10 Pilihan Jurusan Kuliah Yang Cocok untuk Anak IPS

Bagi anda para lulusan IPS dari sekolah dan bingung menentukan jurusan kuliah yang cocok, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan pilihan jurusan kuliah yang cocok bagi anda para lulusan IPS.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana menentukan jurusan kuliah memang bukan hal mudah sehingga perlu pertimbangan dan persiapan yang sangat matang. Dan bagi anda lulusan IPS, maka penting untuk memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakat anda.

Pilihan jurusan kuliah IPS di Indonesia bagi lulusan SMA/SMK sangatlah beragam dan tidak kalah dengan jurusan anak IPA. Bahkan, prospek kerjanya pun terbilang menjanjikan untuk masa depan. Dengan memilih jurusan yang tepat, maka anda bisa mengejar ilmu dan peluang dengan rasa nyaman tanpa perlu merasa terbebani pelajaran yang tidak menjadi minat anda serta menghindari kesulitan untuk memahami jenis mata kuliah tertentu.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan pilihan jurusan kuliah yang cocok bagi anda para lulusan IPS yang bisa anda simak sebagai berikut.

Jurusan Kuliah Yang Cocok untuk Anak IPS

Jurusan Kuliah Yang Cocok untuk Anak IPS

Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen tidak hanya terdapat dalam bidang ekonomi, tetapi juga dalam bidang pendidikan, pemasaran, perhotelan, perbankan, dan pariwisata. Mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan ini tergantung pada spesialisasi yang diambil. Contohnya dalam jurusan Manajemen Pendidikan, mata kuliah yang akan diajarkan meliputi Manajemen Peserta Didik, Psikologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Perencanaan Pendidikan, dan Humas Pendidikan.

Lulusan dari jurusan Manajemen banyak diminati di dunia kerja dan menjadi salah satu pilihan yang menjanjikan bagi mahasiswa IPS.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan yang sangat diminati oleh calon mahasiswa. Mata kuliah yang diajarkan dalam jurusan ini meliputi jurnalistik, periklanan, komunikasi pemasaran, dan hubungan masyarakat.

Nantinya, mahasiswa akan mempelajari mata kuliah tentang, Komunikasi Massa dan Media, Statistika Sosial, Kajian Media Kritis, Public Speaking, Psikologi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran Sosial, Social Network Analysis, dan lainnya.

Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional cocok bagi mereka yang memiliki minat pada isu-isu internasional. Mata kuliah dalam jurusan ini mendorong pemahaman yang lebih mendalam tentang isu-isu tersebut secara objektif.

Contoh mata kuliah dalam jurusan Hubungan Internasional meliputi Organisasi Internasional, Teori Diplomasi, Studi Keamanan Internasional, Hukum Humaniter, Regionalisme dan Globalisme, Komunikasi Internasional, Migrasi Global, dan lainnya.

Jurusan Kriminologi

Jurusan Kriminologi berfokus pada analisis kejahatan, termasuk pemeriksaan tempat kejadian perkara, sosiologi perilaku menyimpang, sistem peradilan pidana, viktimologi, dan analisis risiko kejahatan. Walaupun jarang diminati, jurusan ini menjanjikan bagi mereka yang berminat dalam bidang tersebut.

Jurusan Hukum/Ilmu Hukum

Jurusan Hukum yang juga dikenal sebagai Ilmu Hukum mencakup berbagai mata kuliah. Seperti Hukum Negara, Hukum Adat, Hukum Perburuhan, Hukum dan Hak Asasi Manusia, Hukum Internasional, Hukum Lingkungan, dan Ilmu Perundang-Undangan.

Selain itu, terdapat mata kuliah pilihan yang terkait dengan spesialisasi tertentu, seperti Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Waris, dan Hukum Perdata Kontemporer.

Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi cocok bagi mereka yang memiliki minat dalam mendengarkan dan memahami orang lain. Mata kuliah dalam jurusan ini berhubungan erat dengan pola perilaku dan kesehatan mental manusia.

Beberapa contoh mata kuliah dalam jurusan Psikologi meliputi Psikologi Klinis, Psikologi Keperawatan, Psikologi Perkembangan Anak, Psikologi Budaya, Coaching dan Mentoring, Hambatan Perkembangan Anak dan Remaja, serta Psikologi Konsumen.

Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi mempelajari transaksi keuangan, laba-rugi, dan perpajakan. Mata kuliah dalam jurusan ini juga mencakup bidang ekonomi dan bisnis. Sebagai contoh, di Universitas Negeri Jakarta, mata kuliah yang diajarkan antara lain Matematika Ekonomi & Bisnis, Bank dan Lembaga Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Pemerintah, Manajemen Keuangan Internasional, Komunikasi Bisnis, dan Pemeriksaan Akuntansi Publik.

Jurusan Sosiologi

Jurusan Sosiologi mempelajari pengetahuan yang lebih dalam tentang materi yang telah dipelajari di sekolah. Contoh mata kuliah dalam jurusan ini meliputi Sosiologi Gender, Sosiologi Fashion, Sosiologi Kesehatan, Sosiologi Pasar dan Konsumsi, Studi Urban dan Regional, Analisis Kriminalitas dan Korupsi, serta Teori Sosiologi Kritis dan Postmodern.

Jurusan Ilmu Administrasi (Negara, Fiskal, Bisnis)

Jurusan Ilmu Administrasi memiliki spesialisasi yang berbeda, seperti Ilmu Administrasi Negara, Fiskal, dan Bisnis. Setiap spesialisasi memiliki mata kuliah yang berbeda pula bergantung pada fokus jurusan yang disediakan masing-masing perguruan tinggi.

Jurusan Ilmu Politik

Jurusan Ilmu Politik menawarkan pemahaman tentang dinamika politik di dalam dan luar negeri. Mata kuliah yang diajarkan dalam jurusan ini meliputi Pemikiran Politik Indonesia, Pengantar Studi Demokrasi, Teori Gerakan Sosial, Kebijakan Publik, dan Militer dan Politik di Negara Berkembang. Lulusan jurusan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam dunia politik dan menerapkan ilmu yang telah dipelajari.

Demikian informasi mengenai pilihan jurusan kuliah yang cocok bagi anda para lulusan IPS yang bisa menjadi referensi agar anda tidak salah memilih jurusan nantinya ketika akan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment