Cara Mendaftar di Universitas Indonesia

Bagi yang ingin masuk Universitas negeri salah satu pilihan terfavorite dan bisa sebagai target cita-cita melanjutkan perkuliahan kamu bisa memilih Universitas Indonesia atau yang dikenal UI. Di mana untuk cara mendaftar di Universitas Indonesia atau UI bisa menggunakan beberapa pilihan agar bisa lolos masuk tahap seleksi hingga di terima menjadi mahasiswa.

Bagi yang baru lulus bangku sekolah baik dari SMA/SMK/MA dan sederajat bisa mengikuti 5 jalur agar bisa lolos. Yang pertama melalui jalur SNBP,  yang kedua lewat jalut SNBT, ketiga melalui SIMAK UI atau jalur mandiri dan ke empat lewat KIP kuliah dan kelima jalur UI talentscouting.

Mengenal Universitas Indonesia FISIP

Mengenal Universitas Indonesia

UI merupakan perguruan tinggi atau universitas terbaik yang ada di Indonesia. Di mana saat ini UI menempati posisi kampus nomor satu. Lokasi dari UI beralamat di Pondok Cina, Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat.

Dan merupakan salah satu kampus tertua di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1849 saat jaman penjajahan Hindia Belanda. Sebelumnya bernama Universiteit Indonesia dan di tahun 1955 diubah menjadi nama Universitas Indonesia hingga saat ini.

Selain itu banyak fakultas program studi S1 yang ada di UI antara lain:

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Ilmu Kedokteran
  3. Fakultas Ekonomi & Bisnis
  4. Fakultas Hukum
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Farmasi
  7. Fakultas Psikologi
  8. Fakultas Ilmu Komputer
  9. Fakultas Kedokteran Gigi
  10. Fakultas Ilmu Administrasi
  11. Fakultas Ilmu Keperawatan
  12. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  13. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
  14. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  15. Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam

Mengenai kelengkapnnya bisa simak langsung di website UI https://old.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler.html

Biaya Pendidikan Universitas Indonesia

Untuk beberapa program studi di fakultas Universitas Indonesia ini menerapkan biaya yang berbeda-beda di mana untuk setiap:

  1. Program sarjana reguler
  2. Program vokasi
  3. Program sarjana paralel
  4. Program sarjana ekstensi
  5. Program sarjana kelas internasional
  6. Program profaesi
  7. Program spesialis
  8. Program magister
  9. Program doktoral

Semua biaya tersebut bisa langsung kamu email ke humas-ui@ui.ac.id untuk mendapatkan informasi terbarunya dari setiap tahun ajaran terbaru, sebab setiap tahun memiliki harga yang berbeda-beda untuk biaya pendidikannya.

Cara mendaftar di Universitas Indonesia

Jalur pendaftaran SNBP

Di mana jalur ini merupakan kepanjangan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Jadi seluruh calon mahasiswa yang ingin mendaftar langsung lewat seleksi jalur ini diwajibkan memiliki prestasi yang baik untuk nilai akademiknya.

Nilai akademik pada proses seleksi jalur pendaftaran SNBP dilihat berdasarkan raport dari semester 1 hingga 6 dan juga portfolio akademik yang relevan.

Dan untuk pendaftaran jalur SNBP ini didaftarkan oleh pihak sekolah langsung yang mengisi dan memberikan rekomendasi ke Universitas Indonesia.

Setelah itu siswa wajib melakukan beberapa hal diantaranya:

  1. Mendaftar di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  2. Lalu setelah itu akan mengumumkan siswa dan siswi yangberhak berdasarkan nilai akreditasi sekolah.
  3. Lalu pihak sekolah melakukan Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).
  4. Lalu siswa kembali masuk ke portal web SNBP di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  5. Memilih prodi yang akan dituju.
  6. Mengunggah portoflio bagi yang masuk jurusan bidang seni dan olahraga.
  7. Dan PTN UI akan menyeleksi berdasarkan kriteria yang ada dan hasil kelulusan di umumkan di web SNPMB.

Jalur pendaftaran SNBT

Di mana untuk jalur ini di lakukan berdasarkan tes atau kriteria yang di tentukan kampus UI. Yang mana berlaku untuk SMA/MA/SMK sederajat.

Pastikan untuk mengikuti semua prosedut yang ada untuk tata cara ini. Untuk jalur 2023 ke atas akan menggunakan via online pendaftaran melalui website https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Untuk kuota ini juga terbilang cukup besar yakni sebesar 20% dari total daya tampung mahasiswa.

Jalur pendaftaran SIMAK UI

Jalur pendaftaran SIMAK UI

Di mana jalur ini merupakan tes tertulis secara mandiri dan juga bagi program pendidikan S1 reguler, S1 paralel dan juga vokasi UI.

Untuk tes jenis ini tentunya memiliki biaya pendaftarannya tersendiri. Bagi kamu yang ingin terus menyimak info terbaru mengenai simak UI bisa langsung melihat web ke https://simak.ui.ac.id/

Melalui web simak UI kamu akan mendapatkan informasi mengenai sistem pendaftaran dan biaya lain-lainnya. Di mana akan terus di update setiap tahunnya berdasarkan penerimaan mahasiswa baru.

Cara mendaftar di Universitas Indonesia jalur KIP

Di peruntukan untuk bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah melalui seluruh PTN di Indonesia. Salah satunya UI menerima hak untuk jenis KIP ini.

Syarat utama untuk mengikuti jenis ini adalah memiliki kartu KIP atau kartu untuk siswa dan siswi yang secara ekonomi tidak mampu, namun memiliki prestasi akademik yang cukup baik.

Untuk pendaftaran bisa melalui online di kip-kuliah.kemdikbud.go.id untuk pendaftarannya.

Jalur pendaftaran UI telentscouting

Telentscounting hanya di peruntukan oleh sistem dari UI untuk jalur undangan. Yang mana UI akan mencari siswa dan siswi yang berprestasi dari masing-masing sekolah yang memiliki nilai tinggi.

Dan lebih eksklusif dari jalur ini adalah hanya sekolah yang mendapatkan undangan dari Universitas Indonesia saja yang bisa mendaftarkan jalur ini. Bagi yang gagal lolos atau tidak memenuhi kriteria bisa langsung mengikuti jalur simak UI.

Itulah beberapa cara mendaftar di Universitas Indonesia yang bisa kamu lakukan, pastikan belajar dengan rajin dan sungguh-sungguh ada di terima di UI.

Leave a Comment