10+ Jurusan Mata Kuliah yang Tidak Ada Matematika Bagi Anda Anti Hitung-hitungan

Apakah anda ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah tetapi “lemah” Matematika dan ingin menghindar dari pelajaran hitung-hitungan? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan rekomendasi jurusan mata kuliah yang tidak ada matematika bagi anda yang anti hitung-hitungan.

Bukan rahasia lagi apabila dikatakan dimana mata pelajaran matematika sering menjadi momok “menakutkan” bagi banyak pelajar di bangku sekolah bagi yang tidak terlalu menyukai dan menguasai hitung-hitungan dan rumus-rumusan.

Namun hal tersebut bukanlah hal yang aneh sebab setiap orang memiliki minat dan kelebihan masing-masing, sebab bisa jadi pelajar yang tidak pandai dalam pelajaran Matematika tetapi unggul dalam mata pelajaran lainnya dan begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu kali ini kami akan membagikan rekomendasi jurusan mata kuliah yang tidak ada matematika bagi anda yang anti hitung-hitungan dan lemah dalam pelajaran ini, dengan begitu anda pun lebih nyaman berkuliah sesuai dengan minat anda dan menyelesaikan kuliah dengan cepat dan mendaptkan nilai tinggi saat kelulusan nantinya.

Jurusan Mata Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Jurusan Mata Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Ilmu Sejarah

Apabila pada saat di bangku SMA anda memiliki minat tinggi terhadap pelajaran sejarah, maka jurusan Ilmu Sejarah bisa jadi pertimbangan. Di jurusan Ilmu Sejarah, anda akan mempelajari segala hal atau peristiwa di masa lalu, baik itu melalui buku atau literatur, arsip dan dokumen bersejarah, museum, hingga peninggalan sejarah.

Bahasa dan sastra

Bahasa dan sastra menjadi salah satu jurusan yang tidak memiliki mata kuliah matematika maupun hitung-hitungan. Di jurusan ini, anda akan banyak mempelajari teori bahasa atau linguistik dan kesusastraan.

Ada banyak jurusan yang bisa dipilih, mulai dari Bahasa dan Sastra Indonesia, Inggris, Jerman, Jepang, Belanda, Rusia/Slavia, Arab, Prancis, Mandarin, Jawa, dan lain sebagainya.

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi bisa jadi pilihan tepat buat anda yang gemar menulis dan pandai bersosialisasi. Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi akan diarahkan pada peminatan-peminatan mencakup jurnalisme, komunikasi media dan penyiaran, hubungan masyarakat/PR, hingga periklanan.

Antropologi

Antropologi adalah jurusan kuliah yang tidak ada matematika pada mata kuliahnya. Meski tergolong salah satu jurusan sepi peminat, tetapi ada banyak hal menarik yang bisa anda pelajari di jurusan ini.

Antropologi tak cuma mempelajari seluk-beluk manusia dan kebudayaannya, tetapi juga beririsan dengan cabang ilmu lainnya seperti sosiologi, psikologi, ekonomi, kesehatan, teknologi, dan banyak lagi.

Di Indonesia, Jurusan Antropologi ada yang masuk di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) atau Fakultas Ilmu Budaya (FIB), bergantung pada kebijakan masing-masing universitas.

Sosiologi

Sosiologi merupakan disiplin yang mempelajari perilaku dan interaksi manusia di lingkungannya, serta fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat. Jurusan ilmu sosial ini biasanya akan mengarahkan mahasiswa untuk memilih konsentrasi keilmuan antara lain isu lingkungan, perkotaan/pedesaan, pembangunan, gender, kriminalitas, dan sebagainya.

Meski dipadati dengan materi IPS dan tidak terdapat matematika pada perkuliahannya, tetapi anda akan bertemu dengan statistika di tingkat akhir untuk menghasilkan penelitian yang valid.

Ilmu Politik

Di Jurusan Ilmu Politik, anda akan belajar banyak hal mengenai seluk-beluk politik, termasuk mengkaji fenomena sosio-politik di ranah nasional maupun di tataran global. Dengan memilih jurusan ini, anda tak cuma punya peluang kerja sebagai politisi, anggota legislatif maupun parpol saja. Ada banyak potensi karier yang bisa anda kembangkan berbekal wawasan Ilmu Politik yang dimiliki.

Administrasi Pendidikan

Administrasi Pendidikan adalah jurusan yang mempersiapkan lulusannya untuk bekerja sebagai tenaga profesional di lembaga pendidikan, tetapi bukan menjadi tenaga pendidik seperti guru atau dosen.

Anda akan mempelajari seputar manajemen kurikulum, pedagogi, perencanaan pendidikan, dan lainnya. Menariknya, lulusan jurusan Administrasi Pendidikan banyak dicari pada formasi rekrutmen CPNS tingkat daerah hingga provinsi.

Ilmu Perpustakaan

Di jurusan Ilmu Perpustakaan bukan hanya diajarkan untuk mengelola arsip dan buku di perpustakaan dimana anda akan dibekali pengetahuan mengenai teknologi, literasi digital, dan sistem informasi. Nantinya, lulusan sarjana Ilmu Perpustakaan mendapat gelar S.Ip, S.Hum, atau S.Sos, bergantung kebijakan yang berlaku di kampus masing-masing.

Filsafat

Apabila anda tidak suka matematika tetapi senang berpikir dan berdiskusi, maka Filsafat bisa jadi jurusan untuk dipilih. Jurusan Filsafat akan membiasakan mahasiswanya untuk berpikir kritis sekaligus mempelajari berbagai topik maupun fenomena yang terjadi di masyarakat, baik itu sosial, budaya, agama, dan sebagainya.

Seni

Di jurusan seni, anda akan diarahkan untuk menguasai bidang segala hal yang berkaitan dengan seni, mulai dari teori, praktik, hingga pertunjukan atau pemasarannya. Ada banyak pilihan prodi seni, seperti Desain Komunikasi Visual (DKV), seni rupa, seni musik, seni tari, seni kriya, tata busana, desain interior, seni dalang, dan sebagainya.

Hubungan Internasional

Hubungan Internasional atau HI adalah cabang ilmu yang mempelajari dinamika hubungan atau interaksi negara, organisasi, lembaga, atau aktor lain dalam konteks global. Di jurusan ini, anda akan fokus mempelajari teori hubungan internasional, kebijakan luar negeri, diplomasi publik dan politik, studi keamanan dan strategis, hingga kajian transnasionalisme.

Demikian informasi mengenai rekomendasi jurusan mata kuliah yang tidak ada matematika bagi anda yang anti hitung-hitungan. Sebagai catatan, selain daftar di atas, ada pula jurusan lain yang bisa jadi pertimbangan anda lantaran tidak berhubungan dengan matematika dan angka, seperti Keguruan dan Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Bimbingan Konseling, Kesejahteraan Sosial, Kriminologi, dan banyak lagi. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment