Begini Tips Cara Memilih Jurusan S2 dengan Tepat

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara memilih jurusan S2 dengan tepat dimana anda bisa menyimak beberapa tips cara memilih untuk melanjutkan pendidikan S1 dengan benar dan tidak anda sesali di kemudian hari.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama tingkatan kuliah bisa sangat menentukan sebuah karir pekerjaan seseorang dimana semakin tinggi ilmu pendidikan seseorang pada bidang tertentu maka akan semakin tinggi pula penghargaan dan titel atau gelar yang akan diusung dimana hal ini sangat diperhitungkan dalam dunia pekerjaan dan untuk membedakan dengan orang lain dari tingkat ilmu pendidikan.

Maka dari itu tidak heran apabila banyak orang berlomba-lomba mencari pendidikan tinggi dalam dunia perkuliahan untuk membuat masa depan menjadi cerah dengan jenjang karir yang lancar.

Melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 adalah pilihan setelah menyelesaikan program S1 dimana pilihan ini menarik bagi orang yang melanjutkan kuliah selepas S1 untuk mendapatkan titel atau gelar pendidikan lebih banyak. Selain gelar, tentunya ilmu pendidikan yang diraih setelah menyelesaikan program S2 pastinya akan semakin banyak dan bisa dimanfaatkan untuk masa depan seperti dalam dunia pekerjaan, baik itu dalam bidang profesional maupun akademik.

Namun memilih jurusan S2 tidak bileh sembarangan bagi anda yang berminat melanjutkan program S1 anda dimana terdapat beberapa pertimbangan yang harusnya menjadi masukan anda agar pilihan yang akan anda ambil menjadi keputusan tepat dan juga tidak anda sesali nantinya.

Dan berikut kami bagikan tips cara memilih jurusan S2 dengan tepat untuk menjadi bahan pertimbangan anda dibawah ini.

Tips Cara Memilih Jurusan S2 dengan Tepat

Tips Cara Memilih Jurusan S2

Pertimbangkan bidang yang menjadi passion

Tips pertama adalah penting untuk mempertimbangkan bidang yang menjadi passion maupun minat yangg anda sukai. Sebut saja seperti apabila anda menyukai bidang teknologi, maka anda bisa memilih jurusan komputer atau hal yang berhubungan dengan IT.

Hal ini penting sebab proses pembelajaran di jenjang S2 sangat membutuhkan komitmen dan inisiatif agar anda bisa sukses di masa depan nanti, sehingga anda harus senantiasa terdorong untuk belajar secara mandiri. Dengan menekuni ilmu yang menjadi passion, maka anda dapat lebih mudah menemukan motivasi tersebut.

Ketahui karier yang ingin dicapai

Latar belakang pendidikan bisa menentukan pekerjaan yang dapat diambil, maka dari itu penting untuk tidak lupa mencocokkan pilihan jurusan S2 dengan karier yang ingin dicapai. Contohnya, jika anda ingin berkarier sebagai ahli profesional daripada akademik, maka anda bisa memilih program yang lebih menitikberatkan pemahaman serta praktik industri.

Sebaliknya, apabila anda ingin berkiprah sebagai profesor, maka anda bisa membangun batu loncatan anda dengan memilih program S2 yang berfokus pada penelitian.

Ketahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Tips selanjutnya, anda perlu memastikan bahwa jurusan tersebut sesuai dengan potensi diri dimana potensi diri di sini berarti apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan anda. Contohnya, jika anda merasa kurang mahir dalam ilmu eksakta, maka anda bisa menjatuhkan pilihan pada jurusan S2 yang berkaitan dengan ilmu humaniora, contohnya ilmu komunikasi. Namun, berkaitan dengan poin sebelumnya, jangan lupa mencocokkan program tersebut dengan tujuan karier anda.

Pelajari kurikulum yang ditawarkan jurusan pilihan

Apabila anda sudah mendapatkan gambaran tentang tipe jurusan yang cocok bagi tujuan karier dan potensi diri, maka saatnya untuk mengerucutkan pilihan. Pertama, anda bisa memulai dengan mempelajari apa saja mata kuliah yang akan dipelajari dalam sebuah program studi di setiap universitas.

Lalu kemudian anda bisa lanjutkan dengan peminatan yang tersedia, jika ada. Setelah memperoleh kedua informasi tersebut, bandingkan dengan apakah kurikulum tersebut bisa memenuhi kebutuhan anda terhadap ilmu dan kemampuan yang diperlukan dari karier impian

Perhatikan persyaratan jurusan S2

Umumnya, jurusan S2 tertentu memberlakukan beberapa syarat untuk para calon mahasiswanya agar mereka bisa menjalani kegiatan perkuliahan dengan lebih lancar. Salah satu yang paling sering muncul adalah calon mahasiswa harus merupakan lulusan dari program yang linier atau serupa dengan jurusan pilihan mereka.

Selain itu, ada juga program yang mensyaratkan anda harus memiliki pengalaman bekerja selama beberapa tahun terlebih dahulu. Jadi, sebelum menentukan pilihan, pastikan latar belakang pendidikan dan profesional anda sudah mencukupi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di jurusan impian.

Konsultasikan dengan orang terdekat

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana memilih jurusan S2 untuk kesuksesan masa depan memang merupakan proses yang sulit dan membutuhkan waktu. Tapi, anda tidak perlu menjalaninya sendiri. Apabila anda membutuhkan bantuan untuk menentukan pilihan, maka tidak ada salahnya anda berkonsultasi dengan orang lain yang mengenal seluk-beluk diri anda.

Sebut saja contohnya dimana anda dapat meminta masukan dari orang tua, teman dekat, rekan kerja, atasan. Atau bahkan anda bisa bertanya pada dosen pembimbing dari bangku kuliah S1 tentang kelebihan dan kekurangan diri anda serta prospek karier dari sebuah jurusan.

Demikian informasi mengenai tips cara memilih jurusan S2 dengan tepat yang bisa menjadi referensi anda dalam menentukan pilihan dimana ini penting memilih jurusan berdasarkan passion, keinginan karier, potensi diri, dan keunggulan program tersebut sehingga ilmu yang anda dapatkan bisa berguna untuk anda kedepannya sekaligus anda tetap bisa menikmatinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment