Cara Melanjutkan Kuliah Saat Kesulitan Biaya dan Tidak Membebani Orang Tua

Apakah anda sedang mencari cara melanjutkan kuliah saat kesulitan biaya atau anda tidak ingin membebani orang tua? Maka anda perlu ketahui dimana terdapat sejumlah cara yang bisa anda tempuh. Bahkan anda pun bisa berkuliah gratis.

Menuntut ilmu setinggi-tingginya pastinya menjadi tujuan dan cita-cita banyak anak bangsa, tetapi sayangnya tidak semua orang mampu mewujudkan mimpi tersebut karena kendala biaya dan berasal dari keluarga tidak mampu.

Namun perlu anda ketahui sebab keterbatasan biaya jangan sampai menjadi penghalang anda dalam menggapai cita-cita anda dimana dengan pendidikan yang tinggi, anda bisa mengangkat harkat dan martabat orang tua dan keluarga anda.

Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan cara melanjutkan kuliah saat kesulitan biaya atau anda tidak ingin membebani orang tua yang bisa anda simak dibawah ini.

Cara Melanjutkan Kuliah Saat Kesulitan Biaya

Mengejar Beasiswa

Cara pertama untuk bisa tetap kuliah saat kesulitan biaya adalah mengejar beasiswa yang menjadi favorit banyak pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Mengejar beasiswa saat berkuliah adalah salah satu cara yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa agar dapat mendapatkan keringanan biaya kuliah.

Terdapat banyak jenis beasiswa yang bisa anda ikuti dengan persyaratan dan bantuan biaya yang juga berbeda. Adapun beasiswa yang paling umum adalah Beasiswa Bidik Misi yang diberikan oleh pemerintah dan ditujukan untuk lulusan SMA atau calon mahasiswa yang kurang mampu. Untuk mendapatkan Beasiswa Bidik Misi ini, terdapat sejumlah syarat yang harus anda penuhi.

Selain Bidik Misi, masih banyak jenis beasiswa yang bisa anda kejar saat anda telah berkuliah, mulai dari beasiswa dari pemerintah, pihak kampus, ataupun dari pihak swasta.

Bekerja Paruh Waktu atau Penuh Waktu

Apabila anda telah bekerja atau ingin bekerja sambil kuliah, ada alternatif kelas kuliah malam yang bisa anda pilih. Saat ini, telah banyak perguruan tinggi yang menyediakan kuliah khusus karyawan yang jadwalnya lebih fleksibel karena dapat disesuaikan dengan waktu kerja anda.

Selain bekerja penuh, anda juga bisa mengambil pekerjaan sebagai part time atau paruh waktu di akhir pekan atau libur semester anda. Contohnya dengan bekerja paruh waktu di kafe, studio, rumah makan, dan lain sebagainya.

Bekerja Secara Freelance

Bagi anda yang memiliki bakat khusus seperti penulis, fotografer, public speaking, dan lain sebagainya, maka anda bisa memilih bekerja secara lepas atau freelance. Berbeda dengan bekerja paruh dan penuh waktu yang biasanya terikat kontrak dengan suatu perusahaan, bekerja secara freelance akan membebaskan anda untuk memilih pekerjaan dan jadwal anda sendiri.

Tidak hanya mendapatkan uang, bekerja secara freelance juga dapat menambah koneksi dan relasi anda yang nantinya sangat berguna ketika anda lulus.

Membuka Usaha

Membuka usaha juga menjadi salah satu alternatif terbaik jika kamu ingin mendapatkan biaya untuk kuliah. Terlebih jika anda memiliki bakat berdagang. Sekaranglah waktu yang tepat untuk anda memulai usaha anda.

Saat ini terdapat banyak ide usaha yang bisa anda coba, seperti makanan, pakaian, dan lain sebagainya. Anda bisa menawarkan usaha anda ke teman atau titipkan di kantin kampus. Selain itu, berdagang di internet juga sangat menggiurkan dan bisa menambah uang untuk biaya kuliah anda.

Menggunakan Pinjaman Pendidikan

Sekedar informasi pinjaman pendidikan atau student loans merupakan bantuan dari lembaga atau institusi tertentu bagi mahasiswa yang ingin membiayai kuliahnya beserta dengan biaya buku dan biaya hidup lainnya.

Berbeda dengan student loan yang ada di luar negeri yang biasanya diselenggarakan oleh pemerintah negara tersebut, student loan di Indonesia dilakukan oleh pihak swasta baik perbankan maupun perusahaan lain yang memberikan pinjaman pembiayaan pendidikan.

Karena sifatnya berupa pinjaman, maka anda wajib untuk mengembalikan dana pinjaman tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan sesuai dengan kesepakatan anda dengan pihak peminjam.

Besaran pinjaman yang diberikan pun berbeda-beda. Persyaratan dan mekanisme pengajuannya pun beragam. Mulai dari pinjaman tanpa bunga, pinjaman berbunga, hingga pendanaan lewat crowdfunding. Salah satu platform terpercaya yang bisa anda gunakan untuk mengajukan pembiayaan pendidikan adalah Danacita.

Ikut Proyek Dosen

Di tengah kesibukannya sebagai dosen, tidak jarang mereka menjalankan proyek-proyek tertentu. Baik itu yang berhubungan dengan dunia dalam kampus, maupun di luar kampus. Anda bisa mengambil kesempatan untuk terlibat dalam berbagai proyek dosen ini karena memiliki banyak manfaat yang sangat berguna. Tidak hanya mendapatkan uang saku atau kompensasi, anda juga akan mendapatkan relasi, dan tentunya berbagai ilmu yang bertujuan untuk pengembangan diri anda.

Rajin Ikut Lomba

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk meringankan biaya kuliah anda adalah dengan ikut berbagai lomba. Saat ini informasi seputar lomba bisa anda dapatkan dengan mudah. Tidak sedikit lomba-lomba tersebut menawarkan hadiah yang sangat banyak, seperti mulai dari perlengkapan kuliah seperti laptop, hp, hingga uang dengan jumlah yang bisa mencapai belasan ataupun puluhan juta.

Anda bisa mengikuti lomba tersebut seorang diri ataupun berkelompok dengan teman anda. Umumnya, jika anda mengikuti lomba dengan membawa nama kampus, anda juga akan mendapatkan uang saku dari pihak kampus.

Demikian informasi mengenai cara melanjutkan kuliah saat kesulitan biaya atau anda tidak ingin membebani orang tua dimana apapun yang anda lakukan, maka penting untuk fokus demi mengejar mimpi-mimpi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment