Harga Masuk Kuliah di Poltekkes Tanjung Karang

Bagi yang ingin melanjutkan studi di Poltekkes Tanjung Karang, harus mengetahui biaya kuliah di perguruan tinggi negeri ini, sehingga bisa mempersiapkan dana yang dibutuhkan. Lalu, berapa harga masuk kuliah di Poltekkes Tanjung Karang?

Pada pembahasan kali ini akan berfokus pada biaya kuliah yang harus dibayarkan mahasiswa di Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjung Karang. Dengan demikian, mahasiswa nantinya tidak kaget jika ingin mendaftar jadi mahasiswa baru.

Saat ini pendaftaran mahasiswa baru di Poltekkes Tanjung Karang sudah dibuka untuk umum. Ada beberapa jalur penerimaan yang bisa dipilih calon mahasiswa untuk masuk kuliah di Politeknik yang sudah menggunakan UKT ini.

Namun sebelum melakukan pendaftaran, mari cari tahu mengenai harga masuk kuliah di Poltekkes Tanjung Karang. Berapa biaya kuliah per semester? Apakah di Politeknik Kesehatan ini terdapat beasiswa? Berikut ulasan selengkapnya.

Biaya Kuliah Poltekkes Tanjung Karang

Poltekkes Tanjung Karang merupakan perguruan tinggi negeri dibawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sehingga biaya kuliah menggunakan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Dengan sistem UKT, seharusnya tidak ada biaya lainnya, selain hanya biaya UKT yang dibayarkan setiap semester. Namun semua kebijakan biaya kuliah kembali lagi pada peraturan dan ketentuan kampus sebagai penyelenggara pendidikan.

Di Poltekkes Tanjung Karang menggunakan biaya kuliah UKT dengan besaran yang berbeda antar program studinya. Untuk lebih jelasnya, bisa simak tabel biaya kuliah UKT berikut ini.

Harga Masuk Kuliah di Poltekkes Tanjung Karang
Harga Masuk Kuliah di Poltekkes Tanjung Karang

Apakah ada biaya lainnya selain UKT? Berdasarkan informasi, ada biaya lainnya, yaitu Dana Pengembangan Pendidikan (DPP), Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP), Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPSM) dan sebagainya.

Adapun biaya atau harga masuk kuliah di Poltekkes Tanjung Karang selain UKT, berupa biaya yang harus dibayarkan saat registrasi, biaya kuliah ini yang harus dipersiapkan oleh calon mahasiswa baru. Adapun rincian biayanya sebagai berikut: 

  1. DPP sebesar Rp 4.500.000 – 5.000.000 dibayar satu kali
  2. SPP sebesar Rp 1,5 Juta – Rp 3 juta dibayar per semester
  3. PPSM sebesar Rp 400.000 dibayar satu kali
  4. Atribut Almamater Rp 400.000 dibayar satu kali

Itulah besaran biaya kuliah lainnya selain UKT yang harus dibayarkan mahasiswa, dimana biayanya hanya dibayarkan satu kali saja saat melakukan registrasi awal masuk kuliah.

Nah, sementara bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan keringanan bahkan kebebasan bayar biaya kuliah, maka bisa mengikuti program beasiswa yang dibuka untuk mahasiswa yang kurang mampu. Untuk informasinya, simak ulasan di bawah ini.

Beasiswa Poltekkes Tanjung Karang

Untuk mendapatkan beasiswa di Poltekkes Tanjung Karang, mahasiswa harus masuk melalui jalur PMDP Gakin, khusus untuk yang ingin mendapatkan keringanan biaya kuliah.

PMDP Gakin merupakan singkatan dari Penelusuran Minat dan Prestasi Keluarga Miskin. Jadi, mahasiswa berprestasi yang ingin mendapatkan beasiswa, maka harus mendaftar melalui jalur seleksi ini. Tapi harus berasal dari keluarga miskin atau kurang mampu.

Selain itu, calon mahasiswa juga harus menyiapkan persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan beasiswa, seeta mengisi formulir yang disediakan pihak kampus dengan lengkap. 

Untuk informasi lengkapnya tentang beasiswa di Poltekkes Tanjung Karang, silahkan bisa langsung hubungi pihak kampus atau kunjungi halaman website resminya, sehingga bisa menanyakan lebih lanjut detail persyaratan yang harus dipenuhi.

Demikian informasi yang bisa disampaikan terkait dengan biaya kuliah atau harga masuk kuliah di Poltekkes Tanjung Karang, besaran biaya kuliah tergantung dari fakultas dan prodi yang dipilih, serta siapkan biaya lainnya yang perlu dibayarkan saat registrasi.

Leave a Comment