Begini Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Agar Tidak Menyesal Nantinya

Bagi anda yang bingung memilih jurusan kuliah yang tepat untuk anda, maka jangan lewatkan tips cara memilih jurusan kuliah yang tepat agar tidak menyesal nantinya.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana kuliah merupakan sarana untuk mendapatkan pendidikan dan ilmu lebih lanjut dan mendalam ilmu pengetahuan tertentu yang didapatkan dari bangku kuliah.

Jika anda ingin melanjutkan pendidikan di jenjang kampus dan perkuliahan maka penting bagi anda mengetahui jurusan apa yang tepat untuk anda ambil dan sesuai dengan minat dan bakat anda. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan lama pendidikan serta ilmu dan potensi yang didapatkan setelah selesai kuliah.

Secara bahasa sederhananya, menentukan jurusan kuliah hampis bisa diibaratkan dengan memilih makanan favorit di restoran dimana biasanya tersedia berbagai macam menu untuk anda pilih. Dan pastinya anda akan memesan sesuai dengan selera dan minat anda bukan?

Dan seperti itulah pentingnya memilih jurusan kuliah yang tepat agar anda tidak menyesal dikemudian hari. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara memilih jurusan kuliah yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Cari Apa Yang Anda Suka

Perlu anda sadari dimana sebenarnya, potensi yang ada di dalam diri anda dapat diketahui dengan mudah. Anda pastinya mengetahui hal apa saja yang anda lakukan dan membuat anda senang melakukannya. Sebut saja seperti memasak, menonton anime, atau menulis dan lain sebagainya. Jika kegiatan ini sering dilakukan dan membuat anda bersemangat, maka anda bisa pilih jurusan yang berkaitan dengan aktivitas tadi. Seperti jurusan Sastra untuk yang hobi menulis dan membaca.

Minat dan Bakat Setiap Orang Berbeda

Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing yang mungkin saja belum anda sadari. Maka dari itu kenalilah diri anda lebih dalam atau gali potensi dan apa yang ingin anda capai agar anda bisa tepat memilih jurusan kuliah yang tepat.

Riset Jurusan

Malu bertanya berujung pada penyesalan. Oleh karena itu, anda bisa gali informasi sebanyak-banyaknya seputar program studi yang ingin diambil. Luangkan waktu untuk mengobrol dengan guru BK, kakak alumni, tutor di tempat kamu bimbel, atau membaca artikel jurusan di blog Brain Academy.

Penting untuk mengetahui mata kuliah, tantangan, serta prospek kerja di masa depan. Hal ini membantu anda untuk mempunyai gambaran tentang perkuliahan dan tidak khawatir mau jadi apa setelah lulus nanti.

Riset Perguruan Tinggi

Cari perguruan tinggi yang terakreditasi, memiliki fasilitas lengkap serta pengajar profesional. Ada sebagian kampus yang identik dengan jurusan tertentu, seperti Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai pelopor jurusan pendidikan di Indonesia atau London School Public Relation (LSPR) sebagai kampus swasta jurusan komunikasi terbaik.

Menjelang tahun ajaran baru, beberapa perguruan tinggi menyelenggarakan campus tour untuk mengajak calon mahasiswa mengenal lingkungan kampus. Di acara itu, anda bisa bertanya seputar biaya kuliah, beasiswa, dan sebagainya.

Jangan Terpaku dengan Satu Jurusan

Dalam memilih jurusan kuliah, penting untuk memiliki plan B atau alternatif pilihan. Apalagi, jika program studi yang anda pilih punya passing grade yang lumayan tinggi. Pikirkan jurusan cadangan dengan mata kuliah yang mirip dengan pilihan pertama.

Sebut saja contohnya dimana apabila anda tidak diterima kuliah di Manajemen, maka anda bisa mendaftar ke jurusan Ilmu Ekonomi, Administrasi Bisnis atau Bisnis Digital.

Perhatikan Biaya Kuliah

Yang tidak kalah penting yaitu memperhatikan biaya kuliah. Pastikan anda berdiskusi dengan orang tua agar tidak memberatkan mereka di kemudian hari. Buat yang mau daftar lewat jalur mandiri, siapkan dana sekitar belasan sampai puluhan juta rupiah untuk uang pangkal.

Perlu juga anda ketahui dimana beberapa jurusan seperti Kedokteran, Teknik, atau Desain sering mengadakan praktik yang mengharuskan anda membeli peralatan dengan harga yang lumayan. Jadi sebaiknya anda rajin mencari informasi seputar beasiswa untuk meringankan biaya kuliah.

Jangan Ikut-Ikutan Teman

Sebaiknya hindari situasi “terlanjur” menyamakan pilihan dengan teman karena bingung dan dikejar waktu. Perkara masa depan, terkadang anda takut mengambil keputusan sendiri. Belum tentu anda dan teman anda punya bakat yang sama.

Hidup anda adalah tanggung jawab anda sendiri. Maka dari itu, penting untuk mengenal minat dan bakat sejak dini agar tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar.

Demikian informasi mengenai tips cara memilih jurusan kuliah yang tepat agar tidak menyesal nantinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment