Berapa Biaya Les Kumon?

Apa itu Les Kumon dan berapa biaya Les Kumon? Metode pembelajaran Kumon mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Metode ini diperkenalkan oleh seorang pendidik asal Jepang, Toru Kumon, pada tahun 1958, dan sejak itu telah menjadi sistem pendidikan Matematika dan Bahasa Inggris terbesar di dunia.

biaya les kumon 3

Kumon menggunakan pendekatan yang unik di mana para siswa belajar mengerjakan lembar kerjanya secara mandiri tanpa perlu diajari, dimulai dari level yang paling mudah hingga mencapai level yang lebih sulit.

Metode ini telah digunakan oleh lebih dari 4 juta anak di dunia dan lebih dari 26.000 lembaga pendidikan Kumon yang tersebar di sekitar 47 negara.

Program Pembelajaran Kumon

Kumon, sebagai sistem pendidikan terbesar di dunia dalam bidang Matematika dan Bahasa Inggris, menawarkan beberapa pilihan program pembelajaran yang dapat dipilih oleh siswa sesuai dengan kebutuhan mereka.

1. Program Matematika

Program ini dirancang untuk membantu siswa menguasai kemampuan berhitung yang diperlukan untuk maju ke bahan Matematika di tingkat SMA.

Mulai dari konsep dasar hingga konsep yang lebih kompleks, siswa akan diajarkan untuk mengembangkan pemahaman mereka terhadap Matematika dengan mengerjakan lembar kerja secara mandiri.

2. Program Bahasa Inggris (EE Program)

Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca dalam Bahasa Inggris dengan baik dan dapat membaca secara luas. Siswa akan diberikan lembar kerja yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan membaca mereka, mulai dari bacaan yang sederhana hingga bacaan yang lebih kompleks, sehingga mereka dapat menguasai Bahasa Inggris dengan baik.

3. Program Bahasa Inggris (EFL Program)

Program ini ditujukan untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris yang umum dengan baik. Siswa akan belajar keterampilan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis dalam Bahasa Inggris melalui lembar kerja yang dirancang khusus.

4. Program Keterampilan Menggunakan Pensil

Program ini diperuntukkan bagi anak-anak yang masih kecil atau prasekolah untuk memperoleh keterampilan dasar dalam mengontrol pensil. Melalui latihan-latihan yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak, mereka akan belajar menggambar, mewarnai, dan mengontrol pensil dengan baik.

Kumon, sebagai sistem pendidikan global terkemuka, menawarkan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada kemampuan dan kecepatan belajar masing-masing anak.

Dalam program Kumon, anak-anak diberikan materi belajar yang sesuai dengan kemampuan mereka, sehingga mereka dapat menguasai materi pelajaran dengan tepat dan efisien.

Salah satu keunggulan dari metode pembelajaran Kumon adalah fleksibilitas waktu yang diberikan untuk mencapai kemajuan belajar.

Karena setiap anak memiliki kecepatan belajar yang berbeda, waktu yang diperlukan untuk mencapai materi setara tingkatan kelas bisa berbeda-beda.

Namun, dengan mengikuti program Kumon secara kontinu setiap hari, anak-anak dapat mencapai materi setara tingkatan kelas mereka dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun. Setelah itu, mereka akan maju ke level yang lebih tinggi dari tingkatan kelas mereka di sekolah.

Biaya Les Kumon

Berikut adalah rincian biaya les kumon di setiap daerah yang sudah kami rangkum dan perlu Anda ketahui:

Area 1:

Biaya Pendaftaran: Rp280.000

Biaya Bulanan:

  • Prasekolah – SD: Rp480.000
  • SMP – SMA: Rp530.000

Wilayah yang termasuk dalam Area 1 adalah Banten, Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Karawang (Karawang Barat, Karawang Timur, Majalaya, Teluk Jambe Barat, Teluk Jambe Timur).

Area 2:

Biaya Pendaftaran: Rp280.000

Biaya Bulanan:

  • Prasekolah – SD: Rp420.000
  • SMP – SMA: Rp470.000

Wilayah yang termasuk dalam Area 2 meliputi Bali, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara.

Area 3:

Biaya Pendaftaran: Rp250.000

Biaya Bulanan:

  • Prasekolah – SD: Rp360.000
  • SMP – SMA: Rp410.000

Wilayah yang termasuk dalam Area 3 mencakup Aceh, D.I. Yogyakarta, Jambi, Jawa Tengah, Lampung, NTB (Nusa Tenggara Barat), Riau, Sumatera Barat.

Informasi mengenai biaya pendaftaran dan biaya bulanan Les Kumon di atas kami dapat dan rangkum langsung dari website resmi lembaga pendidikan tersebut, dan berlaku efektif mulai 1 Januari 2022. Dalam perbandingan dengan ketentuan sebelumnya, biaya pendaftaran memang tetap, namun biaya bulanan mengalami kenaikan sebesar Rp20 ribu untuk setiap jenjang.

biaya les kumon 2

Demikian informasi mengenai biaya pendaftaran dan biaya bulanan Kumon yang kami rangkum dari website resmi lembaga pendidikan tersebut.

Dengan adanya perubahan biaya bulanan yang efektif mulai 1 Januari 2022, diharapkan para calon peserta didik dan orang tua dapat memperoleh informasi yang akurat dan terbaru sebelum memutuskan untuk mendaftar dan mengikuti program Kumon.

Penting untuk melakukan konfirmasi langsung ke pihak Kumon atau mengunjungi website resmi mereka untuk memperoleh informasi terkini mengenai biaya dan ketentuan yang berlaku di lokasi terdekat.

Leave a Comment