Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Jadi Polisi

Bagi anda yang bercita-cita ingin menjadi penegak hukum atau polisi, maka sebaiknya anda mempersiapkan jurusan kuliah yang akan anda ambil dan bisa mempermudah anda masuk ke Polisi nantinya.

Bukan rahasia umum lagi dimana menjadi polisi adalah cita-cita banyak orang yang ingin menjadi penegak hukum. Maka dari itu tidak heran apabila setiap pendaftaran kepolisian akan selalu ramai dan diserbu para pelamar.

Untuk menjadi polisi terdapat tiga jenis pendaftaran yang bisa dilakukan yakni tamtama, bintara hingga taruna. Dengan tiga jenis tersebut, dapat anda sesuaikan dengan kemampuan anda dan masa pendaftaran yang bisa anda ikuti.

Anda pun bisa tetap menjadi polisi walaupun melanjutkan kuliah terlebih dahulu dimana anda akan masuk pada pada kategori polisi dengan profesi. Berbeda halnya ketika anda mendaftar saat lulus SMA, dimana anda bisa mengambil jalur tantama atau bintara.

Dengan berkuliah terlebih dahulu dan menjadi polisi, maka anda pun bisa mengaplikasikan ilmu yang anda dapat di bangku kuliah pada posisi yang akan anda tempati di kepolisian nantinya.

Untuk itu, kali ini kami akan membagikan rekomendasi jurusan kuliah yang cocok bagi anda yang ingin menjadi polisi ketika anda menyelesaikan kuliah anda nantinya. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Jadi Polisi

Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Jadi Polisi

Jurusan Kedokteran Umum

Jurusan kedokteran umum adalah salah satu studi favorit banyak orang, khususnya bagi lulusan SMA. Namun studi ini juga sangat cocok untuk aparat kepolisian. Kedokteran adalah salah satu pendidikan bidang kesehatan. Mahasiswa kedokteran mempelajari cara menjaga kesehatan, mencegah serta mengobati berbagai penyakit.

Lulusan dari kedokteran umum akan menyandang gelar sebagai dokter. Seperti anda ketahui, Kepolisian Republik Indonesia memiliki institusi kesehatan yakni RS Bhayangkara. Keberadaan rumah sakit tersebut secara otomatis membuat tenaga dokter sangat dibutuhkan. Inilah yang menjadi alasan utama kedokteran adalah jurusan kuliah yang cocok untuk polisi.

Di wilayah kepolisian, dokter memberikan layanan kesehatan baik untuk para anggota maupun masyarakat luas secara umum. Anggota kepolisian sekaligus berprofesi sebagai dokter dinamakan DokPol alias Dokter Polisi. Bukan hanya dokter umum, seorang DokPol juga bisa mengambil pendidikan spesialis.

DokPol dapat menempuh pendidikan dokter spesialis apa saja. Misalnya dokter spesialis kejiwaan (Sp. KJ), spesialis forensik, dan lain sebagainya. Mengingat kedokteran umum adalah program studi dengan ribuan peminat dari calon mahasiswa, maka perlu usaha tinggi agar berhasil diterima.

Jurusan Psikologi

Program studi psikologi juga merupakan jurusan kuliah yang cocok untuk polisi. Ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia serta fungsi mentalnya. Ilmu ini tentunya sangat bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi seorang anggota kepolisian. Karena aparat tersebut akan berhadapan dengan berbagai karakter manusia.

Ini sangat berguna saat mendalami kasus kejahatan. Tindak kejahatan yang dilakukan seorang pelaku pasti memiliki keterkaitan dengan kondisi psikologisnya. Dengan memiliki keilmuan di bidang psikologi, penegak hukum dapat menangani berbagai macam kasus dan tindak kriminal secara lebih baik.

Di samping itu, psikologi termasuk jurusan kuliah yang cocok untuk polisi, karena berkaitan dengan kompetensi dalam perekrutan anggota. Selama ini tentu anda sudah familiar dengan psikotes atau tes psikologi. Namun peran seorang sarjana psikolog juga tidak kalah penting untuk menjadi bagian dari tim penyeleksi. Seperti halnya kedokteran, di psikologi juga terdapat beberapa spesialisasi. Salah satu spesialisasi psikologi yang sangat bermanfaat adalah psikologi forensik.

Jurusan Kriminologi

Jurusan kuliah yang cocok untuk polisi berikutnya adalah jurusan kriminologi. Sebagai aparat penegak hukum, anggota kepolisian pastinya akan sering berhadapan dengan kasus kriminal. Dengan demikian, sudah sangat jelas bagaimana keterkaitan kebutuhan polisi akan pengetahuan tentang ilmu kriminologi.

Kriminologi sendiri mempelajari berbagai aspek tentang kejahatan. Mahasiswa kriminologi akan diajak berpikir bagaimana menganalisis berbagai fenomena kejahatan. Fenomena kejahatan sendiri berkaitan dengan beberapa hal. Aspek dalam tindak kriminal antara lain penyebab, dampak, serta bagaimana penanggulangannya.

Disiplin ilmu kriminologi bukan hanya menjadikan aksi kejahatan sebagai objek satu-satunya. Akan tetapi juga mempelajari berbagai objek terkait lainnya. Fokus bahasan dalam disiplin ilmu kriminologi antara lain pelaku aksi kejahatan, korban, tindak kejahatan, serta respon masyarakat terhadap tindak kriminal itu sendiri.

Ini berarti objek pembelajaran dalam ilmu kriminologi juga mencakup keterkaitan tindak kejahatan dan manusia yang terlibat di dalamnya. Kriminologi adalah jurusan kuliah yang cocok untuk polisi karena banyak manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat mempelajari kriminologi sebagai berikut.

  • Penyelidikan dengan menggunakan ilmu kriminologi dapat membantu pemerintah serta penegak hukum mengungkap tindak kejahatan
  • Hasil penelitian kriminologi dapat dijadikan pertimbangan melakukan perbaikan peraturan perundang-undangan terkait hukum pidana
  • Penelitian kriminologi dapat memperbaiki kinerja aparat penegak hukum

Jurusan Hukum

Ilmu hukum juga merupakan jurusan kuliah yang cocok untuk polisi. Di program studi hukum, anda akan mempelajari segala sesuatu tentang hukum. Polisi sendiri merupakan aparat penegak hukum, dengan demikian memiliki hubungan keterkaitan yang sangat erat dengan hukum.

Maka dari itu, memiliki pengetahuan tentang ilmu hukum di Indonesia sangat dibutuhkan oleh polisi dalam menegakkan hukum itu sendiri. Pada dasarnya, di jurusan ilmu hukum mahasiswa tidak hanya mempelajari segala hal seputar hukum pidana. Apabila berkuliah di program studi ini, anda juga mempelajari hukum lain.

Berikut adalah ilmu-ilmu yang dipelajari di jurusan hukum.

  • Hukum perdata, yaitu rangkaian aturan yang mengatur hubungan antar individu.
  • Hukum pidana, yaitu keseluruhan peraturan yang berlaku di suatu negara, berkaitan erat dengan tindak kriminalitas
  • Hukum internasional, yaitu peraturan-peraturan yang berlaku di dunia internasional
  • Hukum ekonomi, yaitu peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah ekonomi
  • Hukum tata negara, yaitu mendefinisikan hubungan antara berbagai lembaga negara
  • Hukum administrasi negara, yaitu peraturan-peraturan yang mengatur aparatur pemerintah dalam menjalankan tugasnya

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah yang cocok untuk polisi selanjutnya adalah ilmu komunikasi. Program studi ilmu komunikasi mempelajari segala hal tentang cara berkomunikasi. Yaitu proses bagaimana cara menyampaikan pesan secara efektif sehingga dapat sampai kepada sasaran secara tepat. Pada dasarnya tugas polisi adalah mengayomi masyarakat.

Secara otomatis anggota kepolisian harus membangun hubungan yang baik dengan masyarakat. Untuk itu, diperlukan kemampuan berkomunikasi yang baik juga. Di dalam internal institusinya sendiri, kepolisian juga memiliki departemen atau divisi yang bertugas sebagai humas atau hubungan masyarakat.

Bagian tersebut memiliki tugas untuk menyampaikan informasi-informasi penting secara efektif kepada seluruh masyarakat. Di samping itu, informasi seperti pelayanan publik perlu disosialisasikan kepada masyarakat secara efektif. Sehingga informasi tersebut sampai kepada semua lapisan masyarakat.

Jurusan Teknik Informatika

Teknik informatika juga merupakan jurusan kuliah yang cocok untuk polisi. Teknik informatika mempelajari dan menerapkan prinsip ilmu komputer. Selain itu juga mempelajari analisis matematis dalam merancang, menguji, mengembangkan, serta mengevaluasi sistem operasi, software, hingga kinerja komputer.

Di era modern dengan kemajuan teknologi sangat pesat, kemampuan ini sangat dibutuhkan oleh aparat penegak hukum. Terlebih lagi saat ini tindak kriminal seperti penipuan, pencurian, dan sebagainya tidak hanya dilakukan di dunia nyata. Akan tetapi juga dilakukan secara online (cyber crime).

Kasus kejahatan siber (cyber crime) sudah sangat marak. Maka dari itu, peran satuan khusus kejahatan siber dengan kemampuan di bidang teknik informatika sangat penting. Program studi yang layak anda pertimbangkan jika ingin mengambil pendidikan sarjana sekaligus polisi. Karena jurusan tersebut termasuk jurusan kuliah yang cocok untuk polisi.

Demikian informasi mengenai jurusan kuliah yang cocok bagi anda yang ingin menjadi polisi. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment