Harga Masuk Kuliah di Sebelas Maret University (UNS) Surakarta

Untuk Anda yang sedang mencari informasi biaya atau harga masuk kuliah di Sebelas Maret University, berikut ini ada rincian biaya yang harus dibayarkan setiap semesternya, serta biaya tambahan bagi yang ikut penerimaan mahasiswa baru lewat jalur mandiri. 

Universitas Sebelas Maret atau UNS Surakarta merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di kota Solo. Di universitas negeri ini terdapat banyak fakultas dan pilihan program studi dengan jenjang pendidikan seperti diploma, sarjana dan pascasarjana.

Seperti PTN lainnya, UNS juga sudah menggunakan sistem UKT yang besaran biayanya berdasarkan penghasilan orang tua. Semakin rendah penghasilan, semakin kecil biaya kuliah yang harus dibayarkan setiap semesternya. Lalu, berapa biaya kuliah di UNS?

Rincian Biaya Kuliah di UNS

Adapun biaya atau harga masuk kuliah di Sebelas Maret University terdiri dari UKT (Uang Kuliah Tunggal), Jalur Mandiri dan Jalur Prestasi. Mahasiswa dapat memilih sesuai dengan kemampuan ekonominya. Untuk lebih jelasnya, berikut rincian biaya kuliah di UNS.

1. Biaya Kuliah UKT 

Untuk calon mahasiswa yang ingin kuliah di UNS dengan sistem UKT, maka harus masuk melalui seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Masuk kuliah jalur ini tidak perlu membayar biaya tambahan, hanya bayar uang semesteran saja sesuai golongannya.

Adapun biaya kulia di UNS dengan Uang Kuliah Tunggal untuk nominal UKT terendah Rp 500.000 dan UKT tertinggi Rp 21.815.000, biaya ini harus dibayarkan setiap semester. Berikut tabel biaya kuliah UNS dengan UKT yang terbagi menjadi 8 kelompok.

Image 8
Biaya kuliah di UNS
Image 9
Biaya Kuliah di UNS 2

Keterangan:

  • UKT Kelompok I Rp 500.000
  • UKT Kelompok II Rp 1.000.000

Dengan masuk jalur SNMPTN dan SBMPTN, biaya atau harga masuk kuliah di Sebelas Maret University disesuaikan dengan penghasilan orang tua, sehingga mahasiswa bisa fokus kuliah tidak terbebani biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

2. Biaya Kuliah Jalur Mandiri

Bagi calon mahasiswa yang masuk kuliah melalui seleksi jalur Seleksi Mandiri Jalur Tulis UNS, maka akan dibebankan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dibayarkan sekali saja selama kuliah, dan tetap bayar biaya UKT per semester.

Adapun uang kuliah UNS melalui jalur Mandiri dikelompokkan menjadi 8 kategori, hanya saja khusus kelompok 4 besaran SPI nominal bisa tak terhingga, tergantung jumlah yang dituliskan calon mahasiswa. Berikut tabel biaya kuliah Jalur Mandiri.

Itulah daftar biaya masuk kuliah di Universitas Sebelas Maret untuk jalur mandiri, dimana nominal biasanya disesuaikan dengan fakultas dan program studi yang dipilih mahasiswa baru. 

3. Biaya Kuliah Jalur Prestasi

Sementara untuk calon mahasiswa yang masuk kuliah melalui Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SM UNS – SMJP), khusus untuk Program Sarjana dibebaskan dari pembayaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), artikelnya tidak perlu membayar uang SPI.

Selain itu, mahasiswa baru pun berhak mendapatkan keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT), bahkan pembebasan biaya kuliah di UNS melalui beasiswa berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Kesimpulan

Jika Anda ingin mendapatkan keringanan biaya kuliah di UNS, maka bisa mengambil jalur penerimaan SNMPTN dan SBMPTN. Termasuk bagi calon mahasiswa berprestasi, maka bisa melalui jalur seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SM UNS – SMJP). 

Sementara melalui Seleksi Mandiri Jalur Tulis UNS, maka dibebankan biaya tambahan berupa Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dilakukan satu kali dan tetap bayar UKT.

Demikian informasi tentang biaya atau harga masuk kuliah di Sebelas Maret University melalui beberapa jalur seleksi, semoga bisa menjadi referensi sehingga bisa mempersiapkan biaya yang dibutuhkan untuk masuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri UNS.

Leave a Comment