Daftar Kampus untuk Kuliah S2 Online Tanpa Ganggu Aktivitas Kerja Harian

Apakah anda mencari rekomendasi tempat kuliah S2 secara online yang bisa anda jalani tanpa harus mengganggu aktivitas rutin anda sehari-hari? Maka anda bisa menyimak rekomendasi daftar kampus S2 online yang akan kami bagikan dibawah ini.

Melanjutkan program pendidikan S2 menjadi pilihan bagi para sarjana S1 tetapi kadang karena padatnya aktivitas harian seperti bagi yang bekerja, membuat pilihan untuk mengambil S2 menjadi sulit untuk diambil karena sulitnya membagi waktu, dan juga waktu istirahat.

Namun jangan kuatir, bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan S2 tanpa harus mengorbankan waktu jam kerja dan aktivitas harian, maka anda bisa memilih mengambil program S2 secara online dimana metode ini cukup populer dilakukan semasa pandemi Covid 19 kemarin yang menerapkan sistem belajar-mengajar secara online atau daring.

Karena metode ini dianggap berhasil, maka selepas endemi, kuliah online pun masih umum diterapkan di beberapa kampus, termasuk bagi para calon mahasiswa S2 yang ingin mengambil program dengan metode online.

Adapun proses kuliah online sendiri adalah proses belajar-mengajar yang interaktif menggunakan internet sebagai media perkuliahannya. Proses kuliah online biasanya diadakan melalui media komunikasi seperti Zoom atau Google Meet. Dalam proses belajar mengajar, para dosen akan menjelaskan materi dan membuka sesi diskusi 2 arah.

Banyak orang yang menyambut baik tentang proses belajar online dimana proses ini dianggap menjadi solusi untuk pemerataan pendidikan, khususnya penyebaran pengetahuan secara langsung ke seluruh daerah. Selain itu, kuliah S2 secara online juga memberikan beberapa manfaat yang bisa anda simak sebagai berikut.

Keunggulan Kuliah S2 Online/Daring

  • Bisa Kuliah di Mana Saja dan Kapan Saja
  • Kuliah S2 online membuka kesempatan bagimu untuk bisa berkuliah dari mana saja, kapan saja. Bahkan tanpa harus keluar rumah.
  • Tidak Mengganggu Aktivitas Kerja Sehari-Hari
  • Anda tidak harus hadir secara fisik di kelas sehingga kuliah S2 online tidak akan mengganggu aktivitas kerja sehari-hari, terutama jika anda memiliki jam kerja 9-5.
  • Mengasah Kedisiplinan dan Kemandirian
  • Kuliah S2 online akan melatih kemandirian dan kedisiplinan anda, terutama dalam mengatur waktu dan beban pekerjaan serta tugas perkuliahan.
  • Biaya Perkuliahan Lebih Terjangkau
  • Kuliah S2 online membuka kesempatan bagi anda untuk bisa bekerja penuh waktu sambil kuliah. Dengan ini, anda bisa membiayai kuliah anda dengan lebih mudah.
  • Pemerataan Pendidikan
  • Dengan diterapkannya kuliah S2 online, seorang dosen bisa mengajar mahasiswa di berbagai lokasi tanpa harus beranjak dari rumahnya. Mahasiswanya pun bisa berasal dari mana saja, sehingga akses ke pendidikan lebih merata.
  • Proses Perkuliahan Lebih Fleksibel

Jadwal, proses penyampaian materi, bahkan komunikasi antar mahasiswa dengan dosen bisa jadi lebih fleksibel dengan diterapkannya kuliah online.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi daftar kampus S2 online yang bisa anda simak sebagai berikut.

Daftar Kampus S2 Online di Indonesia

tempat kuliah S2 secara online

Telkom University

Telkom University sudah mulai menerapkan sistem pembelajaran online di salah satu bidang S2-nya, yaitu Magister Manajemen Pendidikan Jarak Jauh. Beberapa bidang spesialisasi yang bisa diambil adalah bidang Sociopreneurship, Digital Marketing, Digital Talent Management, Corporate Finance, Finance Technology, dan Digital Business Strategy

Universitas Ciputra Online

Universitas Ciputra menyediakan program perkuliahan bergelar S1 & S2 yang dilaksanakan secara online jarak jauh dan berkualitas yang bernama Universitas Ciputra Online. Menawarkan pembelajaran kuliah secara 100% online dan mandiri melalui platform Learning Management System yang handal, lengkap, mudah diakses, dan terintegrasi.

Selain itu, Universitas Ciputra Online menawarkan akses yang memudahkan mahasiswa belajar dimanapun dan kapanpun cocok untuk anda yang memiliki jadwal aktivitas kerja yang padat. Program studi online yang tersedia di Universitas Ciputra Online:

  • Magister Manajemen (Strategic Marketing Management)
  • Magister Manajemen (Strategic Service Management)
  • Sarjana Informatika
  • Sarjana Manajemen Bisnis

Biaya pendidikan perkuliahan bergelar Universitas Ciputra Online tentunya terjangkau diiringi dengan kualitas belajar mengajar yang unggul oleh dosen pengajar yang berpengalaman.

Universitas Esa Unggul

Di Universitas Esa Unggul, program Kelas Karyawan tersedia secara online, sehingga anda bisa berkuliah sambil bekerja. Jurusan yang tersedia di Universitas Esa Unggul untuk program S2 online bisa anda simak sebagai berikut.

  • Magister Administrasi Publik
  • Magister Ilmu Komputer
  • Magister Ilmu Komunikasi
  • Magister Akuntansi
  • Magister Hukum
  • Magister Manajemen
  • Magister Administrasi Rumah Sakit

Biaya perkuliahan untuk kuliah S2 online di Universitas Esa Unggul berbeda-beda, bergantung pada jurusan atau bidang yang diambil. Biaya tersebut terdiri dari uang pangkal sekitar 5-7 juta Rupiah dan biaya kuliah bulanan sebesar 1,6-2,3 juta Rupiah.

Universitas Terbuka

Universitas Terbuka adalah salah satu kampus yang menyediakan program kuliah S2 online di Indonesia. Ada 6 program pascasarjana yang membuka program kuliah S2 online yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Magister Ilmu Administrasi Bidang Administrasi Publik
  • Magister Manajemen
  • Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan
  • Magister Pendidikan Matematika
  • Magister Pendidikan Dasar
  • Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Biaya pendidikan untuk program Magister online di Universitas Terbuka terdiri dari biaya tes masuk sebesar 750.000 Rupiah/ peserta, dan uang kuliah PPS sebesar 7,45-8,5 juta Rupiah/semester.

Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana tidak hanya membuka program kuliah S2 online saja, tapi anda bisa berkuliah dari S1 hingga S3 secara online. Universitas Mercu Buana memiliki beberapa fakultas dan jurusan, di antaranya adalah program Magister Manajemen, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Akuntansi, Magister Teknik Industri, dan Magister Teknik Elektro.

Biaya awal untuk kuliah S2 online di Universitas Mercu Buana tipe kelas karyawan adalah 3 juta Rupiah, ditambah biaya uang pangkal 11,5-11,9 juta Rupiah dan SPP per bulan 5,8-6,6 juta Rupiah.

Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Universitas Dr. Soetomo Surabaya menyediakan kelas hybrid atau blended learning untuk semua jurusan S2 yang tersedia, dengan porsi 60% tatap muka dan 40% online. Biayanya beragam, tergantung jurusan yang dipilih.

Rata-rata biaya yang dibutuhkan adalah untuk SPP bulanan sejumlah 1,5 juta Rupiah dan biaya herregistrasi sejumlah 300 ribu Rupiah, ditambah biaya konsumsi, dosen pembimbing akademik, bimbingan dan sidang tesis, serta biaya tambahan lainnya.

Universitas Widyatama

Dan rekomendasi selanjutnya adalah Universitas Widyatama yang juga menyediakan kelas hybrid atau blended learning. Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk kuliah S2 di Universitas Widyatama adalah uang pangkal sejumlah 4 juta Rupiah dan biaya kuliah bulanan sebesar 1,5-1,6 juta Rupiah.

Demikian informasi mengenai rekomendasi tempat kuliah S2 secara online yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment