20+ Contoh Kalimat Permission dalam Bahasa Inggris Lengkap Dengan Artinya

Bagi anda yang ingin mempermantab skill bahasa inggris anda baik itu untuk kebutuhan sehari-hari atau persiapan untuk ujian dan test, maka anda perlu mempelajari contoh kalimat permission dalam bahasa Inggris lengkap dengan artinya.

Kalimat permission apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah kalimat yang merujuk pada izin atau persetujuan untuk melakukan sesuatu dimana seperti yang kita ketahui bersama bahwa kalimat ini memiliki peran penting dan umum digunakan dalam percakapan sehari-hari dalam bersosial baik itu dalam hubungan profersional, maupun sesama teman atau orang lain yang mungkin tidak dikenal.

Maka dari itulah pentingnya mengenal dan memahami kalimat permission dalam bahasa inggris dan kerap muncul pada ujian atau test bahasa inggris.Perlu anda ketahui bahwa apabila dilihat berdasarkan praktek dan teorinya, kalimat permission bisa dibagi menjadi tiga yakni asking permission, giving permission, serta refusing permission.

Untuk belajar dan memahami kalimat permission ini, berikut 20 contoh kalimat permission dalam bahasa inggris yang akan kami bagikan kali ini lengkap dengan artinya.

Contoh Kalimat Permission dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Permission dalam Bahasa Inggris

1. Asking Permission

Asking permission atau meminta izin adalah tindakan di mana seseorang meminta persetujuan atau izin dari orang lain sebelum melakukan sesuatu.

Misalnya, sebelum meninggalkan kelas, murid harus meminta izin kepada guru.

Ketika anda sedang berada dalam situasi di atas, maka anda bisa menggunakan kalimat di bawah ini:

“Excuse me, Sir/Miss. May I go to the medical room? I have my period now.”

(“Permisi, Pak/Bu. Bolehkah saya pergi UKS? Saya sedang menstruasi.”)

Contoh lainnya adalah ketika anda ingin meminjam sesuatu milik temanmu. Anda bisa menggunakan kalimat di bawah ini untuk meminta izin:

“Can I borrow your laptop?”

(“Bisakah aku meminjam laptopmu?”)

2. Giving Permission

Giving permission atau memberi izin adalah tindakan di mana seseorang mengizinkan atau memberikan persetujuan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu.

Misalnya ketika anda mengizinkan temanmu meminjam bukumu. Anda bisa menjawabnya dengan:

“Sure, you can borrow my book.”

(“Tentu saja, anda bisa meminjam bukuku.”)

Perlu diingat, karena giving permission memberikan izin atau persetujuan, maka anda harus menggunakan kalimat yang memiliki respons positif kepada lawan bicaramu.

3. Refusing Permission

Refusing permission atau menolak izin adalah tindakan di mana seseorang menolak atau tidak memberikan persetujuan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu yang diminta.

Misalnya ketika anda menolak ajakan teman. Contoh kalimatnya:

“Sorry, Bro, but I can’t accompany you to that party.”

(“Maaf, Kawan, tapi aku tidak bisa nememanimu ke pesta tersebut.”)

Meskipun refusing permission memberikan penolakan, tapi anda tetap harus menggunakan kalimat yang sopan, seperti menambahkan kata “sorry” di awal kalimat.
Contoh Kalimat Permission

Setelah mengetahui makna dan bentuk-bentuk kalimat permission, pada poin ini Mamikos akan merangkum 20 contoh kalimat permission untuk anda, mulai dari asking permission, giving permission, hingga refusing permission. Tentu saja, lengkap dengan artinya.

Contoh Kalimat Permission Nomor 1-5

1. “Can I use your car to go to the mall?” (“Bolehkah aku memakai mobilmu untuk pergi ke mal?”)

(+) “Of course, you can use my car.” (“Tentu, anda boleh memakai mobilku.”)

(-) “I’m so sorry, but I have to use my car for work today.” (Maaf, tapi aku harus memakai mobilku untuk kerja hari ini.”)

2. “Could I use your phone to make a quick call?” (“Bisakah aku menggunakan ponselmu untuk melakukan panggilan cepat?”)

(+) “Yes, go ahead.” (“Ya, silakan.”)

(-) “I’m sorry, but I didn’t bring my phone, so I can’t lend it to you.” (“Maaf, tapi aku tidak membawa ponselku, jadi aku tidak bisa meminjamkannya kepada anda.”)

3. “Dad, can I borrow your camera for my trip?” (“Yah, bisakah aku meminjam kameramu untuk perjalananku?”)

(+) “Certainly, you can borrow my camera for your trip.” (“Tentu, anda bisa meminjam kameraku untuk perjalananmu.”)

(-) “Sorry, but you can’t borrow my camera because I need it for my work.” (“Maaf, tapi anda tidak bisa meminjam kameraku karena aku membutuhkannya untuk pekerjaanku.”)

4. “Is it okay if I leave the meeting a little bit quickly?” (“Apakah boleh kalau saya meninggalkan rapat sedikit lebih cepat?”)

(+) “No problem, you can leave the meeting a little bit quickly.” (Tidak masalah, Anda bisa meninggalkan rapat sedikit lebih cepat.”)

(-) “Please don’t do that. We have a lot of work this week.” (“Tolong jangan lakukan itu. Kita punya banyak pekerjaan minggu ini.”)

5. “Excuse me, may I use the meeting room this afternoon?” (“Permisi, bolehkah saya menggunakan ruang rapat sore ini?”)

(+) “Yes, you’re welcome to use the meeting room this afternoon.” (“Ya, Anda diperbolehkan menggunakan ruang rapat sore ini.”)

(-) “I’m so sorry, but the meeting room is booked until tomorrow.” (“Maaf sekali, tapi ruang rapat sudah dipesan hingga besok.”)

Contoh Kalimat Permission Nomor 6-10

6. “May I have a piece of cake, please?” (“Bolehkan saya meminta sepotong kue?”)

(+) “Sure, you can have it.” (“Tentu, Anda bisa mengambilnya.”)

(-) “I’m sorry, but this is the last piece.” (Maat, tapi ini adalah potongan terakhir.”)

7. “Is it okay if I bring my dog to the park with us?” (“Apakah boleh jika aku membawa anjingku ke taman bersama kita?”)

(+) “I don’t mind, it’s okay.” (“Aku tidak keberatan, tidak apa-apa.”)

(-) “Sorry, I’m allergic to dogs.” (“Maaf, aku alergi terhadap anjing.”)

8. “Mom, can I have a party next month?” (“Ibu, bisakah aku mengadakan pesta bulan depan?”)

(+) “As your wish, Darling.” (“Silakan, Sayang.”)

(-) “I think that’s impossible. I have to go to New York next month. Sorry, Darling.” (“Aku rasa itu tidak mungkin. Aku harus pergi ke New York bulan depan. Maaf, Sayang.”)

9. “Can I do your makeup?” (“Bisakah aku meriasmu?”)

(+) “Sure, I would love it if you could do it for me.” (“Tentu, aku akan senang jika anda bisa melakukannya untukku.”)

(-) “Thanks for your kindness, but I can do my makeup on my own.” (“Terima kasih atas kebaikanmu, tapi aku bisa merias wajahku sendiri.”)

10. “Is it okay if I open the window? It’s a bit stuffy in here.” (“Bolehkah jika saya membuka jendela? Di sini sedikit pengap.”)

(+) “Sure, please go ahead and open it.” (“Tidak sama sekali, silakan buka jendelanya.”)

(-) “I’m sorry, but the wind blows strongly. I think it’s better to keep the window closed.” (“Maaf, tapi angin berembus sangat kencang. Kurasa lebih baik membiarkan jendelanya tetap tertutup.”)

Contoh Kalimat Permission Nomor 11-15

11. “Excuse me, may I smoke in here?” (“Permisi, bolehkah saya merokok di sini?”)

(+) “Yes, you can smoke in here.” (“Ya, Anda bisa merokok di sini.”)

(-) “I’m sorry, this is not a smoking area.” (“Maaf, tapi ini bukan area merokok.”)

12. “Is it alright to use your television to watch movies?” (“Bolehkah aku menggunakan televisimu untuk menonton film?”)

(+) “Sure, feel free to use it.” (“Tentu, silakan menggunakannya.”)

(-) “Unfortunately, I don’t have a television. You can use my laptop to watch movies.” (“Sayangnya, aku tidak punya televisi di rumahku. Anda bisa menggunakan laptopku untuk menonton film.”)

13. “Can I rearrange the furniture around in the dining room?” (“Bolehkah aku menata ulang perabotan di ruang makan?”)

(+) “No problem, you can rearrange the furniture as you wish.” (“Tidak masalah, anda bisa menata ulang perabotan sesuai keinginanmu.”)

(-) “I think it’s a bad idea because the furniture in here is fragile.” (“Aku rasa itu ide yang buruk karena perabotan di sini sangat rapuh.”)

14. “Bro, can I invite a few friends over for dinner this Saturday?” (“Bung, bisakah aku mengundang beberapa teman untuk makan malam Sabtu ini?”)

(+) “Absolutely, you can invite your friends for dinner.” (“Tentu, anda bisa mengundang teman-temanmu untuk makan malam.”)

(-) “Sorry, you can’t invite them, Bro, because dinner on this Saturday is only for our family.” (“Maaf, anda tidak bisa mengundang mereka, Bung, karena makan malam Sabtu ini hanya untuk keluarga kita.”)

15. “May I have an extension on the deadline for the project?” (“Bisakah saya mendapatkan perpanjangan batas waktu untuk proyek?”)

(+) “Sure. We will grant you an extension until tomorrow morning.” (“Tentu. Kami akan memberikan Anda perpanjangan sampai besok pagi.”

(-) “Unfortunately, we can’t extend the deadline. It’s fixed.” (“Sayangnya, kami tidak bisa memperpanjang batas waktu. Itu sudah ditetapkan.”)

Contoh Kalimat Permission Nomor 16-20

16. “Can I have your permission to access your personal files?” (“Bisakah aku mendapatkan izinmu untuk mengakses data pribadimu?”)

(+) “Okay, I give you permission to access my personal files.” (“Baik, aku akan memberikanmu izin untuk mengakses data pribadiku.”)

(-) “No, I think it’s impossible. Sorry.” (“Tidak, kurasa itu tidak mungkin. Maaf.”)

17. “Is it alright if I move this table?” (“Apakah boleh jika aku memindahkan meja ini?”)

(+) “Of course, it’s fine.” (“Tentu saja.”)

(-) “I think you shouldn’t move the table. It’s in that spot for a reason.” (“Kurasa sebaiknya anda tidak memindahkan mejanya. Dia ada di sana karena suatu alasan.”)

18. “Could I have a day off tomorrow?” (“Bisakah aku cuti sehari besok?”)

(+) “Absolutely, you can have a day off tomorrow.” (“Tentu saja, anda bisa cuti sehari besok.”)

(-) “I’m sorry, but we can’t allow you to take a day off tomorrow due to our heavy workload.” (“Maaf, tapi kami tidak bisa mengizinkanmu cuti sehari besok, karena kita punya banyak sekali pekerjaan.”)

19. “Sist, can you lend me your bag?” (“Kak, bisakah anda meminjamkanku tasmu?”)

(+) “Yes, don’t forget to return it to me.” (“Ya, jangan lupa kembalikan kepadaku.”)

(-) “Sorry, but I need my bag today.” (“Maaf, tapi aku butuh tasku hari ini.”)

20. “Mona, did your mother give you permission to join this club?” (“Mona, apakah ibumu memberikanmu izin untuk bergabung ke klub ini?”)

(+) “Yes, Miss. She said that I can join this club.” (“Iya, Bu. Dia berkata kalau aku boleh bergabung ke klub ini.”)

(+) “No, Miss. She wants me to focus on my exam.” (“Tidak, Bu. Dia ingin aku fokus ke ujianku.”)

Demikian informasi mengenai contoh kalimat permission dalam bahasa Inggris lengkap dengan artinya. Semoga berguna dan bermanfaat serta bisa menjadi bahan belajar bahasa inggris dengan semakin sempurna.

Leave a Comment