Harga Masuk Kuliah di Akademi Angkatan Laut [Kriteria dan Syaratnya]

Bagi kamu yang ingin menjadi bagian dari TNI AL, maka bisa kuliah di Akademi Angkatan Laut. Namun sebelum melakukan pendaftaran, ketahui terlebih dahulu biaya kuliah di kampus ini. Lantas, berapa harga masuk kuliah di Akademi Angkatan Laut?

Saat tahun ajaran baru tiba, dipastikan setiap universitas atau lembaga pendidikan membuka pendaftaran mahasiswa baru, tidak terkecuali di Akademi Angkatan Laut. Tentunya memberi kesempatan bagi calon taruna baru untuk mengikuti pendidikan TNI AL ini.

Jika kamu memutuskan masuk kuliah di Akademi AL, berikut ini ada sejumlah informasi penting yang perlu diketahui terkait dengan biaya kuliah dan pendaftaran di Akademi Angkatan Laut. Yuk, simak informasinya di bawah ini hingga tuntas!

Tentang Akademi Angkatan Laut

Akademi Angkatan Laut merupakan sekolah pendidikan TNI Angkatan Laut yang terletak di Krembangan, Surabaya. Secara organisasi, status lembaga pendidikan tinggi ini berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Laut dan di bawah pembinaan Akademi TNI.

Kadet sebutan bagi Taruna Akademi Angkatan Laut saat lulus nanti berhak menyandang gelar Sarjana Terapan Pertahanan (S.ST.Han), setelah dilantik menjadi Perwira Pertama berpangkat Letnan Dua. Tertarik masuk Akademi Angkatan Laut?

Untuk kamu yang ingin mendapat gelar dan menjadi anggota TNI AL setelah lulus nanti, maka kamu harus menyelesaikan studi selama 4 tahun di Akademi AL ini. Lalu, berapa biaya kuliah atau harga masuk kuliah di Akademi Angkatan Laut?

Akademi Angkatan Laut
Akademi Al

Biaya Kuliah di Akademi Angkatan Laut

Sebagai lembaga pendidikan yang dibiayai oleh negara, Akademi Angkatan Laut menerima pendaftaran taruna baru tanpa perlu membayar. Artinya, selama proses penerimaan berlangsung, calon taruna tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Meskipun demikian, sebagai salah satu sekolah kedinasan tentunya proses seleksi masuk Akademi Angkatan Laut sangat ketat. Jika kamu diterima menjadi taruna di Akademi AL ini, maka harus belajar dengan giat dan mengikuti peraturan yang berlaku.

Bagi kamu yang ingin masuk kuliah di Akademi Angkatan Laut, maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa menjadi taruna di Akademi AL ini. Mau tahu apa saja persyaratannya? Yuk, simak uraian dibawah ini!

Persyaratan Masuk Akademi Angkatan Laut

Meski biaya kuliah atau harga masuk kuliah di Akademi Angkatan Laut tanpa pungutan biaya apapun alias gratis, namun calon taruna harus memenuhi persyaratan masuk di Akademi ini. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut: 

  1. Warga Negara Republik Indonesia, pria/wanita dan beragama
  2. Usia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun
  3. Memiliki Ijazah lulusan SMA jurusan IPA
  4. Tinggi badan taruna minimal 167 cm, taruni minimal 160 cm
  5. Bersedia menjalani ikatan dinas prajurit selama 10 tahun
  6. Menunjukan surat persetujuan orang tua
  7. Lulus ujian masuk Akademi yang meliputi:
  1. Tes akademis
  2. Tes kesehatan umum, pemeriksaan darah
  3. Tes jasmani
  4. Tes psikologi
  5. Sidang pantukhirpus

Itulah beberapa persyaratan masuk di Akademi Angkatan Laut yang harus dipenuhi calon taruna/taruni. Adapun untuk informasi tempat pendaftaran atau jadwal pendaftaran dan informasi lainnya, silahkan kunjungi halaman website resmi TNI atau TNI AL. 

Segera daftarkan diri kamu untuk menjadi bagian dari TNI AL, apalagi seluruh proses rekrutmen atau seleksi di Akademi Angkatan Laut tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Demikian informasi dari Datapendidikan.com yang bisa disampaikan terkait dengan biaya kuliah dan harga masuk kuliah di Akademi Angkatan Laut, semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin menjadi anggota TNI AL. Semoga informasinya membantu dan bermanfaat.

3 thoughts on “Harga Masuk Kuliah di Akademi Angkatan Laut [Kriteria dan Syaratnya]”

Leave a Comment