Harga Masuk Kuliah di STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Berapa biaya kuliah dan harga masuk kuliah di STIN? Bagi lulusan SMA atau SMK dan sederajat yang ingin melanjutkan studi ke Sekolah Tinggi Intelijen Negara, ada beberapa persyaratan dan biaya kuliah yang perlu dipersiapkan. Berikut informasinya.

STIN adalah salah satu sekolah kedinasan di Indonesia yang bernaung dibawah Badan Intelijen Negara (BIN), kampus ini telah terakreditasi Unggul oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sehingga mutu pendidikannya terjamin.

Jika ingin kuliah di Sekolah Tinggi Intelijen Negara, calon mahasiswa atau taruna harus mempersiapkan persyaratan masuk STIN, termasuk harus mengetahui biaya kuliah atau harga masuk kuliah di STIN agar bisa mempersiapkan budget yang diperlukan.

Mengapa Harus Kuliah di STIN?

Ada beberapa alasan memilih Sekolah Tinggi Intelijen Negara sebagai tempat pendidikan, terutama bagi yang ingin menjadi agen rahasia Indonesia, serta menjadi anggota intelijen yang berkompeten dalam akademik dan memiliki keahlian profesional.

Dengan melanjutkan pendidikan di STIN, mahasiswa setetelah lulus kuliah nanti akan diangkat menjadi CPNS dan berkesempatan berlatih menjadi Satgas Cyber Indonesia, serta mahasiswa atau taruna memiliki keahlian di bidang Biomedical Hazard. 

Selain itu, STIN juga memiliki keunggulan dari fasilitas pendidikan yang lengkap dan modern, mahasiswa bisa tinggal di asrama dan sudah disediakan konsumsi, serta mendapatkan seragam untuk kuliah. Semua fasilitas dan layanan diperoleh secara gratis.

STIN
Stin

Berapa Biaya Kuliah di STIN?

Sebagai sekolah kedinasan dibawah naungan BIN, STIN memberikan kebebasan biaya bagi yang ingin berkuliah dan mendapat pendidikan tentang ilmu-ilmu intelijen. Artinya, harga masuk kuliah di STIN tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Meskipun demikian, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan masuk kuliah dan lolos seleksi di STIN. Untuk menjadi taruna di sekolah tinggi ini memang butuh perjuangan keras dan memiliki kecerdasan diatas rata-rata agar tidak kalah bersaing.

Bahkan tidak jarang banyak yang berkali-kali ikut tes seleksi di STIN, masih saja tidak lolos karena memang untuk masuk kuliah di sekolah tinggi ini tidak mudah, meskipun STIN memiliki banyak keunggulan dan menjamin karir di masa depan.

Lihat juga: Daftar Lengkap Perguruan Tinggi di Indonesia

Persyaratan Masuk Kuliah di STIN

Bagi kamu yang ingin mencoba mendaftar di STIN, ada beberapa hal yang harus dipenuhi terkait dengan persyaratan masuk sekolah tinggi ini, yaitu diantaranya sebagai berikut: 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan beragama
  2. Tidak pernah terlibat tindak pidana
  3. Berkelakuan baik dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  4. Pendidikan minimal SMA/SMK/MA (bukan lulusan paket C)
  5. Belum pernah menikah dan tidak menikah selama masa pendidikan
  6. Belum pernah lahir (perempuan) dan belum pernah punya anak biologi (laki-laki)
  7. Tidak bertato dan/atau memiliki bekas tato
  8. Tidak bertindik dan/atau bekas tindik pada bagian tubuh tidak lazim (perempuan)
  9. Tidak bertindik dan/atau memiliki bekas tindik pada bagian tubuh manapun (laki-laki)
  10. Sehat jasmani, rohani dan tidak pernah mengalami patah tulang
  11. Bila berkacamata, maksimal ukuran 1 baik + (plus) atau – (minus)
  12. Tidak buta warna
  13. Tinggi badan minimal putra 165 cm dan putri 160 cm
  14. Usia pada tanggal 31 Desember 2022 minimal 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun
  15. Terima persetujuan orang tua atau wali
  16. Seleksi penerimaan taruna STIN tidak dipungut biaya kecuali biaya mengikuti SKD

Untuk informasi persyaratan lengkapnya, silahkan kunjungi halaman website resmi STIN. Jika sudah memenuhi persyaratan tersebut, maka bisa mencoba daftar dan mengikuti tes seleksi.

Demikian informasi mengenai persyaratan dan harga masuk kuliah di STIN, dimana biaya kuliah di Sekolah Tinggi Intelijen Negara ini tidak dipungut biaya apapun, calon taruna cukup memenuhi persyaratan dan mengikuti tes seleksi di STIN.

Leave a Comment