Cara Cek NISN Terbaru secara Online Resmi di Situs Kemdikbud

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional merupakan nomor identitas masing-masing siswa yang berlaku secara nasional. Semua siswa yang ada di Indonesia baik yang bersekolah di sekolah negeri maupun swasta memiliki NISN sendiri. Satu siswa dengan yang lainnya memiliki NISN yang berbeda. Untuk mengetahui NISN setiap siswa bisa di cek melalui website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Dalam artikel ini akan dibahas tentang cara lengkap cek NISN.

Kegunaan NISN

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, NISN merupakan nomor yang terdiri dari 10 digit angka yang berguna sebagai kode unik pengenal identitas siswa. NISN diberikan kepada seluruh siswa di Indonesia baik siswa sekolah negeri maupun swasta. NISN berlaku secara nasional dan umumnya digunakan dalam pengisian data akademik siswa. Seperti misalnya untuk data ujian nasional, pendaftaran sekolah, seleksi masuk perguruan tinggi, pendistribusian dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah), dan keperluan lainnya.

Cara Cek NISN Secara Online

Cara cek NISN bisa dilakukan melalui website resmi Kemdikbud. Setiap siswa bisa mencari NISN secara mandiri dengan menggunakan website tersebut. Berikut cara lengkap cek NISN di website Kemdikbud.

Menu Cek Nisn Dengan Nama Di Situs Kemdikbud
Menu Cek Nisn Dengan Nama Di Situs Kemdikbud
  • Langkah 1: Buka browser yang biasa digunakan. Bisa menggunakan Google Chrome atau yang lainnya.
  • Langkah 2: Buka situs Kemdikbud pada halaman nisn.data.kemdikbud.go.id atau buka link berikut ini >>>
  • Langkah 3: Setelah halaman tersebut ditampilkan, kemudian klik opsi “Pencarian Nama” yang terletak di samping menu “Beranda“.
  • Langkah 4: Lakukan pengisian data diri, diantaranya yaitu nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, dan juga nama ibu kandung secara lengkap.
  • Langkah 5: Masukkan captcha yang ada pada halaman tersebut.
  • Langkah 6: Pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai, kemudian tekan tombol “Cari Data”.
  • Langkah 7: Terakhir, akan ditampilkan informasi berupa NISN dan juga data diri siswa lainnya.

Jika telah didapatkan NISN, maka bisa disalin atau dicetak NISN tersebut. Setelahnya, NISN tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti melakukan pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, pendaftaran beasiswa, maupun keperluan akademik lainnya.

Cara Mencetak Nomor NISN

Website Kemdikbud juga menyediakan fitur “Cetak” bagi yang ingin mencetak data NISN maupun data siswa lainnya. Berikut ini caranya.

Bisa Pirint Nisn Dengan Menu Simpan Sebagai Pdf Di Browser
Bisa Pirint Nisn Dengan Menu Simpan Sebagai Pdf Di Browser
  • Langkah 1: Buka browser yang biasa digunakan. Bisa menggunakan Google Chrome atau yang lainnya.
  • Langkah 2: Buka situs Kemdikbud pada halaman nisn.data.kemdikbud.go.id
  • Langkah 3: Lakukan pencarian data siswa dengan memasukkan identitas diri, seperti langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Langkah 4: Setelah ditemukan data siswa yang dimaksud, kemudian klik ikon “Print” yang terletak di dekat tombol “Search“.
  • Langkah 5: Atau jika ingin lebih praktis, gunakan shortcut dengan cara tekan tombol Ctrl + P pada keyboard.
  • Langkah 6: Jika ingin menyimpan file NISN dan data siswa tersebut, maka bisa klik menu “Destination“. Setelah itu, pilih dan klik “Save As Pdf“. File tersebut akan tersimpan pada perangkat yang digunakan dalam format Pdf.
  • Langkah 7: Namun, jika ingin langsung mencetaknya, maka pilih menu “Destination”. Setelah itu, pilih printer yang akan digunakan, kemudian klik tombol “Print”.

Cara cek NISN sangat mudah dilakukan sebagaimana panduan di website Datapendidikan.com ini. Selain itu data NISN dan data siswa lainnya juga bisa langsung dicetak atau disimpan dalam format Pdf.

Leave a Comment