Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Universitas Indonesia

Apakah anda menjadikan UI atau universitas Indonesia menjadi calon kampus favorit anda semntara anda terkendala akan biaya kuliah, maka mengapa tidak anda mengajukan beasiswa kuliah. Begini cara mendapatkan beasiswa kuliah di Universitas Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bersama UI merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia bahkan di Asia maka tidak heran apabila banyak calon mahasiswa yang menjadi UI sebagai tujuan melanjutkan kuliah favorit khususnya bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Tetapi tidak hanya warga Jakarta, sebab mahasiswa di UI banyak berasal dari luar daerah dan luar negeri yang juga melanjutkan kuliahnya di UI untuk mendapatkan mutu pendidikan terbaik untuk bekal dimasa depan.

Selain itu UI juga terkenal dengan berbagai program beasiswanya untuk calon mahasiswa yang tidak mampu atau terbatas dalam hal ekonomi sehingga tidak memiliki kesempatan mengeyam pendidikan terbaik di UI tanpa terkendala masalah ekonomi dan bisa fokus menyelesaikan kuliahnya serta merajut mimpi masa depan.

Dikutip dari di laman UI, terdapat dua jenis beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa. Pertama adalah beasiswa UI, dan yang kedua adalah beasiswa sponsor. Contohnya beasiswa yang berasal dari UI tersedia dalam bentuk potongan yang ditentukan BOP-B sedangkan Beasiswa Paruh Waktu merupakan skema kerja paruh waktu bagi mahasiswa yang ingin bekerja paruh waktu di berbagai unit kerja di lingkungan UI.

Sementara untuk beasiswa yang berasal dari sponsor yaitu merupakan pendanaan yang berasal dari pemerintah, perusahaan, perorangan, yayasan, dan lain-lain. Misalnya Bank Indonesia, BP Migas, Indocement, Sumitomo, Exxon Mobil, BRI, Karya Salemba 4 dan lain-lain.

Umumnya ada tiga jenis beasiswa yang ditawarkan oleh sponsor, yaitu Beasiswa Prestasi, Beasiswa Kurang Mampu, dan Beasiswa Campuran. Adapun pemberian beasiswa juga bervariasi oleh karena itu, mahasiswa diingatkan untuk mengecek durasi dan cakupan beasiswa yang tersedia.

Syarat Beasiswa di UI

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Universitas Indonesia

Seperti syarat beasiswa pada umumnya, untuk mendapatkan program mahasiswa di UI maka anda harus melengkapi sejumlah syarat umum yang mana bisa anda simak sebagai berikut.

  • IPK minimal 3.01
  • Salinan slip gaji kedua orangtua
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy Kartu Identitas Mahassiwa (KTM)
  • Melengkapi formulir beasiswa
  • Daftar riwayat hidup
  • Surat pernyataan tidak merokok
  • Persyaratan lain sesuai dari masing-masing beasiswa.

Cara Mendaftar Beasiswa UI 2023

Apabila anda merasa telah memenuhi syarat sebagai calon penerima beasiswa di UI, maka berikut panduan cara daftar Beasiswa UI terbaru yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Pertama, anda bisa masuk dengan sistem Single Sign on UI. Harap pastikan anda sudah memiliki Akun UI.
  • Lalu pilih paket beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Klik tombol “Daftar” pada paket beasiswa yang telah anda pilih.
  • Isi semua data yang dibutuhkan, lalu unduh semua syarat dan ketentuan yang diminta.
  • Jika anda telah melengkapi dokumen, syarat dan ketentuan, klik tombol “Kirim” pada formulir elektronik.
  • Dan pendaftaran Selesai. Anda bisa memantau secara berkala status aplikasi beasiswa anda di akhir periode seleksi yang anda tentukan.

Demikian informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah di Universitas Indonesia. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai beasiswa di UI. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment