5 Kampus Negeri dan Swasta Medan Terbaik, Termasuk Terakreditasi Unggul dan 1 A

Mencari kampus terbaik pastinya menjadi prioritas banyak calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Untuk itu kali ini kami akan membagikan 5 kampus swasta dan Negeri Medan terbaik termasuk kampus dengan terakreditasi unggul dan 1 A.

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia dan ibukota provinsi Sumatera Utara, maka tidak mengherkankan apabila Kota Menda memiliki deretan kampus terbaik yang bisa menjadi pilihan para calon mahasiswa di Medan. Dengan demikian pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi akan selalu terbuka walaupun terdapat beberapa kampus yang memiliki seleksi yang cukup ketat dan kuota mahasiswa yang terbatas.

Pastinya setiap calon mahasiswa menginginkan berkuliah di kampus terbaik dan favorit dimana dengan begitu maka mutu pendidikan dan fasilitas serta sarana penunjang pendidikan pun akan menjadi nilai plus yang didapatkan ketika berkuliah di kampus terbaik. Sehingga pada umumnya, kampus dengan predikat terbaik akan memiliki daftar antrean calon mahasiswa yang panjang dan biasanya memiliki proses seleksi yang ketat untuk memastikan mahasiswa terbaik dan benar-benar fokus belajar yang bisa melanjutkan pendidikan di kampus mereka.

Lalu apa saja kampus terbaik di Medan? Memilih kampus dengan akreditasi terbaik seperti unggul dan 1 A pastinya merupakan nilai dan pertimbangan dalam memilih kampus sebab hal tersebut berarti kampus tersebut telah memiliki standar mutu pendidikan yang tinggi dan Kota Medan pun tidak kekurangan kampus terbaik dengan predikat akreditasi yang baik.

Untuk itu kali ini kami akan membagikan 5 kampus swasta dan Negeri terbaik Medan termasuk kampus dengan terakreditasi unggul dan 1 A yang bisa anda simak sebagai berikut.

5 Kampus Negeri dan Swasta Terbaik Medan

Kampus Terbaik Medan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Pada di posisi pertama di duduki oleh UMSU yang merupakan satu-satunya PTS yang telah mendapatkan akreditasi Unggul. UMSU merupakan sebuah Universitas yang berdiri di bawah persyarikatan Muhammadiyah, UMSU berdiri pada tanggal 27 Febuari 1957 di Kota Medan.

UMSU memperoleh akreditas A pada tahun 2019, dan menjadi Universitas Swasta pertama yang memperoleh akreditasi A di Kota Medan. Lalu pada tahun 2022 UMSU berhasil menjadi kampus swasta pertama yang terkareditasi Unggul.

Universitas Sumatera Utara (USU)

USU merupakan universitas negeri Medan yang telah berdiri sejak 20 November 1957. Pada saat itu USU hanya memiliki beberapa fakultas, seperti Kedokteran, Hukum, Pengetahuan Masyarakat, Keguruan, dan pertanian. Namun pada tahun 2022 USU memperoleh akreditas yang sama dengan UMSU, yaitu akreditas Unggul.

Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Unimed merupakan salah satu universitas terbaik di Kota Medan setelah UMSU dan USU berdasarkan akreditasi. Unimed sendiri merupakan Universitas Negeri yang sudah berdiri sejak 23 Juni 1963.

Pada awalnya Unimed hanya memiliki jurusan pendidikan dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Medan (IKIP Medan). Namun sejak 7 Oktober 1999 IKIP Medan berubah menjadi Universitas dengan menambahkan jurusan Non-dik, seperti Ekonomi, dan Sastra.

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)

Pada di posisi selanjutnya di duduki oleh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Ditahun 2021 ini UINSU menduduki peringkat ke 4 se-Sumatera Utara dengan menduduki perigkat 62 (Indonesia) dan peringkat 4 (Sumatera Utara). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara memiliki bebrepa fakultas yakni sebagai berikut.

  • Ilmu Sosial
  • Syariah dan Hukum
  • Sains dan Teknologi
  • Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Dakwah dan Komunikasi
  • Ushuluddin dan Studi Islam
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat

Universitas Medan Area (UMA)

Dan posisi terakhir kampus terbaik di Medan di duduki oleh Fakultas Psikologi UMA, pernah menjadi satu-satunya fakultas psikologi di luar Pulau Jawa. Tidak heran bila kemudian menjadi fakultas favorit.

Universitas Medan Area atau biasa disebut UMA merupakan perguruan tinggi swasta yang dirintis pada tahun 1983 oleh Haji Agus Salim Siregar. Universitas di Medan ini didukung dengan dua kampus yang berlokasi sangat strategis, termasuk dalam kawasan jantung Kota Medan.

Nama Universitas Medan Area diambil sebagai penghargaan kepada para pejuang 1945 atas perjuangan mempertahankan kemerdekaan di sekitar Kota Medan. Para pejuang tersebut kemudian lebih dikenal dengan sebutan “Pejuang-Pejuang Medan Area”.

Sejak awal berdirinya, UMA membuka 5 fakultas dengan program pendidikan strata satu atau sarjana. Pada tahun akademik 1985/1986, universitas di Medan yang satu ini membuka fakultas psikologi. Istimewanya, Fakultas Psikologi UMA menjadi satu-satunya fakultas psikologi di luar Pulau Jawa kala itu. Tak heran bila sampai sekarang, fakultas ini menjadi fakultas andalan yang banyak diincar calon mahasiswa.

Terdapat 8 fakultas yang mengisi UMA dengan puluhan program studi yang terakreditasi BAN-PT. Jenjang pendidikan yang ditawarkan mulai dari sarjana, magister, dan doktor, semuanya lengkap. Fasilitas kampus yang tersedia pun sangat lengkap, seperti asrama, kebun percobaan, taman hutan raya, sarana olahraga, konsultasi psikologi, dan banyak lagi.

Demikian informasi mengenai 5 kampus swasta dan Negeri Medan terbaik termasuk kampus dengan terakreditasi unggul dan 1 A. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment