Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SD Terbaru (Sakit, Urusan Keluarga, via WA)

Bulan Juli menjadi awal tahun ajaran baru bagi para siswa. Kegembiraan pun menyertai anak-anak di sekolah dasar (SD) yang dapat kembali bertatap muka dalam kegiatan pembelajaran.

Namun, meski sekolah kini kembali menerapkan sistem tatap muka, masih terdapat beberapa alasan anak tidak dapat hadir ke sekolah. Bila tidak hadir ke sekolah maka para siswa SD diwajibkan untuk membuat surat izin sekolah. Seperti apa surat izin SD yang benar? Berikut contoh surat izin tidak masuk sekolah tingkat SD terbaru yang bisa Anda tiru. 

1. Contoh Surat Izin Sakit Siswa Kelas 5 SD

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 5
SD Sukasari 5 Kota Tangerang
di Tempat

Dengan Hormat,

Saya selaku orang tua dari:

Nama: Arya Abimanyu Pamungkas Prawira Putra
Kelas: 5B
Alamat Rumah: Taman Royal 1 Cluster Pinus Blok A2 No 55 Tangerang

Melalui surat ini memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar pada hari Senin, 25 Juli 2022 dikarenakan sedang sakit. Untuk itu, saya memohon Bapak atau Ibu Guru Wali Kelas untuk dapat memberikan izin dan maklumnya. 

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Bapak atau Ibu Wali Kelas saya ucapkan terima kasih.

Tangerang, 25 Juli 2022
Yang Menandatangani, 
Orang Tua Arya

Contoh surat di atas dapat Anda berikan selaku orang tua siswa kepada Bapak atau Ibu Guru Wali Kelas. Selain itu, untuk lebih meyakinkan Anda dapat pula melampirkan surat keterangan sakit dan tidak dapat masuk sekolah dari dokter.

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Via WhatsApp yang Baik dan Benar

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, surat izin sakit atau tidak masuk sekolah tidak harus selalu berbentuk surat yang ditulis di selembar kertas. Tapi bisa juga dikirim melalui sosial media seperti WhatsApp. Terlebih saat masa pandemi melanda, yang mana pertemuan tatap muka masih sangat dibatasi termasuk untuk urusan komunikasi. Sehingga dirasa lebih efektif bila melalui WhatsApp. Berikut contoh surat izin Sekolah SD terbaru melalui sosial media WhatsApp yang baik dan benar.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Selamat Pagi

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 
SD Sukasari 5 Kota Tangerang di Tempat

Dengan hormat, saya selaku orang tua dari Mikaela Azalea kelas 5-A ingin memberitahukan bahwa saat ini anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar pada hari Senin, 25 Juli 2022 dikarenakan sedang sakit. Untuk itu, saya memohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas agar memberikan izin. Demikian yang dapat saya sampaikan. 

Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Urusan Keluarga

Ketidakhadiran seorang anak di sekolah bukan hanya disebabkan oleh sakit saja, melainkan juga bisa karena adanya urusan keluarga yang membuat si anak harus ikut serta dengan orang tuanya. Selaku orang tua, Anda dapat mengajukan permohonan izin dari hari sebelumnya dengan contoh surat izin tidak masuk sekolah seperti di bawah ini.

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas
SD Sukasari 5 Kota Tangerang
di Tempat

Dengan hormat,

Saya selaku wali murid dari Nadia Titis Kamilia kelas 5-C ingin memberitahukan bahwa putri saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa, dikarenakan turut hadir dalam pernikahan saudara kandungnya di Yogyakarta. 

Saya meminta izin untuk hari Senin, 25 Juli 2022 sampai dengan hari Rabu, 27 Juli 2022. Oleh karena itu, saya sangat berharap Bapak/Ibu guru dapat memakluminya.

Demikian surat izin ini saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu Guru dan juga Wali Kelas 5C SD Sukasari Kota Tangerang, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(Tanda Tangan)

Wali Murid
Azril Prawira

4. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Keperluan Mendesak

Kepada Yth.
Bapak / Ibu Guru Wali Kelas 
SD Tunas Harapan Ilahi

di Tempat

Dengan Hormat,

Dengan ini saya selaku wali murid ingin memberitahukan bahwa anak saya yang bernama Aisyah Ubaidillah kelas IV A tidak dapat mengikuti pelajaran karena ada urusan keluarga yang mendesak. Saya berharap Bapak/Ibu Guru Wali Kelas dapat memakluminya.

Atas izin yang diberikan Bapak/Ibu guru, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(Tanda Tangan)
Nama Wali Murid

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengirimkan surat izin kepada pihak sekolah untuk menginformasikan bahwa anak Anda tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa dikarenakan ada urusan mendesak seperti contoh surat di atas.

5. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sedang Berduka

Surat ini diberikan kepada pihak sekolah untuk memberitahukan bahwa anak Anda tidak dapat mengikuti pembelajaran karena ada anggota keluarga yang meninggal dunia dan tidak memungkinkan sang anak untuk masuk sekolah. Berikut contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sedang berduka.

Kepada Yth.
Bapak / Ibu Guru Wali Kelas
SD Al-Biruni

di Tempat

Dengan hormat, 
Saya selaku orang tua / wali murid:

Nama : ………………………………………….. 
Kelas : …………………………………………..
No. Absen : …………………………………………..

Memberitahukan kepada Bapak / Ibu Guru di kelas bahwa anak yang disebutkan di atas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar pada hari Senin, 25 Juli 2022 dikarenakan ada keluarga yang meninggal dunia. Oleh karena itu, kami memohon agar Bapak / Ibu Guru memberikan izin untuk tidak masuk sekolah.

Demikian surat yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak / Ibu Guru di kelas kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Nama Orang Tua

Itulah beberapa contoh surat izin sekolah SD terbaru dari tim Datapendidikan.com yang bisa Anda tiru bila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk keperluan anak Anda.

Leave a Comment