Rekomendasi Fakultas Keperawatan Terbaik di Surabaya

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan dengan kuliah keperawatan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan rekomendasi fakultas keperawatan terbaik di Surabaya yang bisa anda simak dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana profesi menjadi perawat bukan hanya saja di butuhkan dalam pelayanan kesehatan masyarakat baik itu dirumah sakit maupun di klinik, tetapi profesi ini bisa dikatakan sebagai pekerjaan yang mulia dalam merawat pasien hingga hingga mencapai kesembuhan seperti yang diharapkan.

Tentunya tidak semua orang bisa menjadi perawat dimana dibutuhkan pengetahuan dan ilmu khusus dalam pelayanan pasien yang sakit agar bisa mencapai kesembuhan. Maka salah satu syarat perawat bisa diterima bekerja di layanan kesehatan masyarakat adalah dengan memiliki sertifikasi atau telah menyelesaikan pendidikan perawatan.

Adapun dalam menempuh pendidikan keperawatan membutuhkan waktu yang lumayan lama dan tergantung jenis jenjang yang diambil seperti Sertifikasi 9 bulan – 1,5 tahun, Diploma 2,5 tahun, Sarjana (S1) 3 – 4 tahun, dan Magister (S2) 1 – 2 tahun.

Syarat Masuk Kuliah Keperawatan

Bagi anda yang ingin masuk dan melanjutkan pendidikan keperawatan maka anda harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan universitas atau sekolah perawat yang akan anda masuki dimana setiap universitas bisa memiliki kebijakannya masing-masing.

Namun yang paling umum dalam persyaratan masuk kuliah keperawatan adalah pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia, Dasar Pendidikan, Umur maksimal saat ini 24 tahun, Foto copy ijazah/STTB yang telah dilegalisir atau surat keterangan lulus dari sekolah, Foto copy NEM yang telah dilegalisir, Pas foto berwarna terbaru (6 buah terakhir) ukuran 4 X 6 (5 lbr), Foto copy KTP, Tinggi badan minimal.

Sementara untuk biaya kuliah keperawatan bisa bervariasi tergantung akreditasi dan kebijakan masing-masing universitas. umumnya biaya yang butuhkan sekitar Rp85.000.000 – Rp300.000.000 untuk kuliah di Keperawatan Indonesia.

Jurusan Keperawatan

Sekedar informasi dimana kuliah keperawatan di Indonesia memiliki beberapa jurusan tergantung dari peminat. Sebut saja seperti ilmu Keperawatan, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Dewasa, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Komunitas, dan sebagainya.
Daftar 7 Fakultas Keperawatan Terbaik di Surabaya

Fakultas Keperawatan Terbaik di Surabaya

Fakultas Keperawatan Terbaik di Surabaya

Sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan rekomendasi fakultas keperawatan terbaik di Surabaya bagi anda yang bingung memilih sekolah jurusan perawat. Simak daftarnya sebagai berikut.

Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Unusa

Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Unusa atau disingkat FKK Unusa adalah Universitas Keperawatan di Surabaya yang cocok jika Anda ingin menyeimbangkan antara Ilmu Keperawatan dan Ilmu Agama. FKK Unusa berlokasi di Jl. Raya Jemursari No.57, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur 60237, Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0308/LAM-PTKES/Akr/Sar/IX/2020 bahwa Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Unusa program studi S1 Keperawatan mendapatkan Akreditasi A.

FKK Unusa memiliki visi Menjadikan lembaga pendidikan keperawatan yang menghasilkan lulusan Sarjana Keperawatan dan Ners yang unggul, profesional dengan jati diri islami. Biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan gelar S1 keperawatan di FKK Unusa sebesar DPP (Minimal) Gelombang I Rp15.000.000, Gelombang II Rp.17.500.000, Gelombang III Rp.18.500.000, dan DOP Rp7.500.000.

Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga atau dikenal dengan sebutan Ners Unair merupakan Universitas terbaik di Surabaya bagi Anda yang memiliki impian menjadi perawat. Fakultas Keperawatan Unair berlokasi di Mulyorejo, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60115, Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0241/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2015 bahwa Fakultas Keperawatan Unair Program Studi S1 Keperawatan dan Profesi Ners mendapatkan Akreditasi A.

Fakultas Keperawatan Unair memiliki misi untuk menjadi Fakultas Keperawatan yang mandiri, terkemuka, pelopor pengembangan ilmu keperawatan di tingkat nasional dan internasional berbasis innovation in caring dan morality. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan keperawatan di Unair meliputi UKS (Uang Kuliah Semester) Rp8.000.000 dan UKA minimal (Uang Kuliah Awal) Rp40.000.000.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya atau biasa disebut Stikes Hang Tuah Surabaya merupakan Universitas yang dapat menjadi pilihan untuk Anda. Stikes Hang Tuah berlokasi di RS. TNI AL Dr. Ramelan, Jl. Gadung No.1, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60244, Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0060/LAM-PTKes/Akr/Sar/II/2019 bahwa Program Studi Sarjana Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya mendapatkan Akreditasi B.

Stikes Hang Tuah Surabaya memiliki visi Mewujudkan program studi keperawatan yang mencetak sarjana keperawatan berkarakter mandiri, bermartabat, kompetitif dan memiliki wawasan kesehatan maritim dan kelautan. Jalur Program Studi dibagi menjadi 2 yaitu Program Studi S1 Keperawatan Jalur A dan Program Studi S1 Keperawatan Jalur B.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan keperawatan di Stikes Hang Tuah Surabaya yaitu berdasarkan gelombang meliputi gelombang I : Rp26.150.00, gelombang II : Rp27.150.000, dan gelombang III : Rp28.150.000.

Fakultas Ilmu Kesehatan UMSurabaya

Fakultas Ilmu Kesehatan UMSurabaya atau disingkat FIK UMSurabaya adalah Universitas Muhammadiyah yang memiliki program studi keperawatan. FIK UMSurabaya berlokasi di Jl. Raya Sutorejo No.59, Dukuh Sutorejo, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60113, Indonesia. Berdasarkan Surat KeputusanLAM-PTKes no.0750/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2016 bahwa Fakultas Keperawatan Ilmu Kesehatan UMSurabaya Program Studi S1 Keperawatan mendapatkan Akreditasi B.

FIK UMSurabya memiliki visi Menjadi program studi ners yang mengedepankan nilai moralitas, intelektualitas dan berjiwa enterpreuner dengan unggulan keperawatan kritis pada skala nasional tahun 2023. Biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan sarjana keperawatan di FIK UMSurabaya sebesar Rp6.000.000 (Dana Pendidikan) dan Rp10.000.000 (Uang Gedung).

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Merdeka Surabaya

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Merdeka Surabaya atau disingkat FIKES Unmerbaya merupakan kampus yang sudah akreditasi B dari BAN-PT. Fikes Unmerbaya berlokasi di Jl. Ketintang Madya VII No.2, Karah, Kec. Jambangan, Kota SBY, Jawa Timur 60232, Indonesia. Fikes Unmerbaya memiliki visi Menjadi Pusat Pendidikan Keperawatan yang Profesional, Mandiri, dan Unggul dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia di bidang perawatan luka. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh S1 Keperawatan berkisar Rp.7.000.000.

Fakultas Keperawatan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Fakultas Keperawatan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya atau dikenal dengan UKWMS merupakan Universitas Katolik yang memiliki program studi S1 Keperawatan dan program studi profesi ners. Fakultas Keperawatan UKWMS berlokasi di Jl. Kalisari Selatan No.1 Kalisari, Pakuwon City, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60112, Indonesia. Universitas UKWMS sendiri sudah mendapatkan Akreditasi A dari BAN-PT no.2994/SK/BAN-PT/Terakreditasi/PT/XII/2016.

Visi Keperawatan UKWMS untuk Terbentuknya lulusan yang inovatif, kreatif, kompetitif dan reflektif, yang berdampak positif bagi masyarakat di era global, dalam pengembangan ilmu dan pelayanan keperawatan secara komprehensif terutama pada keperawatan paliatif yang dilandasi pelayanan cinta kasih, dalam kurun waktu tahun 2017-2027. Biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan Sarjana Keperawatan di UKWMS tergantung kategori mulai dari Rp3.000.000 – Rp13.250.000.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya

Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya atau disebut Poltekkes Surabaya adalah Institusi Program Studi D3 Keperawatan Kampus Soetomo Surabaya miliki Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Poltekkes Surabaya berlokasi di Jl. Prof. DR. Mustopo, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur, Indonesia. Akreditasi Poltekes Surabaya Jurusan D3 Keperawatan berdasarkan LAM-PTKes sudah mendapatkan Akreditasi B.

Poltekkes Surabaya memiliki visi Menjadi Pusat Rujukan Pendidikan DIII keperawatan yang berbasis pemberdayaan masyarakat dengan keunggulan kompetitif di bidang kegawatdaruratan. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh D3 Keperawatan di Poltekkes Surabaya meliputi DPP : Rp4.000.000 dan SPP : Rp1.800.000.

Demikian informasi mengenai rekomendasi fakultas keperawatan terbaik di Surabaya yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment