Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi dan Program Beasiswa Luar Negeri

Cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi merupakah hal yang banyak di cari calon mahasiswa agar bisa melanjutkan di bangku kuliah dengan mendapatkan keringanan biaya. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduannya beserta dengan program beasiswa luar negeri yang bisa anda ikuti.

Menuntut ilmu setinggi-tingginya merupakan ambisi banyak orang untuk meraih ilmu sebanyak-banyaknya sekaligus untuk mengukir masa depan yang cerah. Namun kadang kala, masalah biaya adalah hal yang kerap menjadi “batu sandungan” ketika akan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah maupun meraih gelar-gelar pendidikan diatasnya.

Namun tidak perlu kuatir sebab masalah biaya kuliah bisa diatasi dengan aktif mencari beasiswa yang bisa anda daftar dengan melengkapi sejumlah persyaratan wajib yang ada. Apabila dulu, beasiswa hanya identik diberikan kepada orang yang berprestasi, tetapi perlu anda ketahui bahwa beasiswa tidak hanya untuk orang berprestasi dimana ada juga program beasiswa yang diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Bahkan beasiswa jalur non prestasi bisa membuat para calon mahasiswa mewujudkan mimpi berkuliah tidak hanya di kampus ternama di dalam negeri, tetapi hingga luar negeri. Tidak heran apabila banyak calon mahasiswa yang berburu beasiswa untuk mengejar cita-cita mereka.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi

Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi

Mencari tahu informasi beasiswa

Pertama, cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi adalah dengan aktif dan rutin mencari informasi. Anda bisa mencari informasi melalui media sosial, pengumuman resmi, atau selebaran yang dibagikan oleh instansi pemerintah, perusahaan, atau pihak kampus.

Di platform media sosial seperti Instagram, terdapat banyak akun yang khusus membahas beasiswa. Termasuk penyelanggaraan beasiswa dari berbagai pihak, cara mendaftar, tenggat waktu, dan persyaratannya.

Membuat Curriculum Vitae (CV)

Sekedar informasi, CV juga dikenal dengan sebutan riwayat hidup. Dokumen ini biasa digunakan untuk pelamar kerja atau beasiswa untuk mengenalkan diri dan berbagai hal yang sifatnya akademik dan profesional.

Umumnya penyelenggara beasiswa menjadikan CV sebagai persyaratan. Ada pun isinya yaitu data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, magang, kerja, dan prestasi.

Agar panitia penyeleksi tertarik, anda bisa membuat CV dengan menarik dan rapi. Selain itu, sertakan foto untuk melengkapi dokumen. Untuk memudahkan membuatnya, anda bisa menggunakan aplikasi penyunting foto yang menyediakan template CV. Anda juga bisa membubuhkan daftar kemampuan untuk meyakinkan panitia seleksi beasiswa.

Aktif Berorganisasi

Tidak hanya prestasi, penyelenggara beasiswa bisa saja menilai anda dari pengalaman berorganisasi. Melalui CV, pihaknya bisa meninjau tingkat keaktifan di sekolah atau kampus. Sebaiknya anda memiliki minat mengikuti organisasi. Contohnya OSIS, MPK, BEM, atau DPM. Tingkat keaktifan ini bisa menggambarkan minat yang tinggi terhadap pendidikan. Dengan begitu, rekruter bisa mempertimbangkan anda sebagai kandidat untuk mendapatkan beasiswa.

Mengikuti Kursus

Kursus resmi yang diikuti bisa dimuat ke dalam CV yang kemudian nantinya ditinjau dan pertimbangkan oleh pararekruter. Khususnya untuk anda yang mengikut pelatihan dengan hasil dan sertifikasi yang jelas. Pengalaman mengikuti kursus atau pelatihan bisa menjadi modal untuk meningkatkan kemampuan. Selain itu, hal ini juga bisa menggambarkan minat dan bakat yang bisa menjadi nilai plus.

Program Beasiswa Luar Negeri

Setelah mengetahui beberapa tips mendapatkan program beasiswa non prestasi, maka berikut kami berikan beberapa rekomendasi program beasiswa luar negeri yang bisa anda ikuti dan daftarkan diri anda.

KAIST Scholarship

Beasiswa satu ini berfokus pada jurusan berbau teknologi, tepatnya di Korea Selatan. Fasilitas yang dijanjikan termasuk biaya kuliah gratis selama delapan semester, biaya hidup hingga asuransi kesehatan. Program ini memang ditujukan kepada calon mahasiswa internasional yang lulus sebelum tenggat waktu tertentu. Selain dokumen penting yang biasanya memang harus disiapkan, Anda juga harus melakukan TOEIC (Test of English for International Communication).

Brunei Darussalam Government Scholarship

Program beasiswa ini bisa jadi pilihan untuk anda yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri namun tidak tidak terlalu jauh. Program ini disediakan oleh pemerintah Brunei Darussalam untuk mahasiswa S1 dan S2. Menariknya, pilihan kampusnya juga beragam. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Universiti Islam Sultan Sharif Ali
  • Universiti Brunei Darussalam
  • Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan
  • Politeknik Brunei
  • Universiti Teknologi Brunei

Orange Tulip Scholarship

Beasiswa ini diadakan oleh pemerintahan Belanda bersama Nuffic Neso Indonesia, yaitu organisasi non-profit yang berpusat di Kota Denmark. Program ini menawarkan kemungkinan untuk berkuliah di antara 25 kampus ternama di Belanda. Syarat utamanya adalah menjadi mitra beasiswa Orange Tulip Scholarship. Anda akan mendapatkan potongan 30-100% biaya pendidikan sampai tuntas.

IFA Paris Scholarship

Program ini menawarkan tiga cakupan beasiswa berdasarkan potongan biaya pendidikan. Fokus dari beasiswa ini adalah jurusan di bidang fesyen. Mengingat negara Prancis memang terkenal sebagai pusat fashion dunia. Adapun program studi yang bisa dipilih adalah Bachelor Fashion Design and Technology, Bachelor Visual Merchandising, Bachelor Fashion Marketing dan Bachelor Fashion Sustainability.

Mitsui Bussan Scholarship

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri satu ini cocok untuk anda yang ingin menempuh pendidikan di negeri Sakura Jepang. Jaminan biaya pendidikannya adalah lima tahun. Termasuk di dalamnya 1,5 tahun kursus Bahasa Jepang dan empat tahun masa perkuliahan. Selain itu, beasiswa ini juga termasuk fasilitas lainnya seperti tunjangan hidup dan biaya transportasi pulang-pergi.

Demikian informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi lengkap dengan program luar negeri yang bisa anda ikuti. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment