Pendaftaran Pondok Pesantren Tebuireng TA 2024/2025 Lengkap Dengan Biayanya

Bagi anda yang mencari informasi pendaftaran pondok pesantren Tebuireng TA 2024/2025, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak informasi lengkap dengan biayanya.

Ponpes atau pondek pesantren Tebuireng adalah salah satu ponpes yang cukup ternama dan terkenal di Indonesia dimana ponpes ini berlokasi di wilayah Jombang, Jawa Timur, atau tepatnya di desa Kesamben. Kepopuleran ponpes ini tentu bukan tanpa alasan, dimana Pesantren Tebuireng telah banyak memberikan kontribusi dan sumbangan kepada masyarakat luas, terutama dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia.

Awalnya, pesantren ini didirikan oleh KH. Hasyim Asy’ari pada tahun 1899 silam. Selain materi pelajaran mengenai pengetahuan agama Islam, ilmu syariat, dan bahasa Arab, pelajaran umum juga dimasukkan ke dalam struktur kurikulum pengajarannya. Di pondok pesantren ini, para santri diajarkan berbagai hal, seperti mengaji kitab kuning, tilawatil Al Quran, dan yang terpenting adalah para santri dilatih supaya memiliki moral yang baik, serta mengamalkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta Tanah Air.

Santri dan siswa dari ponpes ini tidak hanya masyarakat yang berada di area jombang atau jawa timur saja, dimana ponpes ini telah menjadi salah satu rujukan banyak orang tua yang berbagai wilayah di Indonesia untuk memondokkan anaknya di pesantren ini.

Berikut kelas pendidikan di pesantren Tebuireng yang bisa anda simak sebagai berikut.

MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng

Merupakan unit tertua di Tebuireng dan telah berdiri sejak masa kepemimpinan Kiai Abdul Wahid Hasyim. Pada tahun 1951, lembaga ini mendapatkan pengakuan formal di masa kepemimpinan Kiai Abdul Karim Hasyim. Berdasarkan SK No. 001250/BAN-S/M/2009, MTs Salafiyah Syafi’iyah Teb telah mendapatkan status Disamakan dan Terakreditasi A.

Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng

Biasa disingkat MASS Tebuireng, ini merupakan salah satu unit pendidikan formal swasta di bawah naungan Pesantren Tebuireng Jombang, yang merupakan kurikulum terpadu antar-kurikulum pesantren dan kurikulum nasional. Hingga kini, MASS Tebuireng diklaim sudah melahirkan lulusan-lulusan berprestasi di berbagai bidang dan tersebar luas di seluruh pelosok Nusantara.

SMP Abdul Wahid Hasyim Tebuireng

Lembaga yang menyelenggarakan program Advance Learning Class (ALC) sebagai program unggulan, yang dinaungi oleh Pesantren Tebuireng International Standard School (PTISS) dan bekerja sama dengan lembaga University of Cambridge International Examinations (CIE). Ini diklaim sebagai salah satu sekolah yang telah meraih predikat Sekolah Adiwiyata Kabupaten.

SMA Abdul Wahid Hasyim Tebuireng

Secara struktural, SMA AWH berada di bawah naungan Yayasan Hasyim Asy’ari Pesantren Tebuireng dan dalam pembinaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur. Berdiri pada tahun 1975 silam, SMA AWH saat ini menerapkan kurikulum nasional dan menambah kurikulum pesantren seperti akidah akhlak, hadis, fiqh, bahasa Arab, aswaja, dan sejarah kebudayaan Islam.

SMA Trensains Tebuireng

Disebut juga Pesantren Sains, ini adalah salah satu unit pendidikan yang mengombinasikan pesantren dengan sekolah umum di bidang sains. SMA ini tidak menggabungkan materi pesantren dengan ilmu-ilmu umum sebagaimana pesantren modern, tetapi mengambil kekhususan pada pemahaman Al Quran dan hadis, sains alam, serta interaksinya.

Madrasah Muallimin Hasyim Asy’ari

Merupakan lembaga yang lahir atas dasar keinginan mengembalikan nilai-nilai dasar pesantren sebagai lembaga Tafaqquh fi al-din. Materi pelajaran di tempat ini 90 persen adalah materi agama (kitab salaf) dan 10 persen sisanya adalah ilmu umum, serta pendalaman materi pelajaran yang menggunakan metode diskusi atau musyawarah kelas.

Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari

Sejak didirikan sejak pada tanggal 6 September 2006 lalu. Lembaga ini berusaha membangun paradigma baru dengan mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan agama maupun pengetahuan umum secara bersama, sebagai satu kesatuan yang terpadu, dengan menempatkan Al Quran dan hadis sebagai sumber pengembangan keilmuan.

SMK Khoiriyah Hasyim Tebuireng

Berlokasi di Jalan KH Hasyim Asy’ari No. 13, Balong Besuk, Diwek, Kabupaten Jombang. Lembaga ini fokus akan program multimedia, yang bekerja sama dengan beberapa institusi seperti ITS surabaya, Universitas Negeri Surabaya, dan UIN Maliki Malang. Peluang kerja atau usaha yang dibidik adalah pengembangan website, multimedia, game, rumah produksi, dan industri periklanan.

SMP Sains Tebuireng

Lembaga ini beralamat di Jalan Jombang-Pare KM 19, Jombok, Ngoro, Kabupaten Jombang. SMP Sains Tebuireng didirikan oleh KH Salahuddin Wahid, yang bertujuan untuk mengembangkan kepedulian terhadap keagungan Al Quran, agar seluruh perkembangan ilmu pengetahuan selalu dalam bingkai-Nya dan tidak melenceng dari ajaran agama.

Biaya Masuk Pondok Pesantren Tebuireng

Pondok Pesantren Tebuireng

Adapun untuk biaya masuk dan menjadi santri di pondok pesantren Tebuireng bisa bervariasi tergantung dengan jenjang pendidikan yang anda tempuh. Namun sebagai referensi dan gambaran, anda bisa menyimak biaya ponpes Tebuireng pada tahun sebelumnya.

Biaya Pesantren Tebuireng (NON BRIVA)

  • Pendaftaran Rp350.000
  • Biaya Semester Rp1.400.000
  • Pendaftaran Pesantren Tebuireng TA 2024/2025

Bagi anda atau anak anda yang berniat masuk ke pondok pesantren Tebuireng, maka anda bisa langsung mendatangi Panitia PSB Pesantren Tebuireng di Jalan Irian Jaya No. 10, Tebuireng, Cukir, Diwek, Kabupaten Jombang. Anda juga bisa menghubungi panitia di nomor ponsel 0821 1350 2020 (hanya telepon) dan 0857 4972 110 (hanya WhatsApp).

Demikian informasi mengenai pendaftaran pondok pesantren Tebuireng TA 2024/2025 lengkap dengan biayanya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment