Pendaftaran Politeknik Statistika STIS Terbaru dan Biaya Kuliah Lengkap

Apakah anda mencari informasi pendaftaran Politeknik Statistika STIS dan biaya kuliah lengkapnya? maka anda tepat menemukan artikel ini dimana anda bisa menyimak informasi lengkapnya dibawah ini.

Sekedar informasi Politeknik Statistika STIS merupakan institusi pendidikan kedinasan di bawah naungan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) dan telah mengalami peningkatan status dari Akademi Ilmu Statistik (AIS).

Banyak orang yang mencari informasi pendaftaran kampus yang terletak di Jl. Otto Iskandardinata No. 64C, Jakarta karena para mahasiswa tidak dikenai biaya studi selama belajar di sana. Selain itu lulusan diklaim diberikan jaminan untuk langsung bekerja di BPS RI.

Sesuai dengan namanya, Politeknik Statistika STIS merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958 dimana kampus ini berfokus pada bidang statistika dan komputasi statistik

Polstat STIS memiliki dua jurusan yakni jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) dan jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi. Tenaga pengajar merupakan lulusan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri dengan jenjang S2 dan S3. Lulusan STIS mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T.).

Politeknik Statistika STIS

Biaya Politeknik Statistika STIS TA 2023/2024

Seperti yang kami sebutkan diatas dimana selama masa pendidikan, mahasiswa STIS tidak akan dibebani biaya pendidikan alias gratis. Bahkan para mahasiswa terdaftar akan diberikan uang saku (tunjangan ikatan dinas) sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku.

Namun saat mendaftar, para calon peserta hanya akan dikenakan biaya seleksi sebesar Rp300.000 dimana besaran biaya ini hampir masih tetap pada setiap tahun ajaran baru. Nantinya biaya seleksi tersebut bisa dibayarkan melalui BRI, BNI, Bank Mandiri, atau BCA setelah mengisi data pendaftaran secara online. Biaya administrasi bank ditanggung oleh peserta. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Kuota Mahasiswa Baru Ikatan Dinas Politeknik Statistika STIS TA 2023/2024

Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/507/M.SM.01.00/2022 tentang Persetujuan Prinsip Kebutuhan CPNS dari Mahasiswa Politeknik Statistika STIS Tahun Anggaran 2022, Politeknik Statistika STIS – Badan Pusat Statistik menerima mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 500 orang. Sementara itu, pada tahun 2023 ini, kuota penerimaan mahasiswa baru juga masih sama, yakni 500 orang.

  • Prodi Statistika Program Diploma III (100 mahasiswa).
  • Prodi Statistika Program Diploma IV (250 mahasiswa).
  • Prodi Komputasi Statistik Program Diploma IV (150 mahasiswa).

Politeknik Statistika STIS menerima mahasiswa baru tahun 2023 melalui jalur Ikatan Dinas. Jalur Ikatan Dinas (ID) adalah jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapatkan tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Lulusan Politeknik Statistika STIS jalur ikatan dinas wajib bekerja di lingkungan BPS dan kementerian/lembaga/instansi lain di seluruh Indonesia sesuai penempatannya selama masa ikatan dinas.

Sebelumnya, ada pula jalur Tugas Belajar (TB) merupakan jalur seleksi bagi mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau anggota POLRI/TNI, yang telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA dan ditugaskan oleh instansi asal untuk mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS. Ketentuan mengenai penerimaan mahasiswa jalur Tugas Belajar akan diumumkan secara terpisah.

Untuk mendaftar menjadi mahasiswa di Politeknik Statistika STIS, maka berikut sejumlah persyaratan yang harus anda penuhi sebagai berikut.

Syarat Pendaftaran Politeknik Statistika STIS TA 2023/2024 Jalur Ikatan Dinas

  • Pelamar dinyatakan Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), dan bebas narkoba.
  • Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri.
  • Lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA atau SMK/MAK Bidang Keahlian Teknologi Informasi.
  • Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1 s.d. 100) atau 3,20 (skala 1,00 s.d. 4,00) pada Ijazah atau nilai rapor semester gasal kelas 12.
  • Telah berusia minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun pada saat mendaftar.
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS.
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  • Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS.
  • Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS.
  • Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan sesuai pilihan formasi penempatan pada saat pendaftaran.
  • Bersedia tidak mengajukan pindah lokasi penempatan dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 7 (tujuh) tahun sejak diangkat sebagai PNS, kecuali terdapat kebutuhan organisasi.

Pendaftaran Politeknik Statistika STIS TA 2023/2024

Untuk informasi pendaftaran dan proses seleksi Politeknik Statistika STIS, anda bisa langsung mendatangi alamat dii Jalan Otto Iskandardinata No. 64C, Jakarta. Anda juga bisa mengakses situs resmi kampus di www.stis.ac.id. Atau anda juga bisa menghubungi pihak kampus di nomor telpon (021) 8508812, 8191437 atau di e-mail: info@stis.ac.id, Hotline e-mail PMB: pmb@stis.ac.id.

Demikian informasi mengenai pendaftaran Politeknik Statistika STIS dan biaya kuliah lengkapnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment