan kelompok yang dipilih, kemudian calon mahasiswa harus menginputkan beberapa data ekonomi yang diperlukan saat pendaftaran nanti.

Berdasarkan informasi, di Universitas Negeri Jakarta tidak menerapkan uang pangkal untuk mahasiswa yang diterima melalui Jalur Mandiri, sehingga hanya membayar UKT per semester. Untuk info lebih lanjut, silahkan bisa hubungi pihak kampus terkait.

Itulah informasi tentang biaya atau harga masuk kuliah di Universitas Jakarta, yaitu UNJ yang sudah menggunakan sistem UKT, salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang banyak peminatnya. Yuk, siapkan budget yang dibutuhkan untuk masuk kuliah dari sekarang! 

Leave a Comment