Begini Cara Menghitung IPK yang Wajib Anda Ketahui

Jika anda penasaran cara menghitung IPK, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan panduannya yang bisa anda hitung dengan mudah.

Sebagai yang kita ketahui bersama dimana dalam dunia perkuliahan, sistem penyajian nilai menggunakan Indeks Prestasi Kumulatif yang keluar setiap akhir semester. Atau bisa dikatakan IPK merupakan tolak ukur dari hasil pembelajaran mahasiswa selama menjalani semester.

Cara menghitung nilai IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif perlu anda ketahui. Walaupun tidak akan mempengaruhi nilai IPK yang diberikan kampusm tetapi anda pun bisa menjadi lebih mudah melakukan perhitungan untuk mengejar nilai agar mendapatkan IPK yang tinggi. Tingkat keberhasilan mahasiswa pada akhir keseluruhan program pembelajaran yang merupakan rata-rata menimbang dari seluruh mata kuliah yang telah ditempuh.

Dengan mengetahui cara mendapatkan IPK yang tinggi, maka anda pun bisa memiliki gambaran dan juga prediksi akan nilai yang akan keluar ketika selesai studi dan apakah bisa menyandang gelar cumloude atau tidak.

Cara Menghitung IPK

Cara Menghitung IPK

Bagi anda yang ingin mengetahui cara menghitung IPK maka anda bisa menyimak panduannya sebagai berikut.

Pahami Dulu Bobot Penilaian IPK/IPS

Baik IPK mapun IPS memiliki nilai skala 0 hingga 4. Angka 0 merupakan penilaian terendah dan angka 4 merupakan prestasi tertinggi. Penilaian yang didasarkan pada kehadiran di kelas, nilai ujian mid semester dan semester, dan juga nilai tugas anda ini memiliki perwakilan huruf untuk tiap-tiap angka.

Apabila anda mendapatkan nilai A, itu artinya anda mendapat nilai tertinggi atau 4. Nilai B sama dengan nilai 3, nilai C memiliki nilai 2, dan nilai D memiliki angka 1. Sedangkan, kalau anda dapat nilai E, itu artinya anda mendapat nilai 0 alias zonk. Di kebanyakan universitas, mendapat nilai D dan E berarti tidak lulus dan harus mengulang mata kuliah tersebut di lain semester.

Hitung Dulu IPS untuk Tiap Semester

Untuk menghitung IPS, kalikan SKS mata kuliah dengan bobot nilainya. Setelah itu, jumlahkan semuanya kemudian bagi hasilnya dengan total SKS yang ditempuh selama semester tersebut. Contohnya, pada semester ini, anda mengambil mata kuliah umum Bahasa Indonesia, SKS pada mata kuliah tersebut adalah 2.

Di akhir semester, nilai kuliah anda untuk mata kuliah tersebut ternyata adalah A. Maka, cara menghitung nilai/mutu mata kuliah Bahasa Indonesia kamu adalah: 2 (jumlah SKS) x 4 (karena nilai A berbobot 4).

Jadi, nilai = 2×4 dan hasilnya adalah 8. Contohnya dalam semester ini, anda mengambil 5 mata kuliah dan nilainya keluar sebagai berikut.

  • Mata kuliah A memiliki 3 SKS dan mendapat A. Berarti nilainya 12.
  • Mata kuliah B memiliki 2 SKS dan mendapat B. Berarti nilainya 6.
  • Mata kuliah C memiliki 4 SKS dan mendapat A. Berarti nilainya 16.
  • Mata kuliah D memiliki 3 SKS dan mendapat C. Berarti nilainya 6.
  • Mata kuliah E memiliki 2 SKS dan mendapat B. Berarti nilainya 6.

Total nilai dari kelima mata kuliah tersebut adalah 46 sedangkan total SKS dari semua mata kuliah tersebut adalah 14. Jadi, IP semester kamu adalah 46 (total nilai) dibagi 14 (total SKS). 46:14 = 3,28.

IPS Sudah Ketemu, Sekarang Saatnya Menghitung IPK

Untuk menghitung nilai IPK atau nilai prestasi dalam keseluruhan semester, yang harus anda lakukan sebenarnya cukup sederhana dimana anda cukup menjumlahkan semua nilai IPS dari semester satu hingga semester akhir, atau dari semester satu hingga semester yang sekarang ini.

Selanjutnya, hasil penjumlahan nilai IPS tersebut dibagi dengan jumlah semester yang anda tempuh. Sebut saja contohnya dimana anda sudah semester 5 sebagai berikut.

  • Di semester pertama, anda mendapat IPS 3,30
  • Di semester kedua, anda mendapat IPS 3,12
  • Di semester ketiga, anda mendapat IPS 3,16
  • Di semester keempat, anda mendapat IPS 3,20
  • Di semester kelima, anda mendapat IPS 2,88

Maka, IPK anda dapat dihitung dengan menjumlahkan semua IPS ada dibagi dengan jumlah semester. 3,30 + 3,12 + 3,16 + 3,20 + 2,88 = 15,66. Nilai 15,66 ini dibagi jumlah semester (5). Hasilnya: 15,66 : 5 = 3,13.Jadi, IPK anda sampai semester 5 ini adalah 3,13.

Demikian informasi mengenai cara menghitung IPK yang bisa anda lakukan dengan mudah. Dengan demikian, anda pun tidak perlu bingung lagi bagaimana sistem perhitungan nilai dan bisa menjadi bahan dan motivasi anda untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment