Harga Masuk Kuliah di Universitas Ganesha (Singaraja – Denpasar, Bali)

Bagi lulusan sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan ke Undiksha, pastinya membutuhkan informasi biaya kuliah atau harga masuk kuliah di Universitas Ganesha ini. Adapun rincian biayanya, bisa kamu ketahui melalui informasi dibawah ini.

Undiksha atau Universitas Pendidikan Ganesha merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Bali, Universitas ini sebagai pencetak SDM pendidikan terbesar di Pulau Dewata, dimana telah menghasilkan lebih dari tiga puluh tiga ribu lulusan tenaga pendidik.

Tidak heran, jika banyak lulusan sekolah ingin masuk kuliah di kampus yang terletak di Singaraja, Bali. Terlebih Undiksha telah menggunakan sistem UKT sehingga biaya kuliah dikelompokan berdasarkan kemampuan ekonomi para orang tua mahasiswa. 

Berapa biaya kuliah atau harga masuk kuliah di Universitas Ganesha? Besaran biaya yang harus dikeluarkan cukup bervariasi, sesuai dengan jalur seleksi yang dipilih dan program studi yang diambil. Berikut informasi biaya kuliah di Undiksha selengkapnya.

Rincian Biaya Kuliah di Undiksha

Biaya kuliah di Universitas Pendidikan Ganesha terdiri dari UKT dan Jalur Mandiri, dimana besaran biayanya ditetapkan berdasarkan jalur seleksi penerimaan yang dipilih calon mahasiswa. Adapun rincian biaya kuliah di Undiksha diantaranya sebagai berikut: 

1. Biaya Kuliah UKT 

Jika ingin mendapatkan biaya kuliah terjangkau dengan sistem UKT, maka bisa mengikuti jalur penerimaan SNMPTN dan SBMPTN sehingga biaya kuliah berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa. Berikut tabel rincian biaya kuliah UKT di Undiksha.

Harga Masuk Kuliah di Universitas Ganesha
Harga Masuk Kuliah di Universitas Ganesha

Informasi tambahan: 

  • UKT Kelompok I Rp 500.000
  • UKT Kelompok II Rp 1.000.000

Itulah rincian biaya kuliah atau harga masuk kuliah di Universitas Ganesha dengan UKT. Sedangkan besaran biaya kuliah UKT kelompok I dan kelompok II berlaku untuk semua program studi. Biaya kuliah UKT di Undiksha harus dibayarkan setiap semester.

2. Biaya Kuliah Jalur Mandiri

Penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri di Universitas Pendidikan Ganesha, besaran biaya yang dikenakan tidak hanya biaya UKT namun ada biaya Sumbangan Pengembangan Kelembagaan (SPK) dibayarkan sekali saja. Berikut rincian biayanya.

Harga Masuk Kuliah di Universitas Ganesha jalur Mandiri
Harga Masuk Kuliah di Universitas Ganesha jalur Mandiri

Lalu, bagaimana cara mendaftar menjadi mahasiswa di Undiksha? Jika kamu berencana masuk kuliah di Universitas Pendidikan Ganesha, berikut ini ada beberapa informasi penerimaan mahasiswa baru yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Penerimaan Mahasiswa Baru di Undiksha

Bagi yang ingin masuk kuliah di Universitas Pendidikan Ganesha, ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang dapat diikuti. Adalun jalur penerimaan di Undiksha sebagai berikut: 

1. Jalur SNMPTN 

Jalur SNMPTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru tanpa tes, melainkan melalui jalur prestasi atau nilai rapor, nilai ujian nasional, dan prestasi akademik siswa.

2. Jalur SBMPTN 

Jalur SBMPTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi ujian tulis yang diselenggarakan secara terbuka, dimana harus diikuti oleh setiap calon mahasiswa.

3. Jalur SMBJM – UTBK 

Jalur SMBJM – UTBK adalah Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri yang diselenggarakan dengan menggunakkan komputer, yang bisa diikuti setiap calon mahasiswa baru.

4. Jalur SMBJM Minat Bakat

Jalur SMBJM Minat Bakat adalah Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri untuk siswa yang berprestasi, namun secara ekonomi kurang mampu, khususnya Diploma III Undiksha.

Itulah beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru di Undiksha yang bisa dipilih calon mahasiswa. Jika sobat Datapendidikan.com ingin mendapatkan biaya kuliah yang ringan, maka bisa pilih jalur SNMPTN dan SBMPTN atau mengikuti seleksi SMBJM Minat Bakat.

Demikian informasi mengenai biaya kuliah atau harga masuk kuliah di Universitas Ganesha dengan sistem UKT dan Jalur Mandiri. Jika informasi diatas kurang jelas, silahkan kunjungi halaman website resmi Undiksha. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment