Daftar Sekolah Kursus Robotik Private dan Online Beserta Biayanya

Bagi anda para orang tua yang ingin anak kesayangan anda kursus robotik yang saat ini sedang trend, maka anda bisa menyimak daftar sekolah kursus robotik private dan online lengkap dengan biayanya.

Mengapa kursus robotik banyak dicari para orang tua untuk buah hati mereka? sebab dengan belajar robotik (atau robotika) dikatakan mampu meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak, selain juga dapat merangsang berpikir sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan sebuah masalah. Maka dengan semakin banyaknya orang tua yang mengetahui fungsi kursus robotik pada anak, tidak heran apabila saat ini telah hadir berbagai macam sekolah dan lembaga pendidikan kursus robotik secara private dan online dengan biaya yang cukup terjangkau.

Mendengar kata-kata robot pastinya sudah sangat familiar ditelinga anda bukan? dimana robot adalah sebutan untuk sebuah sistem perangkat mekanik yang mampu menjalankan tugas-tugas fisik baik dengan pengaturan dan pengawasan dari manusia sebagai operatornya.

Apabila anda sering melihat film-film holywood bercerita tentang robot seperti transformer hal tersebut merupakan cerita fiksi dimana robot sesungguhnya tidak secanggih seperti yang anda lihat di film dan bisa dapat dengan mudah anda temukan di berbagai kegiatan untuk membantu meringankan tugas manusia seperti di pabrik dimana terdapat robot pengemasan, atau robot-robot sederhana tapi canggih yang dipamerkan di pameran yang didesain untuk memindahkan barang-barang, komponen, atau alat khusus dengan berbagai program yang fleksibel.

Sekedar informasi, secara umum, robot memiliki beberapa komponen wajib dimana komponen pertama adalah manipulator yang berfungsi sebagai penyangga gerakan, base, dan mekanik. Kemudian, controller, yang merupakan jantung dari robot untuk mengontrol (MP, RAM, ROM, sensor, dan lain sebagainya).

Selain itu, ada juga power supply yang merupakan sumber tenaga yang diperlukan robot dan dapat berupa energi listrik, energi tekanan cairan, atau energi tekanan udara. Komponen penting yang terakhir adalah end effect untuk memenuhi kebutuhan dari tugas robot atau si pemakai.

Dengan serangkaian hal dasar dalam merakit sebut robot, maka anak-anak pun akan memiliki banyak ilmu mempelajari tentang robotik yang akan kelak akan menjadi cikal bakal kehidupan di masa depan nantinya.

Selain mampu merangsang berpikir sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan masalah, juga dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak, meningkatkan keterampilan imajinasi dalam mendesain sebuah robot, melatih kerja sama dalam kelompok dan meningkatkan kepercayaan diri, serta melatih kesabaran dan ketekunan dalam membuat suatu proyek.

Daftar Sekolah Kursus Robotik Private dan Online Beserta Biayanya

Sekolah Kursus Robotik Private

Bagi anda para orang tua yang ingin mencari kursus robotik untuk si buah hati anda, maka anda tidak perlu bingung sebab saat ini telah hadir banyak tempat kursur robotik yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan banyak kota lainnya. Untuk informasi lebih lengkapnya, anda bisa menyimak informasinya sebagai berikut.

Robotics Education Center, Cibubur

Pendaftaran : Rp200.000
Level Mosaic (4-6 tahun) : Rp450.000 per bulan
Level Fun with Machine (6-7 tahun) : Rp500.000 per bulan
Level Fun with Programming (7-8 tahun) : Rp550.000 per bulan
Level Mekanik (9+ tahun) : Rp550.000 per bulan
Level Programming (12+ tahun) : Rp600.000 per bulan
Visit : Rp180.000

Robokidz Pakuwon, Surabaya

Kursus : Rp333.900 – Rp524.700 per bulan

Cenari Robotik, Banjarmasin

Registrasi : Gratis
Kursus : Rp350.000 – Rp550.000 per level

Rumah Coding, Depok

Kelas Neutron (TK – 3 SD) : Rp1.580.000
Kelas Inventor (4 SD – 9 SMP) : Rp1.900.000
Kelas SMA dan Umum : Rp2.200.000

Kalananti, Ciputat

Robotic Inventor All Level : Rp5.978.700
Roblox Creator : Rp5.978.800
Makeblock Robotics and Coding Course
Winter Program : Rp2.700.000
Winter Program & Class Program Codey : Rp5.450.000

Robo Club, Bandung

Robot Kreatif 2 : Rp350.000

Sekolah Robot Banjarmasin

Biaya Kursus : Rp90.000 per bulan
Biaya Bahan : Rp150.000 – Rp250.000
Superprof Rp45.000 – Rp200.000 per jam (online)

Artificial Intelligence Center Indonesia, Universitas Indonesia

Future Indonesian Society 5.0 : Rp1.300.000 per bulan (online)

Sebagai catatan, selain daftar diatas masih terdapat beberapa lembaga kursus robotik lainnya yang mengadakan kursus private dan online.

Demikian informasi mengenai daftar sekolah kursus robotik private dan online lengkap dengan biayanya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment