Berapa Biaya Tes IELTS di Indonesia? Begini Harga dan Tarifnya

Apakah anda ingin mengikuti test kemampuan bahasa inggris seperti test IELTS? Mungkin anda sedang bertanya berapa biaya test IELTS di Indonesia? Apabila anda memiliki pertanyaan serupa, maka anda tepat menemukan artikel dimana anda bisa menyimak informasinya sebagai berikut.

sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahasa inggris adalah salah satu bahasa internasional yang aktif digunakan di banyak negara di dunia. Hal ini bertujuan agar komunikasi bisa tetap lancar walaupun mempertemukan pihak yang berbeda dari negara yang berbeda. Dengan demikian, tidak perlu lagi mempelajari bahasa masing-masing negara yang pastinya akan sulit dan membutuhkan waktu yang lama.

Maka dari itu tidak heran apabila bahasa Inggris sudah diajarkan sejak dini di berbagai bangku sekolah agar bahasa inggris menjadi lebih mudah dipahami sebab nantinya kemampuan bahasa inggris akan memiliki peran penting untuk melanjutkan sekolah keluar negeri, atau dalam melamar pekerjaan di perusahaan yang berskala internasional.

Lalu apa itu IELTS? Mungkin bagi banyak orang, IELTS tidak sepopuler dengan nama TOEFL dimana kedua nama ini memiliki fungsi yang sama. IELTS sendiri merupakan singkatan dari International English Language Testing System yang menjadi salah satu tes kemampuan Bahasa Inggris yang mengukur kemampuan anda dalam berbahasa Inggris berdasar standar tertentu, baik untuk tujuan bekerja atau belajar. Seperti halnya TOEFL, anda juga akan menjalani 4 rangkaian tes Bahasa Inggris, yakni mendengarkan (listening), membaca (reading), berbicara (speaking), dan menulis (writing).

Perbedaan IELTS Dan TOEFL

Biaya Tes IELTS di Indonesia

IELTS menjadi salah satu tes yang diakui oleh berbagai universitas di negara Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Hong Kong, Irlandia, Afrika Selatan. Selain itu, juga diakui sejumlah badan profesional dunia seperti Dinas Imigrasi Selandia Baru dan Dewan Media Inggris General Medical.

Sekeda informasi, tes IELTS sendiri tersedia dalam dua format, yakni Akademik dan Pelatihan Umum. Tes IELTS Akademik ditujukan untuk siswa internasional yang ingin melanjutkan studi di institusi pendidikan tinggi di negara berbahasa Inggris, sedangkan tes IELTS Pelatihan Umum cocok untuk anda yang ingin migrasi atau bekerja di negara yang berbahasa Inggris.

Sementara itu, TOEFL merupakan tes berbahasa Inggris dengan aksen Amerika, sedangkan IELTS untuk Bahasa Inggris aksen British. Tes TOEFL dibutuhkan oleh universitas-universitas yang ada di AS dan kanada, sedangkan IELTS biasanya diminta oleh institusi di Australia, Inggris, dan Selandia Baru. Namun, saat ini sudah banyak yang menerima tes TOEFL dan IELTS. Untuk lebih pastinya, anda bisa mencari tahu terlebih dahulu institusi yang akan anda tuju meminta persyaratan hasil tes TOEFL atau IELTS.

Apabila anda ingin masuk ke universitas tertentu, maka skor IELTS yang harus anda capai umumnya berkisar antara 6 hingga 6,5. Akan tetapi, apabila nda ingin masuk ke bidang profesi seperti medis, maka persyaratan skor IELTS-nya pun menjadi lebih tinggi, yakni bisa 7 atau lebih dimana hal tersebut tergantung dengan kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

Berapa Biaya Tes IELTS di Indonesia?

Saat ini, sudah ada banyak lembaga yang menyediakan layanan tes IELTS dengan biaya yang relatif terjangkau. Di Indonesia sendiri saat ini sudah ada beberapa lembaga resmi yang memang ditunjuk langsung oleh IELTS untuk mengadakan tes IELTS, yakni British Council Indonesia Foundation, IALF, dan IDP.

Bagi anda yang penasaran berapa biaya test IELTS di Indonesia, simak informasi terbaru daftar biaya dan lokasi penyelenggaraan tes IELTS di Indonesia.

Indonesia Australia Language Foundation (IALF)

  • Lokasi Test IELTS Jabodetabek, Bali, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Palembang, Makassar, Kupang, Jayapura, Dili – Timor Leste, Jambi, Pekanbaru, Pontianak, Batam, Padang, Mataram
  • Biaya Tes IELTSRp3.150.000

British Council Indonesia Foundation

  • Lokasi Test Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makassar
  • IELTS Academic/General Training (berbasis kertas) : Rp3.150.000
  • IELTS Academic/General Training (berbasis komputer) : Rp3.150.000
  • IELTS untuk UKVI Academic/General Training : Rp3.350.000
  • IELTS Life Skills A1 : Rp2.600.000
  • IELTS Life Skills B1 : Rp2.600.000

Language Development Center Universitas muhammadiyah Purwokerto

  • Lokasi Purwokerto
  • IELTS Simulation Test : Rp200.000

International Development Program (IDP) Education

  • Lokasi test : Jabodetabek, Solo, Pontianak, Medan, Makassar, Batam, Palembang, Pekanbaru, Yogyakarta, Bandung, Semarang
  • IELTS General Training/Academic : USD 215
  • IELTS UKVI : USD 252
  • IELTS Life Skills : USD 189

Sebagai catatan, harga dan biaya test diatas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dengan kebijakan lembagan pendidikannnya. Untuk rekomendasi, bagi Anda yang diharuskan mengikuti IELTS, dan mungkin saja belum siap untuk melakukan tes, maka anda dapat mengikuti persiapan (IELTS Preparation). Contohnya seperti di IALF yang telah disediakan kursus persiapan IELTS yang dapat anda pilih jadwalnya, antara paruh waktu 8 minggu atau Sabtu selama 8 kali berturut-turut.

Demikian informasi mengenai berapa biaya tes IELTS di Indonesia yang sudah tersebar di berbagai kota di tanah air. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment