Harga Masuk Kuliah di Kuliah Unsyiah (Universitas Syiah Kuala)

Biaya kuliah di Universitas Syiah Kuala tergantung program studi yang dipilih oleh calon mahasiswa, selain ditetapkan berdasar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayarkan setiap semester. Lantas, berapa besaran harga masuk kuliah di kuliah Unsyiah?

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN), biaya kuliah di Unsyiah telah menggunakan sistem UKT. Artinya, besaran biaya kuliah disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua, serta calon mahasiswa harus diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Jika melalui jalur mandiri, ada tambahan biaya berupa Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang besarnya tergantung dari program studi yang diambil. Untuk informasi rincian harga masuk kuliah di kuliah Unsyiah selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Unsyiah

Universitas Syiah Kuala atau Unsyiah merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Banda Aceh. Kampus yang bernuansa syariah ini menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa untuk menuntut ilmu pengetahuan mendalami Syariat Islam.

Program studi yang tersedia di kampus ini tergolong banyak yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan bakat calon mahasiswa, terlebih perguruan tinggi negeri ini juga sudah menggunakan sistem UKT sehingga biaya kuliah bisa lebih ringan.

Meskipun demikian, Unsyiah masih masih menerapkan Sumbangan Pengembnagan Institusi atau SPI bagi mahasiswa baru yang diterima melalui jalur mandiri, disamping harus membayar UKT yang telah ditetapkan pihak kampus.

Nah, daripada penasaran dengan biaya kuliah UKT di Unsyiah per semester yang harus dibayarkan dan biaya SPI yang ditetapkan untuk jalur mandiri. Yuk, simak rincian biaya kuliahnya di bawah ini.

Rincian Biaya Kuliah di Unsyiah

Bagi yang berencana kuliah di Unsyiah, penting untuk mengetahui biaya kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa. Adapun besaran biayanya berdasarkan jalur penerimaan yang dipilih mahasiswa, yaitu UKT dan Jalur Mandiri. Berikut rinciannya.

1. Biaya Kuliah UKT untuk Program Sarjana (S1)

Jika calon mahasiswa baru mengambil jalur penerimaan SNMPTN dan SBMPTN, maka biaya kuliah yang ditetapkan berupa UKT. Berikut rincian biaya kuliah di Unsyiah untuk jenjang pendidikan S1 bisa dilihat pada tabel dibawah ini.

Image 13
Biaya Kuliah UKT Unsyiah S1
Biaya Kuliah UKT Unsyiah S1
Biaya Kuliah UKT Unsyiah S1

Keterangan

  • UKT Kelompok I Rp 500.000
  • UKT Kelompok II Rp 1.000.000

Sementara biaya kuliah di Unsyiah untuk jenjang pendidikan D3, juga tergantung dari program studi yang dipilih. adapun rincian biayanya bisa dilihat pada tabel dibawah ini.

Biaya Kuliah Unsyiah Program D3
Biaya Kuliah Unsyiah Program D3

Besaran harga masuk kuliah di kuliah Unsyiah di atas khusus untuk mahasiswa baru yang diterima jalur SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan yang masuk jalur mandiri maka ada biaya tambahan yang besarnya bervariasi. Berikut informasinya 

2. BIaya Kuliah Jalur Mandiri

Adapun mahasiswa baru yang masuk jalur mandiri akan dikenakan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Berikut tabel rincian biaya kuliah untuk jenjang pendidikan S1.

Biaya Kuliah Unsyiah Jalur Mandiri
Biaya Kuliah Unsyiah Jalur Mandiri

Selain itu, mahasiswa yang mengambil jenjang pendidikan D3 melalui jalur mandiri juga dikenakan biaya tambahan berupa SPI. Adapun rinciannya bisa lihat tabel dibawah ini.

Biaya Kuliah Unsyiah Jalur Mandiri
Biaya Kuliah Unsyiah Jalur Mandiri

Itulah rincian biaya kuliah di Unsyiah yang perlu diketahui, ada tiga jalur penerimaan yang bisa dipilih calon mahasiswa. Setiap jalur penerimaan memiliki biaya yang berbeda. 

Sebagai catatan, Informasi biaya di atas sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan pihak kampus. Karena setiap tahunnya kemungkinan ada kenaikan biaya kuliah di setiap kampus.

Demikian informasi mengenai biaya kuliah dan harga masuk kuliah di kuliah Unsyiah, setiap program studi memiliki besaran biaya yang berbeda. Jika informasi diatas kurang jelas, silahkan bisa hubungi pihak kampus atau kunjungi website resmi Unsyiah.

Leave a Comment