Cara Mendaftar di Universitas Gadjah Mada

UGM merupakan peringkat pertama di Indonesia dalam versi QS World University Ranking. Di mana di dasarkan dengan banyak kriteria kecangkupan hingga bisa menduduki perguruan tinggi terbaik tanah air. Buat kamu calon mahasiswa di UGM setidaknya mengetahui cara mendaftar di Universitas Gadjah Mada yang bisa di lakukan dengan beberapa pilihan.

Di mana jalur utama yang bisa dilakukan oleh calon mahasiswa UGM adalah dengan mendaftar melalui Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang dikenal dengan nama UTBK SBMPTN. Dan dua pilihan lainnya yang bisa dilakukan oleh calon mahasiswa UGM adalah mendaftar lewat jalur Mandiri dan jalur Prestasi.

Untuk jalur khusus Prestasi sendiri di UGM di bagi menjadi 4 pilihan yakni Penelusuran Unggulan Kemitraan, Penelusuran Bibit Unggul Prestasi, Penelusuran Unggul Tidak Mampu dan Penelusuran Bibit Unggul SMA/SMK/MA dan sederajat yang di khususkan Vokasi.

Bagi yang berminat untuk menjadi calon mahasiswa di Universitas Gadjah Mada silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

mengenal universitas gadja mada

Mengenal Universitas Gadjah Mada

Di mana UGM berlokasi di Jl Bulaksumur, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Di Universitas Gadjah Mada terdiri dari 18 fakultas, di mana dengan dukungan 278 program studi dan setiap tahunnya mampu mencetak 13 ribu lebih mahasiswa dan mahasiswi fresh graduates terbaiknya.

Di mana dari total 50090 mahasiswa yang terdaftar di UGM 62% adalah yang mengambil S1, lalu di susul Pascasarjana sebesar 24%, ahli Profesi & Spesialis 6% dan Diploma sebanyak 8%.

Sementara untuk fakultas rincian yang ada di UGM antara lain:

  1. Fakultas Ilmu Budaya
  2. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan
  3. Fakultas Kedokteran Gigi
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  5. Fakultas Kedokteran Hewan
  6. Fakultas Filsafat
  7. Fakultas Hukum
  8. Fakultas Pertanian
  9. Fakultas Farmasi
  10. Fakultas Psikologi
  11. Fakultas Peternakan
  12. Fakultas Biologi
  13. Fakultas Teknologi Pertanian
  14. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  15. Fakultas Geografi
  16. Fakultas Kehutanan
  17. Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  18. Sekolah Pascasarjana
  19. Sekolah Vokasi

Biaya kuliah di UGM

Untuk biaya kuliah di UGM yang memiliki akreditasi A yang di tetapkan pemerintah memilii standar umum kisaran Rp 6 juta per semester. Yang mana untuk rincian lebih lanjut bisa langsung menghubungi email di info@ugm.ac.id maupun telepon 0274-6492599

Cara mendaftar di Universitas Gadjah Mada

Pendaftaran melalui jalur UTBK-SBMPTN

Di mana jalur ini menggunakan kombinasi yang mana berupa nilai dan skor CBT-UM UGM yang mana semuanya di selenggarakan oleh UGM. Jalur seleksi ini berlaku untuk siswa dan siswi lulusan SMA/SMK/MA/Paket C atau sederajat yang mana maksimal lulusan 3 tahun sebelumnya.

Pada program studi ini bisa memilih untuk program Sarjana S-1, dan juga program Sarjana Terapan.

Untuk jenis tes dilakukan dengan 3 jenis yakni diantaranya:

  1. Kelompok Ujian Sanis dan Teknologi atau Saintek
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora atau Soshum
  3. Kelompok Ujian Campuran atau Saintek dan Campuran.

Dan seluruh peserta yang mengikuti calon mahasiswa jalur seleksi UTBK-SBMPTN wajib memilih salah satu dari kelompok ujian antara Saintek, Soshum atau Campuran.

Pendaftaran melalui jalur Mandiri UGM

Di mana jalur ini di buka langsung melalui situs online dan dapat di akses seluruh calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Cara ini tentunya jalur sendiri yang wajib dilakukan oleh peserta yang ingin mencoba lolos ujian dari seleksi Mandiri.

Bagi yang ingin mengetahui alur ini bisa mengikuti langkah dibawah:

  1. Calon mahasiswa wajib mendaftar melalui form formulir yang sudah di sediakan melalui situs resmi UGM di website https://um.ugm.ac.id/pendaftaran yang mana lakukan pengisan daftar dan login ke halaman tersebut untuk mendaftar.
  2. Setelah itu memilih di antara 2 program studi yang ada jika ingin masuk S1 pilih Program Sarjana dan jika ingin melanjutkan D4 pilih Sarjana Terapan. Dan di urutkan berdasarkan prioritas terlebih dahulu misal S1 di letakan di pertama.
  3. Mengisi dari biodata dan unggah dokumen yang diperlukan sesuai ketentuan berlaku terbaru dari ujian jalur Mandiri UGM. Yang mana di lanjutkan untuk pengiriman data untuk memperoleh kode pebayaran ujian Mandiri.
  4. Calon mahasiswa diwajibkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu jika ingin mengikuti ujian ini, yang mana ikuti sesuai petunjuk yang diberikan saat daftar.
  5. Setelah itu memilih sesi dari CBT-UM.
  6. Dan melakukan cetak bukti dari peserta CBT-UM.
  7. Lalu di lanjutkan dengan mencetak kartu ujian CBT-UM.
  8. Lalu mengikuti CBT-UM yang tertera di jadwal kartu ujian.
  9. Untuk pengumuman akan diberikan sesuai tanggal yang tertera di pengumuman.

Pendaftaran melalui jalur KIP UGM

Selain itu UGM juga membuka jalur prestasi yang di khususkan untuk calon mahasiswa yang berprestasi namun masuk ke dalam kategori tidak mampu. Program ini di buat oleh pemerintah untuk menerapkan program potensi akademik agar bisa berkuliah di PTN negeri.

Sebelum melakukan tes ujian lewat jalur KIP UGM pastikan sudah membuat Kepemilikan Kartu Indonesia Pintar atau KIP.

Untuk tata syarat wajib mengikuti:

  1. KIP berlaku untuk lulusan siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus maksimal berjalan 2 tahun sebelumnya.
  2. Hanya untuk keterbatasan ekonomi dan didukung dengan bukti dokumen.
  3. Lulus ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN sesuai produk akreditas A atau B.

Leave a Comment